Sepuluh Destinasi Wisata Paling Seram di Dunia, Berani Coba?

July 14, 2017 Chatarina Komala

Setiap orang, pasti memiliki jenis destinasi wisata favoritnya sendiri. Ada yang gemar pergi ke gunung, pantai, area belanja, pedesaan, hingga wilayah bersejarah. Namun, bagaimana dengan mereka yang hobi wisata unik dan misterius?

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi wisata anti-mainstream, berikut adalah sepuluh destinasi wisata menyeramkan yang ada di dunia.

1. Lawang Sewu, Semarang, Indonesia

Foto: www.heritage.kereta-api.co.id

Maraknya proses shooting reality show misteri di tempat ini menjadi bukti, ada hal mistis yang "tersembunyi" di balik kemegahan gedung buatan kolonial Belanda ini. Adapun hal ini terkait dengan "masa lalu" Lawang Sewu.

Di masa pendudukan Jepang, misalnya. Lawang Sewu kerap digunakan sebagai markas utama, dengan lorong-lorong bawah tanah sebagai penjara paling menakutkan. Konon, di sanalah para tawanan akan disiksa dengan kejam, lalu kepala mereka dipenggal dan ditumpuk di sudut ruang.

2. Desa Trunyan, Bali, Indonesia

Foto: www.sinarharapan.net

Tidak seperti pemakaman pada umumnya, di sini, jenazah tidak dikubur maupun dikremasi. Berlokasi di tepi Danau Batur, warga desa ini justru punya tradisi unik, yakni membiarkan jenazah membusuk dalam "kandang" bambu yang didirikan di sekitar pohon trunyan. 

Alih-alih berbau busuk, aroma wangi pohon akan secara alami menyamarkan dan menutup aroma jenazah. Nah, begitu sudah terurai, sisa-sisa tengkorak dan tulang-belulangnya akan ditata rapi di bagian bawah pura.

3. Tebing Batu Londa, Tana Toraja, Indonesia

Foto: www.torajaparadise.com

Bagi masyarakat Toraja, kematian bukanlah satu hal yang menakutkan. Sebaliknya, selain menyimpan jenazah dan memperlakukan mereka seperti masih hidup, prosesi pemakaman juga dirayakan dengan besar-besaran. Puncaknya, yakni dengan membawa dan memakamkan jenazah tersebut di lubang-lubang khusus di satu bukit batu.

Ingin mengeksplorasi Tana Toraja dan sekitarnya? Cek informasinya di sini:

4. The Karni Mata Temple, India

Foto: www.people.howstuffworks.com

Kuil Karni Matta, bisa jadi satu destinasi yang "mengerikan" bagi mereka si pembenci hewan pengerat yang satu ini. Terletak 30 km dari Binaker, Rajashtan, India--ada ribuan tikus (bahkan mencapai 20 ribu) yang menghuni kuil ini!

Alih-alih diusir dan dipinggirkan, tikus-tikus ini begitu diistimewakan, lho. Setiap harinya, mereka mendapat banyak makanan, susu, hingga biji-bijian.   

5. Avanos Hair Museum, Cappadocia, Turki

Foto: www.the-ossuary.com

Lebih dari 16 ribu contoh rambut tersusun di museum ini. Saking uniknya, hal ini bahkan telah masuk dalam catatan  Guinness Book World of Records. Konon, ide museum ini muncul saat si pemilik mengadakan pesta perpisahan dengan teman perempuannya. Agar si pemilik terus mengingatnya, si perempuan lantas memotong rambut dan meninggalkannya sebagai kenang-kenangan.

6. Door to Hell (Pintu Neraka), Turkemenistan

Foto: Tornod Sandtorv, Wikimedia

Bukannya membuat ladang minyak terbesar di Turkemenistan, ide sekelompok ilmuwan Soviet (1971) untuk membuat rig pengeboran justru menciptakan satu kawah besar yang mengerikan.

 Faktanya, tanah yang berada di bawah rig tersebut justru merupakan ladang gas alam besar, yang runtuh dan menelan seluruh rig serta area perkemahan. Lantaran khawatir gas metana beracun dapat menyebar, mereka lantas membakar kawah tersebut dengan harapan, api akan membakar gar tersebut hingga habis.

Sayangnya, hingga hari ini kawah berkedalaman 30 meter dan lebar 70 meter terus terbakar. Penduduk setempat kemudian menamai kawah tersebut sebagai "Door to Hell" atau "Pintu Menuju Neraka". 

7. Catacombe dei Cappuccini, Italia

Foto: www.casa-cucina.net

Di Italia, ada satu lorong bawah tanah yang digunakan untuk pemakaman dan tempat perlindungan. Uniknya, di sana tersimpan ribuan mumi yang diawetkan--yang mayoritas berasal dari tahun 1500 sampai 1920-an. Meski kini dibuka untuk umum, ada larangan untuk memotret pada bagian dalam ruangan.

8. Gereja Sedlec Ossuary, Ceko  

Foto: www.media.cntraveler.com

 Alih-alih dikubur dalam-dalam, tulang-belulang dari kerangka manusia justru dipajang dalam sebuah gereja. Mulanya, kerangka tulang tersebut adalah hasil galian makam di Sedlec, pada abad ke-15 akibat Perang Salib (1419-1434). 

Di tahun 1500-an, area pekuburan rusak sehingga ribuan tulang-belulang ditumpuk dan dibiarkan begitu saja. Dari sana, timbul ide untuk merapikan tulang dan membentuknya hingga menjadi hiasan dalam kapel. 

9. Isla de las Munecas (Pulau Boneka), Meksiko

Foto: www.arounddeglobe.com

Bayangkan ratusan boneka usang, kotor, tanpa kepala dan tidak terawat digantung serta diikat di pohon, selama lebih dari 50 tahun. 

Hal ini dilakukan untuk "menenangkan" arwah gadis kecil yang tenggelam di danau pulau tersebut. Konon, sebelumnya arwah si gadis terus menghantui Don Julian Santana Barrera, satu-satunya penghuni pulau tersebut. 

Suatu saat, ia menemukan boneka yang hanyut di perairan sekitar pulau. Boneka tersebut, lantas digantung di atas pohon sebagai "teman bermain" si arwah anak kecil. 

10. Snake Island (Pulau Ular), Brazil

Foto: www.boredomtherapy.com

Terletak 33 kilometer dari Sao Paolo, Brazil, setidaknya ada lebih dari empat ribu ular berbisa yang menghuni pulau ini. Adapun untuk melindungi ular dari manusia dan sebaliknya, pemerintah setempat menutup pulau ini sejak tahun 1920.

 

Previous Article
Selain Bali, Inilah Delapan Destinasi Lokal Favorit Artis Dunia
Selain Bali, Inilah Delapan Destinasi Lokal Favorit Artis Dunia

Berencana ingin pelesir ke luar negeri? Mengapa tidak lebih dulu mengunjungi wilayah-wilayah indah nan ters...

Next Article
Libur Akhir Pekan, Ayo Menginap di 12 Hotel Paling Unik Ini!
Libur Akhir Pekan, Ayo Menginap di 12 Hotel Paling Unik Ini!

Indonesia memiliki 12 hotel unik yang patut dicoba. Penasaran?

Want more?

Visit our site

Discover