Mengantar Harapan ke Udara di Festival Lampion

June 15, 2017 Chatarina Komala

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk berdoa dan memanjatkan harapan.

Lampion (atau lentera), telah lama dijadikan sebagai simbol pengharapan, mimpi, cita-cita, dan doa. Menerbangkannya ke udara, oleh banyak tradisi pun kerap dikaitkan dengan “penyerahan diri” sekaligus doa kepada Sang Pencipta.

Kendati pesta lampion mulanya merupakan tradisi dari Tiongkok, kegiatan melepaskan lampion ke langit ini banyak diadopsi oleh budaya lain. Tujuannya hampir sama, yakni sebagai simbol penyerahan diri, harapan, dan mimpi kepada Tuhan. Di sisi lain, acara ini juga disukai sebab pendar ratusan/mungkin ribuan lampion di antara langit yang gelap dinilai cantik dan memesona.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati momen seru dan romantis bersama keluarga, pasangan, maupun orang terdekat, berikut adalah lima festival lampion yang bisa Anda temukan di Indonesia.

1. Festival Banjil Kanal Barat Semarang

Foto: Hello Semarang

Menyambut hari ulang tahun Kota Semarang, pemerintah setempat merancang satu perhelatan bertajuk Festival Banjir Kanal Barat. Setidaknya, ada beragam kegiatan yang diselenggarakan, mencakup lomba hias perahu, festival kuliner, pasar malam/pasar rakyat, hingga “pesta” lampion yang akan diterbangkan dari pinggir Sungai Banjir Kanal Barat menjelang tengah malam.  

2. Dieng Culture Festival

Foto: www.jpswisata.com

Tergolong baru, Dieng Culture Festival (DCF) sebenarnya merupakan rangkaian acara yang mewadahi upacara adat setempat, yakni ruwatan anak gembel (sebutan untuk anak berambut gimbal). Nah, agar semakin semarak, perhelatan ini juga dilengkapi dengan sejumlah acara, mencakup pertunjukan musik jaz, pemotongan rambut gimbal di kawasan Candi Arjuna, hingga pesta lampion dan kembang api.

Adapun lokasinya yang berada di dataran tinggi plus suhu dingin, menjadikan DCF terasa spesial. Belum lagi, soal lautan manusia dari beragam latar belakang, pendar cahaya lampion, serta sorotan lampu yang semarak…

3. Perayaan Waisak, Candi Borobudur

Foto: Go Borobudur 

Bukan hanya bagi umat Buddha di dunia. Tidak dapat dimungkiri, perayaan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur, seakan menjadi magnet yang “menarik” perhatian para wisatawan. Baik yang datang dari dalam maupun luar negeri, antusiasme untuk mengikuti atau justru sekadar menyaksikan prosesi sakral ini tidak berkurang dari tahun ke tahun.

Salah satu bagian penting dalam perayaan Waisak, yakni pesta lampion di pelataran Candi Borobudur. Mengiringi pelepasan satu per satu lampion ke udara, mereka yang berkumpul mengucapkan harapan, doa, dan menggaungkan puji-pujian.

Ingin menikmati pesona Candi Borobudur lebih lama, temukan deal-nya di sini:

4. Festival Lampion Parangtritis

Foto: www.jogja.co

Kendati bukan festival tahunan, pelepasan lampion yang diselenggarakan di tepi Pantai Parangtritis ini sudah diselenggarakan sejak empat tahun lalu, lho. Ketika malam datang, para wisatawan yang datang bukan hanya disuguhkan atraksi lampion terbang di tengah gemerlap bintang; melainkan juga lanskap dan nuansa pantai yang menenangkan.

Nikmati seluruh atraksi Yogyakarta dalam satu hari, mulai dari Rp700ribu-an. Temukan deal-nya di sini:

5. Festival Lampion Terbang Solo

Foto: Liputan6.com

Solo, kota yang kental dengan budaya Jawa-nya ini juga punya festival tahunan yang enggak kalah seru. Berkolaborasi dengan budaya Tionghoa, Solo memiliki Festival Lampion Terbang, yang bisa Anda saksikan saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Sebagai simbol doa dan harapan, sekitar tiga hingga lima ribu lampion akan diterbangkan di langit Kota Solo. Di sisi lain, jangan lupakan gemerlap ribuan lampion yang dipasang di kawasan Pasar Gede.

Nah, jangan keburu pulang setelah acara pelepasan lampion usai. Pasalnya, masih ada banyak hal yang bisa Anda nikmati, seperti halnya festival kuliner atau mengunjungi pasar rakyat yang menyenangkan. 

Itulah lima festival lampion yang bisa Anda nikmati di Indonesia. Yuk, segera catat tanggal dan persiapkan perjalanan Anda!

Previous Article
Di Mana Belanja Lebaran yang Enggak Bikin Dompet Jebol?
Di Mana Belanja Lebaran yang Enggak Bikin Dompet Jebol?

Next Article
Dongkrak Produktivitas dengan Mandi Air Panas
Dongkrak Produktivitas dengan Mandi Air Panas

Menyandang predikat “Ring of Fire”, Indonesia kaya akan mata air panas alami. Mana sajakah?

Want more?

Visit our site

Discover