Wisata Sehari di Lombok Tengah

June 7, 2017 Adis Takdos


Lombok, Guemas. Lo mbok-mbok, gue mas-mas. Apasih!

Jadi gini, dari tahun 2011 Lombok mengganti bandara utamanya yang awalnya di Bandara .... yang terletak di tengah Kota Mataram, Lombok Utara. Dengan Lombok International Airport di daerah Lombok Tengah. Yang di mana, Lombok Tengah itu jauh banget dari ibu kotanya Mataram. Saking jauhnya, lu berangkat masih muda, nyampe Mataram bisa udah punya cucu dua. Saking jauhnya.


Tapi kalo lu punya niat cuma sehari doang di Lombok, dan gak mau abis waktu diperjalanan, lu bisa keliling di Lombok Tengah. Pertanyaannya adalah, ada apa sih di Lombok Tengah?


Nah, di postingan kali ini gue bakal ngasih bocoran tips dan itinerary yang lu bisa coba selama di Lombok Tengah, dan gue jamin bakalan seru!


1. Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel



Karena judulnya wisata sehari di Lombok Tengah, gue saranin tempat pertama yang harus lu datengin adalah air terjun Kelambu dan Stokel. Letaknya sekitar 1 – 1,5 jam dari bandara. Bisa juga sih 5 menit, cuma lu kudu pake kereta shinkansen.


Untuk masuk kawasan wisata ini, WNI bakal dipungut biaya sekitar 70.000 untuk 1 group yang bisa berisi 9 orang, dan harga itu udah termasuk dengan guide-nya. Untuk bisa ke air terjun lu juga bisa sewa motor kalo gak mau capek hiking, yang harganya sekitar 30.000 untuk pulang pergi. Tapi kalo mau hiking juga sebenernya gak jauh-jauh banget kok, paling setengah jam doang, dan yang bikin capek itu ya naik turunnya.


Air terjun pertama yang bakal lu liat adalah Benang Stokel, yang dalam bahasa Indonesianya adalah Seikat benang. Kenapa dinamain gitu, karena air terjun ini terbagi dua, dan air yang jatuh dari tebingnya pun gak gede-gede banget. Jalan 30 menit lagi, lu bakal nemu Benang Kelambu. Kenapa disebut Benang Kelambu, karena bentuk air terjunnya yang menyerupai kelambu atau tirai. Bisa ae nih orang Lombok ngasih nama.




Di Benang Kelambu, lu bisa berenang-berenang cantik, karena ada kolam khusus yang disediain pegelola untuk pengunjung yang mau berenang. Tapi dingin banget!!


Oh, iya, highlight-nya di sini, lu kudu nyoba loncat di Jumping Cliff deket Benang Stokel yang tingginya 11 meter. Tapi inget, pake kolor kalo mau loncat. Jangan kayak gue, gak pake kolor, sok berani loncat, sampai akhirnya biji gue yang ngondoy kepentok air dan nyut-nyutan ampe 3 hari.


2. Makan Siang di Nasi Balap Inaq Esun



Namanya juga Lombok, gak sahih kalo lu gak nyobain makanan dengan nama Nasi Balap yang terkenal pedes! Detailnya lu baca di sini aja dah >> Lombok Pabrik Cabe


3. Belanja Tenun di Desa Sukarara



Selain keindahan alamnya, Lombok juga terkenal dengan tenunan khasnya. Untuk nyari tenunan Lombok, lu bisa dateng ke Desa Sukarara karena di sini emang sentralnya pengrajin tenun Sasak khas Lombok. Selain bisa belanja, lu juga bisa liat proses pembuatan tenunya langsung!


Oh iya, produk tas Whatever Backpacker yang baru juga ada kombinasinya sama tenun Lombok, loh. Dibeli yah kalo udah launching!


4. Merasakan Kearifan Lokal di Desa Sade



Nah, desa unik ini sebenernya udah gue tulis juga, nih. Baca aja di sini >> Desa Sade, Desanya Para Penculik


5. Hoping Beach (Selong Belanak - Mawun – Kuta – Seger – Tanjung Aan – Sunset di Bukit Merese)



Sebenernya pantai di Lombok Tengah itu bukan cuma 5 pantai yang gue sebutin di atas, ada banyak!! Tapi kalo mau rute nya yang enak. Lu bisa coba 5 pantai ini. Terakhir gue ke pantai-pantai di Lombok Tengah itu tahun 2011, dan tempatnya masih sepi banget, di pinggir-pinggir jalan aja cuma ada bebatuan dan daratan gersang, sekarang? Buset!! Udah kayak Kuta Bali! Rame banget!!




Terus kenapa gue pilih pantai-pantai ini jadi destinasi terakhir, soalnya setelah lu main air di pantai-pantai berpasir putih khas Lombok, lu bisa sekalian nikmatin sunset di Bukit Merese sambil duduk-duduk ngelamunin mantan. Syahdu lah pokoknya!



Dan ini beberapa cerita detail pantai-pantai di Lombok Tengah >> Lombok Pantai Lo Keren Banget SUMPAH!


So, guys. Ini gue kasih rute maps yang searahnya kalo lu mau one day trip di Lombok Tengah, happy traveling!

Read more...

Previous Article
Pentingkah Asuransi Perjalanan?
Pentingkah Asuransi Perjalanan?

Gue sebenernya adalah orang yang nekad. Saking nekadnya, gue gak perlu persiapan lama dan bawa peralatan le...

Next Article
5 Alasan Kenapa Lu Kudu ke Bali Utara
5 Alasan Kenapa Lu Kudu ke Bali Utara

Bosen sama postingan gue tentang Bali? Sama, gue juga bosen nulisnya. Tapi ya gimana, Bali selalu punya ses...