15 Tujuan Ini Aman Didatangi Sendirian

March 9, 2017 Elfida Lubis

Meski sebaiknya dan seharusnya kita tidak lagi mendengar pernyataan seksis seperti, "Ini aman untuk perempuan," dan sebagainya, tidak bisa dipungkiri bahwa selama kita masih hidup dalam dunia patriarki, stigma seperti itu susah untuk dihilangkan. Anggapan bahwa kaum perempuan adalah sosok lemah yang butuh perlindungan bakal terus ada, bahkan untuk urusan bersenang-senang macam jalan-jalan pun.

Namun, perempuan jangan takut untuk keluar dan melihat dunia luar meski sendirian. Tentukan destinasi kamu dari pilihan-pilihan di bawah ini dan segera susun itinerary seru!

 

 

1. Seattle, Amerika Serikat

Foto: travelandleisure.com

Coffee culture yang kental di sini membuat solo diner lazim di Seattle. Banyaknya kafe dan restauran yang mendukung ambience itu dapat menjadi pemberhentian selagi kamu mengunjungi tempat-tempat keren, seperti Pike Place Market, The Space Needle, EMP Museum, dan lainnya. Tak menutup kemungkinan, kamu bisa bertemu dan berkenalan dengan orang baru selama perjalanan.

 

2. Salzburg, Austria

Foto: everettpotter.com

Dengan kastil Hohensalzburg di atas bukit dan sungai Salzach yang mengalir, daya tarik kampung halaman Mozart ini semakin tak terbantahkan. Setelah reka ulang kisah The Sound of Music dengan mengunjungi tempat-tempat seperti Mirabell Gardens dan Nonnberg Abbey, kemudian bersantai di Cafe Tomaselli dengan secangkir kopi atau di Augustiner Bräu yang merupakan biergarten terbesar di Austria. Salzburg bisa dibilang kota teraman dan ternyaman karena sangat ramah untuk pejalan kaki juga pesepeda.

 

3. Copenhagen, Denmark

Foto: telegraph.co.uk

Berlibur di sini bakal tambah seru kalau kamu memilih hotel yang berada tepat di atas Nyhavn, kanal ikonik yang menawarkan pemandangan deretan rumah warna-warni di sisinya. Jangan lewatkan tur kanal di kota ini, juga solo dining di Torvehallerne KBH Food Hall. Jangan lupa juga berfoto di puncak menara dengan pemandangan seluruh kota.

 

4. Stockholm, Swedia

Foto: travel.sygic.com

Kamu bisa ikutan free walking tours yang ditawarkan kota ini. Kemudian setelahnya, menuju Old Town atau Gamla Stan yang nyaman dipenuhi coffee shop, restoran, toko, bahkan kastil membuatmu lupa waktu untuk kembali ke hotel.

 

5. Islandia

Foto: huffingtonpost.com

Islandia adalah negara teraman di dunia. Jangan terkejut kalau kamu kerap mendapati warganya meninggalkan mobil tanpa dikunci! Ibukota Islandia, Reykjavik, juga tercatat sebagai kota yang banyak disinggahi solo traveler yang transit dari Amerika Serikat. Islandia sendiri menarik minta wisatawan dari seluruh dunia berkat fenomena northern lights atau aurora, geyser, dan fjord!

 

6. London

Foto: pursuitist.com

Menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sepanjang Sungai Thames, atau di Harrods Department Store seluas 4.5 hektar, dilanjutkan dengan ngemil di Borough Market yang sudah berusia 1000 tahun. Malam harinya, kamu bisa menonton pertunjukan di West End, pergi ke bar atau pub yang banyak dijumpai di sana, dan ngemil malam di dekat Chinatown. Semua tempat-tempat menarik di London terhubung dan bisa kamu capai lewat London Underground.

 

7. Praha

Foto: bean5spilled.wordpress.com

Mungkin Praha tidak sepopuler London atau Paris, tapi jelas merupakan mutiara tersembunyi di benua Eropa yang harus mulai kamu perhitungkan untuk dijadikan tujuan liburan. Kota yang sepi dengan banyak patung-patung unik di tempat umum, tempat bersejarah seperti Lennon Wall, distrik yang menawarkan banyak kastil, kafe dan restoran, juga terkenal sebagai penyuplai bir terbaik di Eropa. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa Praha sesungguhnya lebih romantis dibanding Paris. Buat kamu penggemar Nicholas Saputra, pasti ingat dengan serial Nic & Mar persembahan Line yang mengangkat Praha sebagai salah satu lokasi syutingnya. Kebayang kan romantisnya?

 

8. Melbourne, Australia

Foto: nextpaige.com

Sebagai kota paling nyaman untuk ditinggali, Melbourne bahkan menawarkan Free Tram untuk turis berkeliling kota. Kota yang simpel dan aman ini juga merupakan surga bagi pecinta kopi.

 

9. Nepal

Foto: andbeyond.com

Buat kamu perempuan petualang, mengeksplorasi Nepal adalah pilihan wajib jika memang ada kesempatan. Mendaki Himalaya dengan menyewa guide atau agen perjalanan lokal dapat kamu lakukan. Penduduknya yang ramah dan hangat juga meninggalkan kesan mendalam selama perjalanan, bahkan selamanya.

 

10. Kyoto, Jepang

Foto: bbc.com

Kyoto selalu terbuka untuk solo traveler dari seluruh penjuru dunia. Kyoto menawarkan pengalaman menarik lewat beragam bangunan bersejarah cantik yang telah dinobatkan sebagai keajaiban dunia oleh UNESCO. Sebut saja Kuil Kamigamo, Tō-ji, dan Shinmogamo. Kota yang kerap disandingkan dengan Yogyakarta di Indonesia karena kekayaa budayanya ini juga memberikan ketenangan bila kamu perempuan yang kebetulan bepergian sendir ke sana. 

 

11. Seoul, Korea Selatan

Foto: Pixabay

Seoul termasuk salah satu destinasi aman buat traveler. Fasilitas lengkap serta mudah menjamin perjalanan kamu mengekslorasi kota dengan nyaman. Tujuan serta atraksi keren pun banyak ditemukan di sana, mulai dari yang mengandung nilai sejarah dan budaya tinggi sampai yang kekinian.

 

12. Chiang Mai, Thailand

Dikelilingi oleh pedesaan sekaligus pegunungan membuat Chiang Mai menawarkan pengalaman liburan yang menenangkan. Buat yang sudah sering menjadikan Bangkok sebagai destinasi liburan, tak ada salahnya kali ini memilih provinsi yang berbeda. Chiang Mai pun menawarkan obyek-obyek kaya akan sejarah dan budaya.

 

13. Vietnam 

Tak mau terlalu jauh melintasi benua? Vietnam bisa menjadi pilihan. Di sini, kamu bisa mengunjungi banyak spot wisata dengan atmosfer vintage, seperti Ben Thanh Market di Ho Chi Minh City atau pergi ke Hanoi menuju Dong Xuan Market. Ingin melihat mountain view? Arahkan kaki ke Central Highlands. Pulau Phu Quoc juga bisa jadi tujuan untuk merasakan eksotisme pantai khas Asia Tenggara.

 

14. Boracay, Filipina

Foto: travel.philippinecentral.com

Dinobatkan sebagai "Best Island on Earth" oleh majalah bergengsi Travel + Leisure pada tahun 2012 membuat popularitas Boracay yang berada di Filipina ini meningkat drastis. Membutuhkan biaya yang cenderung murah juga membuatnya menjadi tujuan liburan baik bargi warga lokal sampai internasional.

 

15. Palawan, Filipina

Foto: touristexpedition.com

Palawan juga dapat menjadi tujuan alternatif di Filipina. Menawarkan keindahan alam yang akan memanjakan mata dan seluruh panca indera kamu, sebut saja Puerto Princesa Underground River, Coron Islands, dan Kayangan Lake. Masyarakat di sana pun bersahabat dan ramah ke turis asing.

 

 


 

 

 

 

 

 

 

Previous Article
Hotel Baru Dengan Desain Unik di Yogyakarta
Hotel Baru Dengan Desain Unik di Yogyakarta

Yuk, ke Yogya lagi...

Next Article
13 Tempat Yang Harus Kamu Datangi di Thailand dan Alasannya
13 Tempat Yang Harus Kamu Datangi di Thailand dan Alasannya

Banyak alasan buat jalan-jalan ke Thailand.

Want more?

Visit our site

Discover