Buktikan Sendiri Kalau Pekanbaru Itu Surganya Belanja

March 17, 2017 Elfida Lubis

Mungkin belum banyakyang melirik Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau, sebagai tujuan jalan-jalan. Kebanyakan, para turis langsung mengarahkan kakinya ke Pulau Bintan yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Padahal bagi para shopper, kota ini merupakan surga belanja lho, khususnya barang-barang perabot rumah tangga yang harganya bisa berkali-kali lipat di Jakarta, seperti kristal dan keramik. Selain belanja, Pekanbaru juga memiliki sejumlah obyek yang unik dan seru. Mau tahu?

 

 

1. Danau Buatan Lembah Sari

Foto: ksmtour.com

Danau Buatan Lembah Sari di Desa Limbungan ini berada sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Dari bendungan irigasi beralih menjadi obyek wisata yang menyuguhkan pemandangan indah karena dikelilingi bukit. Kamu bisa menyewa perahu dayung atau sepeda air untuk mengitari danau seluas sekitar 16 hektar ini.

 

2. Istana Siak Sri Indrapura

Bangunan istana yang menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Siak di masa lalu ini jelas wajib dikunjungi. Kesultanan Siak adalah kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke-16 sampai 20. Dibangun sejak tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jlil Syaifuddin, dengan mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab, juga Melayu pada bangunan utamanya. Terdiri dari dua lantai, di mana lantai satu berisi berbagai macam koleksi kerajaan seperti Patung Ratu Wilhelmina yang terbuat dari perunggu, Patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam dan dihiasi berlian, gendang berusia lebih dari 200 tahun. Sementara lantai dua terdapat kamar-kamar yang dulu digunakan sebagai kamar sultan dan tamu kerajaan yang berkunjung, yang sekarang disulap menjadi kamar penyimpanan koleksi senjata milik Sultan, lukisan Napolen Bonaparte dari Perancis, serta koleksi lain yang berasal dari negara di Eropa. 

 

3. Masjid Agung An-Nur

Foto: travelingyuk.com

Kalau di Aceh ada Masjid Baiturrahman, maka di Pekanbaru masjid besar yang menjadi kebanggaan adalah Masjid An-Nur. Masjid megah ini memadukan arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki, sampai India yang disebut juga Taj Mahal-nya Pekanbaru. Bangunan utama berukuran 50x50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur di depannya membuat masjid ini mirip dengan Taj Mahal. Bangunan 3 lantai yang didominasi warna hijau ini mampu menampung 4.500 orang jamaah. Masjid Agung An-Nur memiliki 5 buah kubah dan empat menara yang tampak sangat cantik di malam hari. Kalau kamu datang ke sini pas bulan Ramadhan, suasananya akan lebih meriah karena dijadikan lokasi ngabuburit.

 

4. Masjid Sinapelan

Foto: pkuarea.com

Masjid yang dibangun tahun 1762 ini dikenal sebagai salah satu masjid tertua di Provinsi Riau, sekaligus menjadi salah satu saksi kebesaran Kesultanan Siak. Masih terkelola dengan baik, masjid yang juga disebut dengan Masjid Raya Pekanbaru ini didominasi warna kuning khas Melayu dengan kubah besar.

 

5. Perpustakaan Soeman H.S

Foto: greencity.blogdetik.com

Mampir ke Perpustakaan Soeman H.S yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman 462 juga bisa jadi aktivitas wisata menarik di kota ini. Selain menyimpan banyak koleksi buku, perpustakaan ini juga mempunyai bentuk bangunan yang unik lho, menyerupai rehal atau papan alas untuk membaca Al Quran. Terdiri dari enam lantai dan memiliki berbagai fasilitas pendukung mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang pertemuan, auditorium, juga ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu terlengkap se-Indonesia. Bahkan, terdpat juga fasilitas Children Library dan Kids Corner.

 

6. Pasar Bawah Pekanbaru

Foto: inhilklik.com

Nah, ini dia surganya para shopper di Pekanbaru. Pasar tradisional tertua ini adalah ikon Pekanbaru tempat kamu gampang sekali menemukan aneka keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah, perabot dari kristal, sampai barang elektronik bekas dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia yang masih layak pakai. Camilan khas Pekanbaru maupun dari negara tetangga juga banyak di sini. Bentuk bangunannya yang cantik, perpaduan arsitektur budaya Tionghoa dan Melayu, juga menjadi alasan pasar ini menjadi salah satu obyek menarik di Pekanbaru.

 

7. Dekranasda

Foto: pocoup.blogspot.com

Dekranasda yang merupakan singkatan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah adalah badan yang mengayomi pengrajin lokal sehingga menghasilkan produk berkualitas yang pada akhirnya diburu sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru. Dekranasda pusat berada di Jalan Sisingamangaraja sementara toko-toko binaannya tersebar di beberapa lokasi strategis, seperti di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian. Kamu bisa belanja kain songket, tenun, batik, sampai aneka kerajinan tangan.

 

8. Desa Wisata Okura

Foto: riauheadline.com

Pemerintah kota Pekanbaru menjadikan sebuah desa sebagai desa wisata yang menarik untuk dikunjungi, bernama Desa Wisata Okura. Berada di pinggiran yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, Riau, desa wisata ini memiliki kawasan agrowisata dengan aneka tumbuhan produktif. Terdapat juga aliran Sungai Siak yang dapat dijadikan sebagai lokasi memancing. Desa wisata ini cocok untuk dijadikan tujuan bersantai.

 

9. Air Terjun Aek Martua

Foto: ksmtour.com

Air Terjun Aek Martua ini merupakan air terjun unik yang mempunyai tiga tingkatan. Masing-masing tingkatan pun berada di ketinggian dan ukuran yang berbeda. Mulai dari di ketinggian 15 meter hingga 40 meter! Berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Hulu Rokan, namanya yang unik diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau, yang berarti air bertuah.

 

10. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Foto: tempatwisatanasional.blogspot.co.id

Selain menawarkan suasana yang sejuk, ada cukup banyak wahana hiburan yang bisa dimainkan, selain bersantai dibalik rerimbunan dan pepohonan yang menyejukkan.

 

 

 

Previous Article
Sumpah! Wisata Alam Ini Cuma Ada di Pekanbaru
Sumpah! Wisata Alam Ini Cuma Ada di Pekanbaru

Kapan lagi berselancar di sungai...

Next Article
13 Spot baru di Bogor, Don't Miss It!
13 Spot baru di Bogor, Don't Miss It!

Bukan hanya wisata kuliner, wisata alam cakep juga bisa kamu lakukan di Bogor.

Want more?

Visit our site

Discover