Sumpah! Wisata Alam Ini Cuma Ada di Pekanbaru

March 17, 2017 Elfida Lubis

Misalnya saja, berselancar di tingginya ombak yang bergulung di... sungai!

 

1. Sungai Kampar

Foto: triptrus.com

Kalau biasanya kamu melihat peselancar beraksi di ombak lautan, lain halnya dengan Pekanbaru. Para peselancar bisa mencoba menaklukkan ombak di Sungai Kampar. Ya, sebuah sungai! Peselancar profesional dari berbagai penjuru dunia sudah datang karena penasaran rasanya bermain-main dengan papan selancar mereka di sungai yang berada di Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan sebelah timur laut Pekanbaru ini. Ombaknya dikenal dengan nama Ombak atau Gelombang Bono yang kecepatannya bisa mencapai 40 kilometer per jam dengan tinggi 4-6 meter. Mengapa bisa ada ombak di sungai? Fenomena ini terjadi saat air laut pasang masuk dan bertemu dengan air sungai Kampar dan menghasilkan ombak yang besar serta suara gemuruh. Namun, Ombak Bono tidak datang terus-terusan melainkan di waktu-waktu tertentu, yaitu November dan Desember.

 

2. Air Terjun Guruh Gemurai

Foto: detik.com

Air Terjun Guruh Gemurai di Kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru ini cukup populer, dengan dua aliran air dan sudah dilengkapi juga dengan beberapa cottage yang berdiri di sekitar lokasi.

 

3. Riau Fantasi

Foto: riauinside.com

Riau Fantasi adalah taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Terletak di Jalan Labersa atau sekitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru, tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Labersa Water and Theme Park ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Riau Fantasi adalah salah satu destinasi wisata favorit keluarga untuk menghabiskan waktu liburan.

 

4. Pulau Jemur

Foto: lihat.co.id

Pulau Jemur terletak jauh dari pusat kota karena berada di perbatasan langsung dengan Malaysia. Keindahan pantai dan alam sekitarnya begitu mengagumkan, selain terkenal sebagai lokasi penangkaran penyu. Kamu bisa melihat adanya pos pengamatan dan navigasi yang dibangun oleh TNI-Angkatan Laut. Pulau Jemur tak berpenghuni, hanya nelayan yang singgah, sampai traveler yang berkunjung. Formasi rapat terumbu karang di perairan dangkal dengan watna beragam bakal memukaumu. Selai itu, ternyata ada juga obyek lain, seperti Goa Jepang, Perigi Tulang, Batu Panglima Layar, sampai sisa pertahanan Jepang. Pulau Jemur berlokasi di di Selat Malaka, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

 

5. Air Terjun Batang Kapas

Foto: humas.riau.go.id

Air terjun Batang Kapas layak Anda kunjungi jika Anda pencinta wisata alam sejati. Air terjun yang memiliki tinggi 150 meter ini benar-benar menawarkan keindahan sejati. Terletak di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, berjarak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru degan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah, kamu akan menikmati keajaiban alam yang susah untuk terlupa.

 

 

Previous Article
Semua Hotel di Yogyakarta Ini Rasa Bintang 5!
Semua Hotel di Yogyakarta Ini Rasa Bintang 5!

Fasilitasnya nyaman, harganya pun nyaman...

Next Article
Buktikan Sendiri Kalau Pekanbaru Itu Surganya Belanja
Buktikan Sendiri Kalau Pekanbaru Itu Surganya Belanja

Ibu-ibu pasti langsung kalap.

Want more?

Visit our site

Discover