Dongkrak Produktivitas dengan Mandi Air Panas

June 14, 2017 Chatarina Komala

Merasa penat dan lelah akibat rutinitas harian?

Jangan keburu stres. Bisa jadi, yang Anda butuhkan hanyalah sedikit penyegaran dan pelesir singkat. Salah satu solusinya, yakni dengan mengunjungi pemandian air panas yang banyak tersedia di kota Anda.

Bukan hanya menyegarkan pikiran dan mengurangi stres. Beberapa penelitian menyebutkan, mandi air panas juga mampu melancarkan peredaran darah serta mengendurkan otot-otot yang tegang. Di sisi lain, kandungan belerang dan sejumlah mineral juga diklaim mampu menyembuhkan beragam penyakit. 

Beruntungnya, menyandang predikat “Ring of Fire”, Indonesia kaya akan mata air panas alami. Berikut adalah 16 lokasi pemandian air panas yang bisa Anda kunjungi di Pulau Jawa!

1. Wisata Air Panas Ciparay

Foto: Hello Bogor 

Wisata Air Panas Ciparay, terletak di Desa Ciparay, Kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah, Bogor. Selain berendam dan menenangkan diri, fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Ini meliputi toilet, musala, beragam rumah makan, hingga vila dan pemondokan.

2. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Foto: Detik Travel

Tidak jauh dari Kota Jakarta, tepatnya di kawasan Sentul, Bogor—Anda bisa menemukan satu kolam pemandian air panas yang menenangkan. Letaknya, ada di tengah hutan pinus, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

3. Tirta Sanita Hot Spring

Foto: www.anekatempatwisata.com

Tirta Sanita Hot Spring; atau yang lebih populer dengan Pemandian Air Panas Ciseeng, terletak di wilayah Parung—perbatasan Depok dan Bogor. Adapun selain berendam di kolam air panas atau justru secara privat di kamar mandi air panas, lokasi ini juga dilengkapi dengan wahana bermain anak, outbond, restoran, dan penginapan.

4. Pemandian Air Panas Cisolok, Sukabumi

Foto: www.inisukabumi.com

Terletak di Sukabumi, salah satu yang khas di Pemandian Air Panas Cisolok, yakni tujuh pancuran air (mengandung sulfur dan belerang) setinggi satu hingga dua meter di tengah kolam.

5. Sari Ater, Subang

Foto: www.tempatwisatamu.com

Pemandian Air Panas, Subang menjadi satu destinasi mandi air panas yang populer di kalangan wisatawan. Adapun air panas di sana mengandung banyak zat mineral seperti magnesium, thermo, sulfat, chloride, alumunium, dan kalsium—yang dipercaya berkhasiat dan mampu menyembuhkan beragam penyakit.

6. Pemandian Air Panas Maribaya

Foto: Maribaya Resort 

Bukan hanya lanskap alam dan air terjunnya, di kawasan Maribaya, Bandung, Anda bisa relaksasi menenangkan pikiran sembari berendam air panas.

7. Pemandian Air Panas Cipanas

Foto: Zona Libur 

Tidak seperti mayoritas sumber air panas lain, di Cipanas—Anda tidak akan menemukan lokasi pemandian berupa kolam rendam. Di sana, air akan ditampung dan dialirkan ke dalam bak mandi dalam kamar-kamar penginapan, layaknya onsen di Jepang.  :

8. Pemandian Air Panas Kawah Talaga Bodas

Foto: www.hoteldigarut.net

Sesuai namanya, pemandian air panas ini memang terletak di pinggir  kawah. Lokasinya tergolong sederhana, dan kerap kali digunakan untuk berobat ketimbang berwisata.

Setidaknya, ada dua lokasi mata air di kawasan Pemandian Air Panas Kawah Talaga Bodas, Garut. Lokasi pertama, ada tepat di pinggir kawah sementara lokasi kedua, terletak tidak jauh dari lokasi parkir.

9. Pemandian Air Panas Gonoharjo

Foto: Hello Semarang 

Kendati baru diresmikan pada tahun 2008, Pemandian Air Panas Gonoharjo, Kendal bisa menjadi satu rekomendasi liburan yang layak dicoba. Lokasi tepatnya, ada di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Adapun lokasi wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air dingin, kebun binatang mini, taman bunga, area outbond, hingga kolam pemancingan.

10. Pemandian Air Panas Baturaden

Foto: www.initempatwisata.com

Baturaden, telah lama menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Bukan hanya soal lanskap alam yang cantik, di sana, Anda dapat menemukan pemandian air panas yang berasal dari tujuh pancuran yang mengalir langsung dari Gunung Slamet.

11. Pemandian Air Panas Candi Umbul

Foto: Tribunnews

Sesuai namanya, asal usul pemandian ini bermula dari keberadaan mata air di situs Candi Umbul, Magelang. Dari mata air yang tidak pernah habis itu; dibuat dua kolam pemandian. Satu berisi air panas sementara yang lain, berisi air dingin.  

Ingin jalan-jalan seputar Kota Magelang? Temukan dealnya di sini:

12. Pemandian Air Panas Guci

Foto: Trip Advisor

Pemandian Air Panas Guci terletak di Tegal, Jawa Tengah. Populer sebagai destinasi tujuan wisata, Anda bisa dengan mudah menemukan mata air panas ini. Adapun selain berendam dan relaksasi, ada beragam atraksi wisata yang bisa Anda nikmati di sana. Ini meliputi fasilitas outbond, naik kuda, atau justru menginap di vila dan penginapan.

13. Pemandian Air Panas Prataan

Foto: Wisata Tuban 

Lokasi yang ada di tengah-tengah hutan, menjadikan pemandian air panas ini cukup sulit diakses. Apalagi, perihal jalur yang masih tergolong ekstrem…

Pemandian Air Panas Prataan sendiri terletak di Dusun Prataan, Desa Wukiharjo, Kecamatan Parengan, Tuban. Dari pusat kota, mata air panas alami ini berjarak sekitar 40-50 kilometer. Adapun selain menjadi tempat relaksasi, ada beragam khasiat yang bisa Anda dapatkan saat berendam di mata air ini. Warga sekitar percaya, konon sumber air panas ini bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit, rematik, hingga sekadar pegal-pegal.

14. Pemandian Air Panas Tiris

Foto: www.asliindonesia.net

Anda dapat mengunjungi Pemandian Air Panas Tiris di Kota Probolinggo. Ini merupakan kolam air panas alami, sebab terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Bromo. Dengan suhu mencapai 40 derajat Celsius, kolam ini juga berdampingan dengan sungai bermata air jernih, lho.

Ingin menjadi saksi keindahan kawah Gunung Bromo, Matahari terbit, lanskap sabana hingga padang pasir? Temukan dealnya di sini:

15. Pemandian Air Panas Cangar

Foto: Indonesia Kaya

Udara sejuk, lanskap alam yang indah, plus air hangat memang kombinasi yang pas untuk sejenak “melarikan diri” dari padatnya rutinitas. Cukup populer, Anda bisa menemukan Pemandian Air Panas Cangar, yang berlokasi tidak jauh dari Kota Batu.

Fasilitasnya sendiri tergolong komplet. Ini mencakup penginapan, musala, area bermain anak, warung makan, wahana outdoor seperti flying fox, hingga penyewaan kolam air panas pribadi.  

16. Wisata Air Panas Padusan

Foto: Okezone

Sekitar dua jam dari Kota Surabaya, Anda bisa menemukan Wisata Air Panas Padusan. Lokasi tepatnya, ada di wilayah Pacet, Mojokerto. Dibanderol dengan harga Rp13 ribu per orang, nikmati lima pemandian dengan tingkat suhu berbeda, mulai dari yang hangat hingga panas.

Previous Article
Mengantar Harapan ke Udara di Festival Lampion
Mengantar Harapan ke Udara di Festival Lampion

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk berdoa dan memanjatkan harapan.

Next Article
Mendaki Gunung Saat Puasa, Mengapa Tidak?
Mendaki Gunung Saat Puasa, Mengapa Tidak?

Menahan haus dan lapar, bukan berarti harus menahan hasrat untuk “naik gunung”, bukan?

Want more?

Visit our site

Discover