Menikmati Keindahan Beranekaragam Bunga di Taman Bunga

April 9, 2017 Fani Rachmita

    Flowers are the sweetest things God ever made, and forgot to put a soul into. Bunga selalu dideskripsikan sebagai perwujudan keindahan. Tak hanya itu, sejak berabad-abad silam bunga menjadi bagian dari sejarah manusia.  (berbagai sumber/foto: taman bunga nusantara)

    Bunga dikaitkan dengan agama, mitos, cerita rakyat di setiap negara dan generasi. Bahkan menjadi inspirasi bagi para penyair dan pelukis dalam karya-karya mereka. Kini banyak orang menggunakan bunga untuk mengekspreksikan perasaan mereka.  Jangan salah, di Indonesia banyak taman bunga berstandar internasional yang bisa Anda sambangi.

    Di daerah Puncak, Jawa Barat taman bunga kebanggan Indonesia berdiri dengan megah. Di lahan seluas 23 hektar, Taman Bunga Nusantara yang dibuka tanggal 10 September 1995  merupakan objek wisata agro yang berbasis taman bunga.  Taman Bunga Nusantara juga menyediakan area bermain anak, Alam Imajinasi. 

    Pertama kali menginjakkan kaki, udara segar Puncak dan hamparan bunga bak permadani menyambut. Dimulai dari display bunga celosiae (bunga jengger ayam) dari negeri Brazil di pintu masuk dan jam taman. Rangkaian bunga berbentuk jam ini bisa Anda lihat dari ketinggian. Di sebelah kanan, tropiari merak (rangkaian bunga berbentuk burung merak) tampak anggun menarik untuk dilihat. Menyusuri jalan kami melewati Taman Air yang mempunyai beragam koleksi tanaman air seperti, aneka teratai air, blue thalia, hingga lotus. Selain itu Anda juga bisa menikmati keunikan  teratai raksasa (victoria amazonica), dan giant arum (tanaman air yang menyerupai pohon pisang).

 Kembali menyusuri jalan setapak yang bersih, Anda akan menemui Taman Mawar dengan beragam koleksi bunga mawar aneka warna dan jenis. Berdampingan dengan Taman Mawar, keindahan taman bunga di zaman Renaissance bisa Anda lihat di Taman Perancis. Pangkasan rapih perdu Taiwan Beauty merangkai bingkai bunga warna-warni dengan bentuk geometris menjadi ciri khas taman di Perancis. Selanjutnya, Taman Amerika dengan koleksi pohon khas Amerika, Californian Giant Coastal Redwood  (salah satu pohon tertinggi di dunia yang ketinggiannya bisa mencapai 115 meter).

Jangan lupa kunjungi Air Mancur Musikal, dengan iringan musik klasik yang menenangkan, gerakan air mancur yang mengikuti irama musik akan membuat Anda terbuai sepanjang hari. Kunjungi Menara Pandang untuk melihat keseluruhan area taman bunga. Tak jauh dari Menara Pandang, maze garden (taman labirin) menarik perhatian kami. Bentuk taman yang terinspirasi oleh legenda Thesus yang mencari monster Minotour seluas 1 ha ini akan menantang untuk ditaklukan. Taman Bali yang dipenuhi beragam tanaman tropis seperti kamboja, hibiscus, dan aneka heliconia yang eksotis akan mengingatkan pada suasana Pulau Dewata. Disambut gapura yang menyerupai candi Bentar Anda akan rasakan eksotis Bali ditemani gemericik air, bale bengong dan patung khas Bali.

Di Taman Mediterania, koleksi aneka kaktus dengan aneka jenis dan bentuk, mulai dari kaktus mungil di dalam pot hingga ukuran raksasa. Suasana padang pasir yang kental membuat kita serasa di dataran Mediterania. Di dalam bangunan batu, kaktus-kaktus dibatasi pagar ditanam ditanah yang dilapisi pasir menyerupai habitat aslinya. Tak ketinggalan Taman Jepang dengan ciri khasnya. Tembok besar membatasi taman, kolam dengan jembatan kayu yang serba minimalis. Anda wajib mengunjungi Rumah Kaca, di sini tempat khusus untuk bunga  yang tidak bisa tumbuh di iklim Indonesia.  Dengan tarif Rp. 2.000 Anda bisa melihat aneka warna Gerbera Daisy (bunga daisy), Capsicum Annum (cabai hias warna ungu) dari Amerika Selatan, dan bunga Petunia.  Jembatan yang melintang di atas kolam  menjadi romantic landmark di area ini. Saking indahnya, area Rumah Kaca sempat beberapa kali menjadi pilihan tempat pernikahan. 

     Taman Bunga Nusantara memang mengkhususkan diri pada wisata agro. Dikemas sebagai objek wisata rekreasi bernuansa bunga dengan wahana bermain anak, penyewaan villa dan restoran. Selain melihat bunga dari berbagai penjuru dunia pengunjung juga mendapat informasi tentang bunga. Papan kayu kecil di setiap area taman menunjukkan nama bunga dan negara asal bunga.  Taman Bunga Nusantara dilengkapi dengan teknologi modern. Bunga yang dipajang di taman ini hanya memiliki ketinggian 20-30 cm waktu tumbuh bunga pun terbilang cepat, hanya 2 bulan.

Menurut Yanuar Hidayat, walaupun di tanam di Indonesia, benih bunga yang ditanam diimpor dari luar negeri demi menjaga kuantitas dan kualitas bunga yang terpajang di taman ini. “Tidak akan ada taman yang kosong (tidak ada bunganya). Setiap bulan bunga pasti akan tumbuh, sehingga para pengunjung yang sudah jauh-jauh datang bisa menikmati keindahan bunga di segala musim,” ujar pria ramah ini.

Tak hanya itu, untuk kenyamanan pengunjung, Taman Bunga Nusantara menyediakan dua area untuk lokasi piknik. Untuk mengelilingi Taman Bunga Nusantara Anda bisa menggunakan Wira-wiri (bus) dan Dotto Trains (kereta).  Gemas dengan aneka bunga dan tanaman yang ada, Anda bisa membawa pulang dengan membeli aneka bunga dan tanaman di Bursa Bunga  yang terletak di luar area taman. Uniknya, di setiap event warna bunga akan sesuai dengan event yang akan berlangsung. Seperti saat Natal, dominasi warna merah akan menghiasi taman. Dan tentunya di Februari, keindahan bunga warna pink akan menambah semarak nuansa romantis bulan penuh cinta ini. 

 

Previous Article
48 Jam di Semarang
48 Jam di Semarang

Tujuan terbaik di pusat kota kalau kamu hanya punya waktu 48 jam.

Next Article
Traveling Layaknya Bintang
Traveling Layaknya Bintang

Bagaimana sih repotnya para selebritis Hollywood saat traveling?

Want more?

Visit our site

Discover