Mengintip Surga “Hijau” Tersembunyi di Surabaya

August 1, 2017 Chatarina Komala

Surabaya, bukan hanya soal Tunjungan. Sedikit bergeser dari sana, Anda bisa menemukan beragam surga tersembunyi di Kota Pahlawan ini. Di mana saja?

Gedung tinggi, pun suhu yang menyengat—mungkin jadi dua hal yang identik dengan Kota Surabaya. Wajar saja, menyandang status kota metropolitan (bahkan kedua setelah Jakarta), Surabaya pun tak lekang dari hiruk pikuk dan keramaian khas ibukota.

Namun, serupa oasis di tengah padang gersang, Surabaya juga punya, lho sejumlah destinasi hijau yang memikat mata. Penasaran?

1. Taman Sakura Keputih

Foto: www.pergipiknik.com

Entah sekadar menikmati pemandangan, atau justru menjadikannya sebagai spot foto, banyak orang mengakui, berada di Taman Sakura Keputih mirip seperti ada di kebun bunga Belanda. Bahkan, keindahan varietas bunga lokal yang sedang mekar, tidak kalah dengan kebun tulip di Belanda, lho!

2. Hutan Bambu Keputih

Foto: www.koperwisata.id

Siapa sangka, tempat pembuangan akhir sampah dari seluruh Kota Surabaya, kini menjelma menjadi satu hutan cantik, incaran pemburu selfie?

Masih berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo—di Hutan Bambu Keputih ini, Anda bisa menemukan ragam spot dengan latar belakang pohon bambu yang hijau dan rindang. Tidak heran, jika banyak pasangan datang ke sini untuk foto pre-wedding. Belum lagi, soal udara sejuk yang sebetulnya “kontras” dengan cuaca di Surabaya…

3. Taman Flora  

Foto: www.hellosurabaya.com

Sesuai namanya, di sana Anda akan menemukan beragam koleksi flora, meliputi teh-tehan, telo-teloan, gandarusa, dan masih banyak lagi. Adapun selain menikmati suasana taman yang asri dan rindang, Anda juga dapat ber­-wifi ria, lho. Pasalnya, taman yang dijuluki sebagai Techno Park ini juga dilengkapi dengan akses internet canggih, bahkan enam personal computer (PC).   

4. Taman Prestasi

Foto: www.lenteraaspirasi.com

Di tengah salah satu “sumber oksigen” Kota Surabaya ini, Anda bisa menambah wawasan dengan menyaksikan beragam prestasi yang pernah diraih oleh Kota Surabaya, mencakup Adipura Kencana, Wahana Tata Nugraha, dan masih banyak lagi. Apalagi, Taman Prestasi ini juga dekat dnegan Kalimas, sehingga Anda bisa sekaligus berpetualang menyusuri sungai dengan perahu dayung.

5. Taman Pelangi

Foto: www.surabayaonline.co

Tampak khas dengan jajaran 31 tiang menyerupai ruas daun, keindahan Taman Pelangi akan sangat kentara begitu senja datang. Pada saat itu, tiang-tiang tersebut akan memancarkan warna pelangi yang memanja mata. Adapun keindahan Taman Pelangi bukan hanya bisa dinikmati saat malam hari. Di siang hari, misalnya—Anda akan menyaksikan keasrian taman ini dengan pepohonan asri yang mengelilinginya.

(Baca juga: 5 Tempat Makan Siang Enak & On Budget di Surabaya!)

6. Jembatan Suramadu

Foto: www.nettik.net

Memiliki panjang sekitar 5.438 meter, tidak heran jika jembatan yang melintasi Selat Madura, pun menghubungkan Pulau Jawa dan Madura ini jadi yang terpanjang di Indonesia. Nah, selain duduk-duduk menghabiskan waktu, di sana Anda juga bisa menjajal aneka kuliner, atau justru mengikuti tur penjelajahan ke bangunan jembatan.

7. Ciputra Waterpark

Foto: www.wisatasurabaya.50webs.com

Selepas “berpanas-panas” keliling Kota Surabaya, tidak ada salahnya ngadem sejenak di Ciputra Waterpark, Berdiri di atas lahan seluas lima hectare, wana wisata air ini rupanya menjadi yang terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara!

8. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Foto: www.sisidunia.com

Berlokasi di Jalan Raya Wonorejo No.1 Rungkut, Surabaya, Ekowisata Mangrove Wonorejo bisa menjadi satu tempat menyalurkan kepedulian Anda terhadap upaya pelestarian lingkungan. Apalagi, hutan lindung ini juga menjadi rumah bagi 30 spesies binatang yang dilindungi, pun lokasi persinggahan burung pantai.  

Adapun tidak hanya sekadar jalan-jalan atau piknik bersama, di sana, terdapat pula beragam program positif seperti halnya menanam bakau.  

9. Surabaya North Quay

Foto: www.thetravellernews.com

Lokasinya memang baru dikembangkan. Namun, Surabaya North Quay bisa jadi satu rekomendasi “hiburan tersembunyi” di Kota Surabaya, lho. Dengan latar kapal mewah, pun pemandangan laut dan Jembatan Suramadu yang romantis, lokasi ini juga dilengkapi dengan beragam hiburan meliputi live music, atraksi seni, pameran produk lokal, hingga pasar kuliner.

10. Jalan Kembang Jepun

Foto: www.surabaya.panduanwisata.id

Kendati pernah dicap negatif, Kembang Jepun (Jalan Kembang Jepun) bisa Anda jadikan satu destinasi liburan saat ada di Kota Surabaya. Apalagi, lokasi ini merupakan salah satu wilayah tertua dan bersejarah di Surabaya. Adapun seperti halnya pecinan pada umumnya, di sana Anda bisa menemukan banyak toko maupun kedai kuliner. 

 

Private Day Tour Old Surabaya Seharga Rp3 Jutaan?

 

Previous Article
Tak Perlu Jauh-jauh, 16 Tempat di Indonesia Ini Mirip Destinasi Mancanegara!
Tak Perlu Jauh-jauh, 16 Tempat di Indonesia Ini Mirip Destinasi Mancanegara!

Enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Toh, ada beberapa daerah yang punya tempat wisata menyerupai destina...

Next Article
16 Hal Tak Terduga yang Bisa Anda Lakukan di Ubud, Bali
16 Hal Tak Terduga yang Bisa Anda Lakukan di Ubud, Bali

Nah, jika dalam Eat Pray Love, Julia Roberts gemar bersepeda di jalan persawahan Ubud, berikut adalah 16 ha...

Want more?

Visit our site

Discover