Bandara Terunik Indonesia, Ada di Mana?

June 29, 2017 Chatarina Komala

Jalur udara, kerap dipilih pelancong sebagai transportasi paling cepat, nyaman, dan efektif, terutama untuk menjangkau wilayah yang jauh. Terdiri atas ribuan pulau, Indonesia menyediakan banyak bandara untuk memudahkan para pejalan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Menjadi tempat orang berlalu-lalang, wajar jika bandara--sebagai lokasi sibuk--didesain dengan unik dan senyaman mungkin. Indonesia sendiri memiliki beberapa bandara unik yang wajib Anda ketahui. Di mana saja? 

1. Wifi Tercepat di Dunia: Bandara Ngurah Rai

Foto: Detik News 

Bosan menunggu delay?

Jangan khawatir, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, ketika ada di Bandara Ngurah Rai. Salah satunya, berselancar di dunia maya. Wajar saja, dengan kecepatan unduhan mencapai 16,01 mbps, Bandara Ngurah Rai disebut-sebut bandara dengan akses wifi tercepat keenam di dunia. Apalagi, Bandara ini juga meraih predikat sebagai bandara terbaik ketujuh dunia, dengan jumlah pengunjung mencapai 15-25 juta per tahun. 

2. Paling Megah: Bandara Sepinggan

Foto: Kaltim Post

Ada banyak alasan, mengapa Bandara Sepinggan, Balikpapan didaulat sebagai bandara termegah di Indonesia. Ini mencakup sistem keamanan canggih, desain eco-airport yang futuristik, terintegrasi dengan boutique mall, airport cinema, hotel, serta gedung parkir berkapasitas hingga 2.300 unit kendaraan. 

3. Ada di Atas Air: Bandara Ahmad Yani

Foto: Angkasa Pura Airports

Sejak ditandatanganinya Kerja Sama Pemanfaatan (KSP), Bandara Ahmad Yani, Semarang hadir dengan konsep baru. Kendati belum sepenuhnya terwujud, bandara ini mengangkat tema floating airport yang dijamin ramah lingkungan. Adapun pengusungan tema baru ini sekaligus menandai Bandara Ahmad Yani sebagai bandara pertama di Indonesia yang dibangun di atas air.

4. Paling Sibuk di Indonesia: Bandara Soekarno Hatta

Foto: Tempo.co

Lebih dari 51 juta penumpang hilir-mudik di bandara ini setiap tahunnya. Tidak heran, jika Bandara Soekarno Hatta, lantas dijuluki sebagai bandara paling sibuk di Indonesia. Setidaknya, ada tiga terminal yang digunakan untuk lalu lintas maskapai penerbangan.  Untuk jalur penerbangan domestik, bisa menggunakan terminal satu dan dua; sementara untuk penerbangan internasional--Anda bisa langsung mengunjungi terminal dua. Adapun terminal tiga, dikhususkan untuk jalur penerbangan dengan maskapai termurah. 

5. Punya Akses Kereta Api: Bandara Kualanamu

Foto: Kabar Penumpang 

Ingin ke bandara naik kereta?

Silakan coba, bila Anda sedang maupun akan berkunjung ke Medan. Bandara Kualanamu, bahkan menjadi satu-satunya bandara yang terhubung dengan akses kereta api di Indonesia. Adapun selain kereta, bandara ini juga memiliki hotel transit yang penyewaannya bisa dilakukan dalam hitungan jam! 

6. Terbaik ke-10 di Dunia: Bandara Juanda

Foto: Info Surabaya 

Fasilitas lengkap, mulai dari tempat belanja, area makan, lokasi hiburan, hingga keramahan para staf menjadikan Bandara Juanda layak menyandang predikat bandara terbaik ke-10 dunia. Tidak heran, pengguna jasa bandara ini bisa mencapai 15 hingga 25 juta per tahunnya. 

7. Landasan Pacu Terpanjang: Bandara Hang Nadim

Foto: SINDO News 

Bandar Hang Nadim, menjadi andalan para wisatawan rute domestik, terlebih untuk menjangkau pulau-pulau kecil cakupan Provinsi Kepulauan Riau. Satu keunikan bandara ini, terletak pada predikat "landasan pacu terpanjang di Indonesia", yakni 4.025 meter. Kabarnya, bandara bahkan setara dengan Bandara Senai di Johor Bahru dan Bandara Changi di Singapura.  

Previous Article
Yuk, Santai Sejenak di Rumah Pohon
Yuk, Santai Sejenak di Rumah Pohon

Siapa, sih yang tidak ingin bangun di tengah udara bersih, suara kicau burung, gemercik air, hingga aroma s...

Next Article
Agar Balita Tak Rewel dalam Perjalanan Mudik
Agar Balita Tak Rewel dalam Perjalanan Mudik

Jarak perjalanan yang jauh dan lama, kurangnya aktivitas, rasa bosan hingga lelah kerap kali menjadi penyeb...

Want more?

Visit our site

Discover