Agar Balita Tak Rewel dalam Perjalanan Mudik

June 22, 2017 Chatarina Komala

Alih-alih menyenangkan, perjalanan mudik dengan balita bisa jadi hal yang merepotkan, terlebih jika Anda tidak punya persiapan matang. Jarak perjalanan yang jauh dan lama, kurangnya aktivitas, rasa bosan hingga lelah kerap kali menjadi penyebab si kecil rewel dan tidak kooperatif. Belum lagi, jika Anda naik kendaraan umum dan harus berdesak-desakan.

Adapun bagi Anda yang ingin memulai perjalanan mudik, berikut adalah tujuh tips agar perjalanan Anda aman dan nyaman--sekalipun membawa balita. 

1. Buat Mereka Bersemangat

Foto: Free Range Travel

Ceritakan pada si kecil, betapa menyenangkannya perjalanan mudik Anda. Bila perlu, berikan mereka "pengantar", setidaknya: satu bulan sebelum keberangkatan. Buatlah mereka bergairah, bahkan tidak sabar dengan perjalanan. Ini dapat berupa betapa menyenangkannya naik kereta, hal-hal unik yang akan Anda jumpai selama di perjalanan, hingga makanan khas daerah yang akan dilalui.

2. Kendaraan Nyaman untuk Mudik

Foto: 8 Women Dream Project

Untuk perjalanan lebih singkat, Anda bisa memilih kereta api atau pesawat terbang. Selain punya "ruang duduk" yang lebih luas, ada beragam pemandangan yang bisa Anda nikmati bersama selama perjalanan. 

Adapun jika mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan mobil Anda dalam kondisi yang baik. Perhatikan pula soal ban serep, hingga kelengkapan surat kendaraan. Jangan sampai, terjadi sesuatu di jalan yang menghambat perjalanan Anda. 

3. Rencanakan Perjalanan Sejak Jauh-jauh Hari

Foto: http://www.ataturkairport.com

Saat memutuskan mudik dengan kendaraan umum, pastikan Anda memesan tiket sejak jauh-jauh hari. Untuk tiket kereta api, misalnya. Proses pemesanan bahkan dapat dilakukan tiga bulan sebelum hari keberangkatan. Adapun dengan memesan tiket lebih awal, Anda bisa memilih kursi yang nyaman dan sesuai keinginan. 

4. Jaga Kesehatan dengan Bawa Obat-obatan

Foto: www.travel.gc.ca

Bagaimanapun, mudik akan jauh lebih nyaman dan menyenangkan jika tubuh dalam kondisi sehat dan bugar. Apalagi, hal itu bisa meminimalkan risiko rewel pada si kecil. 

Untuk mengantisipasi risiko, Anda bisa membawa obat-obatan ringan seperti penurun panas, vitamin, batuk, pilek, oralit, betadine, alkohol, dan minyak angin. Satukan dalam satu tempat khusus dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau.  

5. Bawa Seluruh Perlengkapan yang Dibutuhkan

Foto: http://orgjunkie.com

Siapkan segala keperluan yang dibutuhkan si kecil. Ini mencakup popok, baju ganti, botol minum, tisu kering dan basah, camilan, gendongan, hingga bantal untuk tidur. Agar tidak terlalu banyak barang, Anda bisa menyesuaikan jumlah tersebut dengan lama Anda berada di kampung halaman. 

Foto: www.alittlepinchofperfect.com

Adapun permainan bisa jadi alternatif hiburan jika si kecil bosan. Anda bisa bermain tebak-tebakan, membaca buku cerita, bernyanyi, atau menceritakan lokasi-lokasi yang baru saja dilewati. Jika perlu, unduh permainan ringan di gawai Anda atau justru suguhkan film kesukaan sebagai teman di perjalanan.

6. Beri Waktu Istirahat

Foto: www.forestholidays.co.uk 

Ada banyak penyebab anak rewel. Beberapa di antaranya, yakni rasa lelah dan kebutuhan untuk istirahat. Jika sudah begini, tidak ada salahnya Anda mencari tempat istirahat untuk menenangkannya, sekaligus mengisi ulang baterai tubuh yang mungkin sudah lelah mengemudi. 

Siapkan alas tidur yang nyaman bagi si kecil. Minimal, usahakan mereka dapat tiduran, bersandar, atau setidaknya: tidak berisiko terbentur pintu/jendela. Jangan lupa, bawa bantal yang nyaman dan selimut tipis. 

7. Hindari Membawa Banyak Barang

Foto: Good Housekeeping

Meski Anda perlu memastikan seluruh keperluan si kecil siap dibawa, hindari membawa terlalu banyak barang. Selain merepotkan, hal ini juga akan membatasi ruang gerak si kecil.  

Previous Article
Bandara Terunik Indonesia, Ada di Mana?
Bandara Terunik Indonesia, Ada di Mana?

Jalur udara, kerap dipilih pelancong sebagai transportasi paling cepat, nyaman, dan efektif, terutama untuk...

Next Article
Cara Mudah Pelesir Singkat ke Sukabumi
Cara Mudah Pelesir Singkat ke Sukabumi

Dari Jakarta, perjalanan Anda akan dimulai dengan menaiki commuter line menuju Stasiun Bogor.

Want more?

Visit our site

Discover