Lika-Liku Mendapatkan e-Visa Armenia

July 27, 2017 arievrahman

Malam itu, kala sedang mengantre pembayaran di Big Bad Wolf Jakarta 2017, saya mendapat kabar buruk. Bukan, bukan kabar buruk bahwa antrean preview sale malam itu sangat parah yang mengakibatkan para pengantre harus bersabar selama lebih dari dua jam sebelum bisa melakukan pembayaran, namun sebuah kabar mengenai aplikasi Visa Armenia yang saya ajukan dua hari sebelumnya.

 

Your E-VISA application is DECLINED. Saya membaca kembali email tersebut, dan huruf-huruf yang terdapat di sana masih tetap sama. Tidak ada yang berubah, dari DECLINED menjadi APPROVED. Sebuah hal yang wajar, mengingat saya tidak tinggal di negeri dongeng.

 

“Yah, visa Armeniaku ditolak.” Gerutu saya, yang menambah situasi antrean malam itu menjadi semakin buruk. “Huvt.”

e-visa Armenia

Mengapa sih, kok bisa sampai ditolak? Entahlah, saya hanya mengajukan e-visa sebagaimana biasanya, mengisi permohonan dengan baik dan jujur, tanpa ada tambahan kata-kata kotor yang mengarah ke penistaan, pencemaran nama baik, dan perbuatan tidak menyenangkan.

 

Memangnya, bagaimana cara mengajukan e-Visa Armenia ini? Mudah kok, yang jelas kamu harus terlebih dahulu masuk ke website resmi pengajuan e-visa tersebut, yaitu: evisa.mfa.am

 

Untuk yang baru pertama kali mengunjungi website tersebut mungkin akan proses masuk (loadinghalaman) akan terasa sedikit lambat, namun tetaplah bersabar, karena sabar adalah kunci mencapai Ridha Ilahi. Setelah berhasil masuk, tanpa ena-ena, langsung saja klik “Apply for E-Visa” dan kamu akan dibawa ke halaman pengajuan berikut ini.

Catatan: Sebelum memulai mengisi, sebaiknya siapkan dulu softcopy foto dan scan halaman depan paspor kamu, pada laptop/PC Warnet tempat kamu online.

 

I. Document type and country

Halaman pertama yang akan kamu temui bertajuk “Check your Eligibility” atau kurang lebih bertanya mengenai kelayakan kamu mendapatkan e-visa ini. Pada dasarnya, sebagai Warga Negara Indonesia, kamu berhak kok mendapatkan e-Visa Armenia.

e-Visa Armenia

Pilihlah “Indonesia” pada kolom Citizenship juga “Ordinary Passport” pada kolom ID type, kemudian tuliskan alamat email kamu pada kolom berikutnya, dan cocokkan juga Captcha yang tersedia.

 

Setelah kamu mengklik “Next” maka sistem akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat emailyang telah kamu daftarkan sebelumnya. Ingat, email konfirmasi ini hanya akan valid selama 24 jam, dan apabila kamu belum mengkonfirmasi pada jangka waktu tersebut, maka kamu diharuskan untuk mengajukan permohonan baru lagi.

 

Cek langsung Inbox pada email kamu, apabila kamu belum menemukannya, mungkin saja email tersebut masuk ke folder Spam, atau bisa saja kamu yang salah memasukkan alamat email.

II. Requested details

Berikutnya –tentunya setalah kamu melakukan konfirmasi pendaftaran melalui email, maka kamu dapat melaju ke halaman berikutnya. Halaman berikut ini adalah halaman yang paling kepo, karena akan bertanya mengenai informasi tentang kamu yang bersifat pribadi.

Passport Information

e-Visa Armenia

Yang pertama, kamu akan ditanya informasi seputar paspor, sebuah dokumen penting yang digunakan sebagai identitas ketika kamu bepergian ke luar negeri. Tenang, pertanyaannya juga gampang kok, semua jawaban juga ada di paspor, sehingga tidak perlu melihat contekan di paha. Paha ayam KFC.

Passport number: Masukkan nomor paspor kamu, biasanya diawali dengan huruf dan tujuh angka di belakangnya.

Male/Female: Pilih salah satu jenis kelaminmu, jangan dua-duanya. Male untuk pria, dan female untuk wanita.

Issued On: Tuliskan tempat dikeluarkannya paspor kamu, nama daerahnya bukan cuma “kantor imigrasi”.

Expiration date: Tanggal akhir berlakunya paspor kamu, biasanya ada di bagian kanan bawah paspor. Formatnya dd/mm/yyyy – tanggal/bulan/tahun.

Given name: Isikan nama depan kamu, misal namamu Michael Arif Rahman, isilah dengan ‘Michael’.

Surname: Isikan dengan nama keluarga atau kata terakhir pada namamu, pada kasus di atas, maka jawabannya adalah ‘Rahman’.

Middle name: Isikan nama tengah kamu apabila ada, nama tengah ya, bukan jari tengah. Pada kasus di atas, jawabannya adalah ‘Arif’.

Birth date: Tanggal lahir, yang seharusnya kamu ingat. Di samping tanggal jadian, tentunya.

Read more...

Previous Article
Membandingkan Tur Stadion Liverpool FC dan Manchester United
Membandingkan Tur Stadion Liverpool FC dan Manchester United

Ada berbagai alasan orang berwisata ke Inggris, ada yang penasaran dan ingin melihat Stonehenge dari dekat ...

Next Article
Portuguese Egg Tarts, and Where to Find Them (in Macau)
Portuguese Egg Tarts, and Where to Find Them (in Macau)

There are three things that remind me of Macau. Sparkling casino, Ruins of the majestic St. Paul’s Church, ...