Machu Picchu Peru, Salah satu tempat terindah di dunia.

May 30, 2017 alambudaya


Machu Picchu adalah destinasi dambaan setiap travelers dan orang di dunia, siapa yang tidak tahu dengan Machu Picchu. Sebuah kota yang sangat indah yang baru ditemukan ditahun di tahun 2007 di Peru ini merupakan new 7 wonders dunia.

Memang Machu Picchu sangatlah magis dan indah, ketika saya datang kesini tidak cukup sebuah tulisan dan foto menggambarkan keajaiban dunia ini. Namun ada banyak fakta unik dan menarik tentang machu picchu yang wajib kamu tahu, dan bisa memberikan inspirasi buat kamu untuk bisa berkunjung ke Macchu Pichu.
 

1.Machu Picchu dibangun pada saat masa kejayaan Kerajaan Inca pada tahun 1450. Namun sayangnya bangunan ini ditinggalkan tidak terawat hampir satu abad lamanya pada tahun 1572 setelah orang Spanyol datang ke Peru.

2. Para Arkeolog percaya bahwa Machu Picchu sengaja dibangun sebagai tempat tinggal khusus untuk anggota Kerajaan Inca.

3. Situs Machu Picchu terletak diketinggian 2430m diatas permukaan laut, dan berada di tengah-tengah gunung Huayna Picchu dan gunung Machu Picchu di Peru.

4. Pada tanggal 24 July 1911, seorang petualang dari Amerika Hiram Bingham III kembali menemukan reruntuhan Machu Picchu di Peru dengan bantuan beberapa rekannya.

5. Bingham merupakan orang yang menyebarkan berita tentang penemuannya mengenai Machu Picchu. Sebelumnya yang mengetahui tentang situs peninggalan Suku Inca ini hanyalah masyarakat sekitar, beberapa misionaris, dan juga beberapa insinyur tertentu.

6. Sebelum menemukan Machu Picchu sebenarnya Bingham sedang mencoba mencari "kota yang hilang" lainnya, yang bernama Vilcabamba. Tetapi tidak sengaja menemukan kota Machu Picchu.

7. Bingham dan timnya membawa sekitar 40.000 artefak ke Universitas Yale untuk diteliti lebih lanjut. Semua artefak tersebut terdiri dari mumi, keramik, patung perak, perhiasan, dan juga tulang belulang. Tapi pihak dari Peru menginginkan semua artefak penemuan Bingham untuk dikembalikan ke tempat asalnya, dan dengan perjuangan yang panjang akhirnya kedua belah pihak menyetujui agar semua artefak dikembalikan ke Peru.
 

8. Sejak ditemukan kembali, 30% dari Machu Picchu sudah direkonstruksi ulang agar diketahui bentuk aslinya. Dan rekonstruksi ini masih berlanjut sampai sekarang.

9. Pada tahun 1983, Machu Picchu dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Keputusan ini didapat dari voting seluruh warga di dunia melalui internet untuk memutuskan 7 keajaiban dunia yang baru.

10. Desain Machu Picchu dibuat dengan gaya Suku Inca pada umumnya, desainnya indah dan dibangun dengan menggunakan batu granit yang yang sudah dipoles sehingga terlihat berkilau.

11. Suku Inca merupakan ahlinya dalam membangun dengan menggunakan tehnik Ashiar, tehnik ini adalah dimana bebatuan besar dipotong sedemikian rupa dengan bentuk-bentuk tertentu agar bisa disusun rapih dan kuat tanpa menggunakan perekat apapun.

12. Kehebatan Suku Inca dalam membangun suatu bangunan sudah tidak dapat dipungkiri, mereka mampu membangun sebuah bangunan yang tahan dengan kejadian alam yang tidak bisa dihindari seperti gempa bumi.

13. Machu Picchu ketika ditemukan tidak terlalu rusak berat, dan salah satu penemuan arkeologi yang masih terjaga dengan baik. Yang saya dengar dari guide yang menceritakan sejarah Machu Picchu ini kenapa bisa sangat terjaga dengan baik. Ketika Raja Inca kalah perang dengan spanyol, raja memerintahkan untuk meninggalkan kota ini. Dan akses jalan menuju kota ini dihancurkan ditutup agar tidak dihancurkan menjadi gereja oleh tentara spanyol.

14. Situs Machu Picchu merupakan bangunan yang sangat menakjubkan dan penuh misteri, karena telah diketahui bahwa Suku Inca tidak menggunakan bantuan dari tenaga hewan, peralatan besi, maupun roda pengungkit untuk mengangkat bebatuan besar ke atas bukit. Namun para ahli percaya bahwa Suku Inca menggunakan kekuatan ratusan pria untuk mengangkat bebatuan tersebut.
 

15. Walaupun Machu Picchu terletak di atas bukit namun Machu Picchu memiliki jalur pengairan yang baik pada musim panas, dan juga sistem terasering yang mereka gunakan sehingga mereka dapat dengan mudah menanam berbagai macam sayuran untuk bahan makanan mereka.

16. Dari awal Suku Inca telah membangun jalan yang menghubungkan Machu Picchu dengan dunia luar, dan sampai sekarang jalur ini masih digunakan oleh ratusan turis yang ingin mengunjungi Machu Picchu. Butuh waktu dari 2 hingga 5 hari untuk menuju Machu Picchu melalui jalur ini.

17. Pemerintah Peru membatasi wisatawan yang masuk ke Machu Picchu, sehari hanya 2500 orang saja yang boleh mengunjungi. Mereka tidak ingin situs ini rusak dan mungkin ini bisa ditiru ke Borobudur atau situs sejarah di Indonesia agar tidak mudah rusak karena pariwisata dan turis yang banyak datang.
 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Jepang 99% destinasi yg hampir sempurna.
Jepang 99% destinasi yg hampir sempurna.

Jepang merupakan negeri favorite saya di Asia Pasifik, menurut saya Jepang itu 99% destinasi yang hampir se...

Next Article
Fakta Menarik Tentang Lima, Ibukota Peru di Amerika Selatan.
Fakta Menarik Tentang Lima, Ibukota Peru di Amerika Selatan.

 Lima merupakan ibukota dari Peru, ya kota ini sangatlah unik dan banyak tempat yang bisa dieksplore tiap s...