Jepang 99% destinasi yg hampir sempurna.

June 5, 2017 alambudaya

Jepang merupakan negeri favorite saya di Asia Pasifik, menurut saya Jepang itu 99% destinasi yang hampir sempurna. Karena Jepang punya alam yang indah, budaya yang sangat kuat dan kuliner fresh yang terkenal lezat. Kurang 1% nya hanya negara ini termasuk negara yang punya biaya hidup yang tinggi, bagi kita orang Indonesia mengunjungi Jepang siap siap merogoh dalam kocek.

Selain itu Jepang terkenal sebagai negara kepulauan dengan budaya yang unik. Selain itu, Jepang juga terkenal akan kedisplinannya. Setidaknya, anda harus mengunjungi negara Jepang walaupun hanya sekali. Tetapi, sebelum anda berwisata ke Jepang, ada 12 fakta yang harus kamu ketahui tentang Jepang. Apa sajakah itu?

1. Jepang terdiri dari lebih dari 6800 pulau

Jepang ternyata punya banyak pulau kecil, walaupun tempat wisata di Jepang bervariasi. mulai dari pulau Okinawa sampai kota metropolitan seperti Tokyo. dan Kebanyakan dari pulau ini belum disentuh oleh para turis, sehingga tidak akan pernah bosan untuk selalu kembali ke Jepang.


2. Jepang mengalami Gempa Bumi sebanyak 1500 per tahun

Jepang berada di atas 4 lempengan planet yang terus bergerak jadi, tidaklah mengherankan kalau di Jepang sering terjadi gempa bumi. Mulai dari gempa yang ringan sampai yang parah hingga menyebabkan tsunami pada tahun 2011 dan menyebabkan berbagai macam kerusakan serta kematian sekitar 16000 jiwa.

3. Jepang mempunyai lebih dari 50 ribu jiwa yang berusia lebih dari 100 tahun

Yang satu ini merupakan fakta, dan ternyata Sekitar 87% itu adalah perempuan. Di Jepang perempuan mempunyai umur yang lebih panjang, Kira-kira apa ya rahasia umur mereka bisa panjang?


4. Kereta Jepang paling tepat waktu di seluruh dunia

Yang hebat ketika saya naik transportasi umum seperti kereta di Jepang, biasanya paling telat hanya 2 menit saja paling lama. Sangat berbeda ya ketika menunggu busway di Jakarta hehe. Jepang dikenal sebagai negara dengan penduduk yang tepat waktu dan bahkan, hal ini juga berlaku terhadap kereta Jepang. Saking tepat waktunya, jika kereta milik Jepang hanya terlambat 5 menit, semuanya mendapat permintaan maaf dari pihak kereta secara formal.

5. Ada lebih banyak hewan peliharaan dibanding anak kecil di Jepang

Sejujurnya ketika saya banyak traveling di tempat tempat di Jepang, ternyata banyak sekali penduduk Jepang baik yang sudah tua maupun masih muda. Mereka memperlakukan anjing dan hewan peliharaannya seperti anaknya sendiri, sering saya lihat anjing ditaruh di kursi roda untuk bayi. Survey tahun 2014 membuktikan bahwa terdapat sekitar 21.3 juta binatang peliharaan yang terdaftar dan angka itu melebihi jumlah anak di bawah umur 15 tahun yang ada di Jepang. Menurut perkiraan, pada tahun 2060, populasi jepang telah menurun sebanyak 30% dan sebanyak 40% penduduk terdiri dari penduduk yang berusia lebih dari 65 tahun. Pemerintah sampai membuat program yang akan memberikan uang / subsidi bagi yang mempunyai anak lho.


6. Pekerja yang tertidur saat sedang bekerja dianggap kelelahan karena bekerja keras


Kalau tertidur saat sedang bekerja di negara lain, pasti akan langsung mendapat peringatan dari bos atau bahkan, sampai dipecat. Berbeda disini jika anda tertidur saat sedang bekerja, anda malah kelihatan rajin lho! Tertidur saat bekerja juga dilakukan untuk mengekspresikan sekeras apa mereka bekerja. Bahkan ada istilah untuk fenomena ini yaitu inemuri. Inemuri harus dilakukan dengan cara tertentu lho yaitu tidur dengan keadaan punggung tegap untuk memperlihatkan bahwa anda masih terlibat secara sosial.

7. Di Jepang, kucing hitam adalah simbol keberuntungan


Mitos di tiap negara berbeda-beda seperti halnya mitos Jepang yang satu ini. Di Amerika, kucing hitam disimbolkan sebagai kesialan karena kucing hitam sering dianggap sebagai peliharaan penyihir sementara di Jepang, kucing hitam adalah simbol keberuntungan jika anda berpapasan dengan kucing hitam di tengah jalan.


8. Pencipta Anime, Jepang menggunakan kertas untuk komik jauh lebih banyak dibanding kertas toilet

Yang membuat saya ingin mengunjungi Jepang karena saya sangat suka nonton anime jepang, darikecil saya juga suka membaca komik manga. Siapa yang tidak kenal dengan anime? Bukan penduduk Jepang saja yang menyukai anime, bahkan negara-negara lainnya juga suka menonton anime, kartun yang berasal dari Jepang. karena kelarisannya, kertas lebih banyak digunakan untuk memproduksi manga dibanding tissue toilet. Setiap tahunnya, Jepang memproduksi 553 juta komik.

9. Jepang punya toilet ternyaman di Dunia.

Terus terang saja saya sangat salut dengan toilet yang ada di Jepang, rata rata otomatis. Ketika menduduki saja sudah hanyak dan banyak tombol untuk berbagai macam fitur, bisa dibilang juga toilet di Jepang sangat bersih.



Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Fakta unik dan menarik tentang Auckland, salah satu kota terbesar di Selandia Baru.
Fakta unik dan menarik tentang Auckland, salah satu kota terbesar di Selandia Baru.

Auckland adalah sebuah kota yang berada di utara Selandia Baru. Auckland adalah kota pelabuhan yang terkena...

Next Article
Machu Picchu Peru, Salah satu tempat terindah di dunia.
Machu Picchu Peru, Salah satu tempat terindah di dunia.

Machu Picchu adalah destinasi dambaan setiap travelers dan orang di dunia, siapa yang tidak tahu dengan Mac...