Yuk, Santai Sejenak di Rumah Pohon

June 29, 2017 Chatarina Komala

Siapa, sih yang tidak ingin bangun di tengah udara bersih, suara kicau burung, gemercik air, hingga aroma segar pepohonan?

Untuk mendapatkan semuanya, Anda bahkan tidak perlu repot-repot kamping atau mendaki gunung. Satu cara yang menyenangkan, Anda  bisa menjajal langsung menginap di rumah pohon. Masuk dalam kategori negara beriklim tropis, Indonesia punya beragam spot rumah pohon yang cantik dan menenangkan. Di mana saja? 

1. Rumah Pohon Leo 

Foto: Harian Bogor 

Tidak seperti rumah pohon pada umumnya, di sana, Anda akan menemukan bata sebagai bahan konstruksi dinding--yang lantas dibuat menyerupai kayu. Letak Rumah Pohon Leo sendiri, ada di kawasan Taman Buah Mekarsari, Cileungsi.

Soal kenyamanan, rumah pohon ini dilengkapi dengan pendingin udara, perlengkapan barbeque, hingga kulkas mini. 

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi KM 03, Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jawa Barat.

2. Rumah Pohon Taman Safari, Cisarua

Foto: Taman Safari Bogor 

Nikmati sensasi bersantai di rumah pohon, dengan latar hutan tropis Gunung Gede Pangrango. 

Di bagian depan, Anda bisa menemukan taman yang indah, lengkap dengan jembatan gantung penghubung bagian tangga dengan teras. Adapun dengan kapasitas maksimal empat orang, rumah pohon ini memiliki dua buah kamar serta fasilitas menginap yang cukup lengkap. Tidak jauh di sana, Anda bahkan dapat mengunjungi Curug Jaksa; atau langsung melanjutkan perjalanan ke Taman Safari dengan harga khusus.

Lokasi: Taman Safari Indonesia, Jalan Raya Puncak No. 61, Cibeureum, Cisarua, Bogor 16750.

3. Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TMBK)

Foto: Jelajah Garut 

Menginap di kawasan hutan konservasi? Mengapa tidak?

Dengan kapasitas maksimal delapan orang, rasakan sensasi menginap di rumah pohon dengan latar hutan serta lanskap pegunungan yang masih asri. Selain menginap, Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas seperti bersepeda, hiking, kano, atau sekadar jalan-jalan ke kawasan penangkaran rusa. 

Lokasi: Kp. Leuwiliang, Desa Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung, Jawa Barat.

4. Rumah Pohon di Villa 

Foto: Trip Canvas 

Penat dari rutinitas khas kota besar dan ingin "kabur" sejenak?

Tidak perlu menjangkau tempat yang jauh. Anda bisa mengunjungi rumah pohon di Villa, Lembang sebagai solusinya. Apalagi, selain rumah pohon, ada beberapa aktivitas dan tempat wisata terdekat yang bisa Anda datangi, seperti Floating Market dan Tangkuban Perahu. 

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Kertawangi, Jawa Barat.

5. Omah Kayu Paralayang

Foto: Panduan Wisata Surabaya

Segarkan pikiran dan temukan inspirasi dengan menginap di Omah Kayu, Paralayang, Batu-Malang. 

Terletak di sebuah bukit berketinggian 1.340 mdpl, rumah pohon di sana juga dikelilingi oleh lanskap yang memukau serta udara sejuk yang masih bersih dan segar.  Dengan kapasitas maksimal tiga orang, rumah pohon di Omah Kayu juga menyediakan beragam peralatan tidur seperti ranjang, selimut, dan alat makan. Sebagai pelengkap, terdapat kamar mandi plus air panas dan layanan sarapan menggugah selera.

Lokasi: Songgokerto, Batu, Kota Batu, Jawa Timur.  

6. Rumah Pohon Taman Dayu

Foto: http://www.indonesia-tourism.com

Dari Kota Surabaya, Anda bisa menjangkau Rumah Pohon Taman Dayu kurang lebih satu hingga dua jam perjalanan. Letaknya, masih satu kawasan dengan Taman Rekreasi Dayu Pandaan.

Bagi yang tertarik untuk menginap, Rumah Pohon Taman Dayu menyediakan kamar sederhana--lengkap dengan tempat tidur, bantal, dan selimut. Adapun selain menginap, bersantai, dan menikmati suasana alam, Anda bisa mencoba ragam aktivitas lain seperti outbond, paintball, hiking, dsb.

Alamat: Jalan Raya Surabaya – Malang KM48, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

7. Magical Tree House  

Foto: Trip Canvas

Rerimbun pohon jati dan kapuk menjadi lokasi dibangunnya rumah pohon; memberikan sensasi alam bebas yang menenangkan. Wajar saja, rumah pohon yang dibangun dengan gaya vintage ini, mengusung konsep eco-resort ber-setting pedesaan. Di luar, Anda bahkan bisa menyaksikan lanskap persawahan Ubud yang memesona. 

Kendati dibangun dengan konsep alam bebas, ada beragam fasilitas khas hotel bintang lima bisa bisa Anda nikmati. Ini mencakup kolam, bathtub, spa, hingga air terjun pribadi? Ingin coba?

Lokasi: Jalan Raya Pengosekan, Ubud, Bali.

8. Green Village 

Foto: Green Village Bali

Tidak salah, jika Green Village pantas menyandang sebagai rumah pohon paling mewah dan artistik. Dengan desain yang spektakuler rancangan John Hardy, serta ragam fasilitas penunjang, dijamin, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan nyaman yang tak terlupakan. 

Di lantai atas, misalnya. Anda akan menemukan kantor, ruang media, hingga area bermain anak-anak. Selain itu, rumah pohon ini juga dilengkapi dengan pelayan pribadi yang siap melayani Anda kapan pun. Belum lagi, soal fasilitas taman dan kolam pribadi.

Bagi Anda yang ingin menginap, setidaknya ada empat kamar tidur, lengkap dengan kamar mandi, dapur, ruang makan, dan area untuk bersantai. 

Lokasi: Jalan Raya Sibang Kaja, Abiansemal, Bali.

 

 

Previous Article
15 Pilihan Vila dengan Private Pool di Bali
15 Pilihan Vila dengan Private Pool di Bali

Berikut adalah 15 pilihan vila dengan private pool untuk bersenang-senang selama di Bali.

Next Article
Bandara Terunik Indonesia, Ada di Mana?
Bandara Terunik Indonesia, Ada di Mana?

Jalur udara, kerap dipilih pelancong sebagai transportasi paling cepat, nyaman, dan efektif, terutama untuk...

Want more?

Visit our site

Discover