16 Hal Tak Terduga yang Bisa Anda Lakukan di Ubud, Bali

July 28, 2017 Chatarina Komala

Kian populer sejak film Eat Pray Love, destinasi Bali bukan cuma soal pantai, lho. Jauh dari ingar-bingar Kuta dan Legian, Ubud bisa jadi satu rekomendasi wisata yang pas, terutama bagi Anda si pecinta seni, budaya, dan ketenangan.  

Nah, jika dalam filmnya, Julia Roberts gemar bersepeda di jalan persawahan Ubud, berikut adalah 16 hal tidak terduga yang bisa Anda lakukan di sana. 

(Baca juga: 11 Hotel Trendi di Seminyak)

1. Bertamu di "Kerajaan Monyet", Monkey Forest

Ilustrasi: www.monkeyforestubud.com

Monkey Forest--menjadi satu tempat wisata populer yang begitu diminati turis. Selain menjadi rumah bagi ratusan ekor kera panjang, Anda juga bisa menjumpai tiga bangunan pura, yakni Pura Dalem Agung Padangtegal (Temple of the Deaths), Pura Tirta(Holy Bathing Temple), serta Pura Prajapati (tempat pemakaman sementara dan pelaksanaan Ngaben).

2. Santapan Nonhalal di Babi Guling Ibu Oka

Ilustrasi: www.water-sport-bali.com

Di Bali, menu Babi Guling sangat populer dan lazim disajikan untuk upacara adat dan keagamaan. Namun, di luar itu, Anda juga bisa lho mencicipi kelezatan daging babi panggang ini.  Terletak di Jalan Suweta (seberang Puri Ubud), ingat ya, menu ini enggak halal!

3. Berbelanja Murah di Pasar Tradisional Ubud

Ilustrasi: www.balitravelexpert.com

Pasar Tradisional Ubud, buka sejak pukul sembilan pagi, dan di siang hari--berubah menjadi pasar seni. Di sana, Anda bisa mendapatkan aneka pernak-pernik kerajinan, bakal oleh-oleh untuk orang terdekat. Apalagi, Anda juga bisa melakukan tawar-menawar harga... 

4. Mengabadikan Momentum di Tegalalang  

Ilustrasi: www.balistarisland.com

Daripada cuma melihatnya dalam iklan pariwisata Bali, Anda bisa mengunjungi undakan area persawahan yang cantik di Desa Tegalalang. Hanya 15 menit berkendara dari pusat Kota Ubud, bersantailah sejenak dengan nongkrong di warung kecil dan kafe sembari minum kopi.

5. Menonton Sajian Tarian Bali

Ilustrasi: www.balimediainfo.com

Sebagai pusat budaya Bali, tidak heran jika akan ada aneka pertunjukan tari Bali di setiap malam. Biasanya, pertunjukan akan dilakukan di balai terbuka yang luas dan besar--selama setidaknya 1,5 jam. Nah, jika Anda sedang atau berencana berkunjung ke Ubud, jangan lupa menyaksikan pertunjukan tari Kecak, Legong, dan Barong, ya. 

6. Belajar Melukis dan Membatik

Ilustrasi: www.news.lewatmana.com

Ubud memang destinasi liburan yang pas, khususnya bagi Anda pecinta seni. Menariknya, beberapa galeri seni di sana juga menyediakan beberapa kursus, seperti membuat ukuran, patung, melukis, hingga membatik, lho. 

7. Menikmati Keindahan  Pura Taman Saraswati  

Ilustrasi: www.baliholidaystours.com

Dipersembahkan bagi Dewi Saraswati, Anda bisa singgah dan menenangkan diri di pura cantik ini saat berkunjung ke Ubud.

8. Menjelajahi Museum dan Galeri

Ilustrasi: www.armabali.com

Berkunjung ke Ubud, belumlah lengkap tanpa singgah sejenak di aneka museum dan galeri seninya. Beberapa rekomendasi, yakni Museum Puri Lukisan, Neka Museum, Agung Rai Museum, Antonio Blanco Museum, serta Rudana Museum.

9. Menjadi Sehat di Bali Buda

Ilustrasi: www.balibuda.com

Berlokasi di Jalan Jembawan, sebetulnya Bali Buda merupakan lokasi nongkrong  penduduk setempat, maupun wisatawan. Menariknya, kafe yang satu ini fokus pada makanan sehat dan bergizi, tanpa harus "mengabaikan" kelezatan. Mau coba?

10. Menyusuri Lanskap Cantik Bukit Campuhan

Ilustrasi: https://seeties.me/

Keindahan alam Ubud, rasanya memang tidak perlu diragukan lagi. Selain sengkedan (subak)  yang menyegarkan, Anda bisa langsung datang ke Bukit Campuhan--satu spot romantis menikmati Matahari terbit dan tenggelam.

Entah sambil bersepeda atau justru trekking, jangan lewatkan kecantikan sisi Bukit Campuhan yang ditumbuhi ilalang. Sangat cocok untuk mengambil foto estetis, bahkan mengambil momentum pre-wedding Anda. 

11. Wisata Adrenalin di Sungai Ayung

Ilustrasi: www.water-sport-bali.com

Rafting di Sungai Ayung bisa menjadi satu rekomendasi wisata adrenalin yang layak coba, lho. Selain menantang, jenis olahraga ini juga tergolong aman--sebab Anda akan didampingi instruktur berpengalaman. 

12. Menjadi Saksi Semarak Upacara Ngaben

Ilustrasi: www.thelokhaubud.com

Baik Ngaben, atau upacara adat lainnya, merupakan pemandangan yang lumrah Anda temukan di Ubud. Bagi warga Bali, Upacara Ngaben sendiri digelar sebagai "pengantar" kerabat yang meninggal, supaya arwahnya menuju nirwana. 

Biasanya, ratusan orang akan terlibat dalam Upacara Ngaben. Fungsinya beragam, seperti mengangkat bade, hingga mempersiapkan lokasi acara. Adapun upacara ini tidak serta-merta langsung dilakukan, sebab persiapannya membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit.

13. Relaksasi di Yoga Barn

Ilustrasi: www.topindonesiaholidays.com

Tidak ada salahnya, memanfaatkan udara segar dan ketenangan pagi Ubud untuk beryoga. Sekalipun, Anda belum pernah menjajal yoga. Nah, jika beruntung, Anda bahkan bisa beryoga bersama pengunjung lain, bahkan turis asing.

Kendati sebagian besar hotel menyediakan fasilitas ini, Anda bisa menjajal aktivitas yoga di Yoga Barn. Hadir dengan desain khas Bali, Yoga Barn menjadi lokasi terbaik yoga di Ubud, dengan rangkaian kelas reguler, workshop, dan meditasi.

Lokasi: PT Yoga Barn, Jalan Raya Pengosekan, Ubud, Bali.

14. Menyelami Bali di Nyuh Kuning Village

Ilustrasi: olgaelisa.com

Sedikit bergerak dari Monkey Forest, Anda bisa mengunjungi Nyuh Kuning Village--salah satu desa di Ubud yang masih menjunjung tinggi tradisi dan adat istiadatnya. Di sini, Anda dapat melihat kehidupan masyarakat Bali yang sesungguhnya. Apalagi, lingkungannya pun sangat asri dan sejuk.

Nyuh Kuning Village adalah salah satu desa di kawasan Ubud yang masih memegang teguh tradisi dan adat istiadat. Jadi, kamu bisa melihat kehidupan Bali yang sesungguhnya di sana. Letaknya cukup strategis karena berada tepat di belakang Monkey Forest. Tempatnya sangat asri dan sejuk, makanya cocok banget buat dijadikan sebagai tempat main sepeda.

15. Menginap Sembari Eco Tour di Green Village Bali

Ilustrasi: www.inhabitat.com

Dengan desain yang spektakuler rancangan John Hardy, serta ragam fasilitas penunjang, dijamin, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan nyaman yang tak terlupakan. 

Di lantai atas, misalnya. Anda akan menemukan kantor, ruang media, hingga area bermain anak-anak. Selain itu, rumah pohon ini juga dilengkapi dengan pelayan pribadi yang siap melayani Anda kapan pun. Belum lagi, soal fasilitas taman dan kolam pribadi...

Lokasi: Jl. Tanah Ayu, Sibang Gede, Abiansemal, Badung, Bali.

(Baca juga: 15 Hotel di Bali Yang Strategis dengan Harga Terjangkau)

16. Menyesap Cita Rasa Kopi Terbaik Bali di Seniman Coffee Studio

Ilustrasi: @senimancoffee 

Berlokasi di pusat Kota Ubud, sesap cita rasa kopi Bali terbaik di Seniman Coffee Studio. Nah, jika punya banyak waktu, sempatkan diri mengunjungi beberapa perkebunan kopi dan melihat langsung proses pengolahan kopi--mulai dari penggilingan, roasting, hingga diracik, dan siap dihidangkan di hadapan Anda. 

Lokasi: Jalan Sriwedari No.5, Ubud, Bali.

Previous Article
Mengintip Surga “Hijau” Tersembunyi di Surabaya
Mengintip Surga “Hijau” Tersembunyi di Surabaya

Surabaya, bukan hanya soal Tunjungan. Sedikit bergeser dari sana, Anda bisa menemukan beragam surga tersemb...

Next Article
Menyepi di Delapan Resor Terpencil Dunia
Menyepi di Delapan Resor Terpencil Dunia

Delapan resor ini cocok bagi Anda si pecinta privasi dan ketenangan.

Want more?

Visit our site

Discover