Tak Perlu Jauh-jauh, 16 Tempat di Indonesia Ini Mirip Destinasi Mancanegara!

August 3, 2017 Chatarina Komala

Enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Toh, ada beberapa daerah yang punya tempat wisata menyerupai destinasi mancanegara, atau bahkan lebih indah. Apa saja?

(Baca juga: 10 Destinasi Yang Bakal Jadi BIG TREND 2017)

1. Jam Gadang Bukittinggi vs Big Ben Inggris

Foto: www.gowestsumatra.blogspot.co.id

Tidak heran jika landmark Kota Bukittinggi ini disebut-sebut mirip dengan Big Ben, di London, Inggris. Kabarnya, menara jam dengan ketinggia 26 meter ini memiliki mesin yang sama dengan Big Ben, lho. 

2. Masjid Agung An Nur vs Taj Mahal

Foto: www.klikriau.com

Taj Mahal, memang ada di India. Namun, Anda bisa menemukan destinasi serupa, di Masjid An Nur, Pekanbaru, Riau.

3. Punthuk Setumbu, Magelang vs Bagan, Myanmar

Foto: www.goborobudur.com

Puthuk Setumbu, dikenal sebagai satu bukit untuk menikmati Matahari terbit, dengan latar Candi Borobudur. Trekking sebentar menuju puncak bukit, Anda akan menikmati paduan sinar Matahari yang merangkak naik, kabut yang hilang pelan-pelan, hingga “semarak” hijau pepohonan lebat di sekeliling Candi Borobudur. Nah, rupanya bukan cuma di Indonesia. Pemandangan serupa bisa Anda saksikan di Bagan, Myanmar.

4. Pagoda Vihara Buddhagaya Watugong vs Pagoda Sun Moon Lake, Taiwan

Foto: www.indonesia-tourism.com

Sempat dikukuhkan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia, keindahan Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang ini bahkan pernah dianggap menyerupai Pagoda Sun Moon Lake di Taiwan.

5. Candi Sukuh vs Piramida Maya Chichen Itza, Meksiko

Foto: www.pegipegi.com

Berbeda dengan konstruksi candi Hindu di Jawa, Candi Sukuh memiliki karakteristik berbentuk piramida; hampir mirip seperti candi penggalan suku Maya bernama Chichen Itza, Meksiko. Anda bisa mengunjungi Candi Sukuh di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah.

(Baca juga: 11 Destinasi di Indonesia Yang Harus Kamu Antisipasi Sepanjang 2017)

6. Patung Budha Tidur, Trowulan vs Patung Budha Wat Pho, Thailand

Foto: www.travel.tempo.co

Dengan panjang 22 meter, lebar enam meter, dan tinggi sekitar 4,5 meter, patung Buddha Tidur di Trowulan, Mojokerto menjadi patung sleeping Buddha terbesar di Indonesia, bahkan terbesar ketiga di dunia setelah Thailand (Wat Pho) dan Nepal.

7. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri vs Arc De Triomphe, Prancis

Foto: www.telusurindonesia.com

Baru diresmikan (2008), tampilan Monumen Simpang Lima Gumul memang terlihat seperti Arc De Triomphe, di Prancis. Adapun bangunan berbentuk kubus dengan beberapa “lorong” di tengahnya ini menjadi landmark Kota Kediri, manakala Arc De Triomphe, Prancis—sesungguhnya merupakan bangunan buatan Napoleon Bonaparte untuk menghormati para tentaranya.

8. Sungai Maron, Pacitan vs Sungai Amazon, Brazil

Foto: www.tabloidwisata.com

Menyusuri aliran Sungai Maron yang tenang, pun panorama hijaunya dedaunan mungkin sejenak akan mengingatkan Anda pada gambaran Sungai Amazon, Brazil. Kendati belum pernah ke sana, “kembaran” Sungai Amazon ini bisa Anda kunjungi dengan mudah di Desa Maron, Pacitan, Jawa Timur.

9. Gua Gong, Pacitan vs Gua Phong Nha di Vietnam

Foto: www.menikmatiindonesia.com

Masuk dalam kategori gua terbesar se-Asia Tenggara, pesona Gua Gong Pacitan tidak kalah dari Gua Phong Nha, Vietnam. Di dalanya, Anda bisa menyaksikan stalaktit dan stalagmit di rongga udara/menonjol dari tanah; pun sentuhan gemerlap lampu warna-warni yang indah.

10. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur vs Taman Nasional Serengeti, Afrika

Foto: ww.wbalurannationalpark.web.id 

Ingin menikmati keindahan sabana, lengkap dengan keberadaan hewan liar bercengkrama?

Menariknya, pemandangan itu bukan hanya milik Afrika. Di Indonesia, Anda juga dapat menikmati sensasi serupa—dengan mendatangi Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur.

11. Bukit Jaddih Madura vs Cappadocia, Turki

Foto: www.tripadvisor.ie

Tak perlu jauh-jauh ke Turki, untuk melihat keindahan Cappadocia—yang populer dengan “Kota Batu”-nya. Hanya beranjak sedikit dari Pulau Jawa, Anda bisa mengunjungi Bukit Jaddih, di Kecamatan Bangkalan, Madura. Mulanya, tempat ini adalah lokasi pertambangan kapur. Nah, aktivitas tambang itulah yang lantas menciptakan beberapa lubang besar dan menyerupai gua—hampir mirip seperti suasana di Cappadocia.

12. Patung Singa Bontang, Kalimantan dan Patung Merlion, Singapura

Foto: www.sekedarinfo.com

Belum kesampaian foto di depan patung Merlion, Singapura? Mungkin Anda bisa pelesir sejenak ke Kota Bontang—tepatnya di Singapore Café, Tanjung Laut, Kalimantan Timur. Di sana, Anda bisa menjumpai patung singa putih yang tinggi besar, lengkap dengan air mancurnya.  

13. Jembatan Kutai Kartanegara vs Jembatan Golden Gate, San Fransisco

Foto: http://kaltim.tribunnews.com

Tidak heran, jika Jembatan Kutai Kartanegara didaulat menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Pasalnya, melintas di atas Sungai Mahakam, jembatan ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 710 meter; dengan area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter. Wajar saja, jika banyak orang lantas menyamakan jembatan ini dengan Golden Gate, San Fransisco.

14. Patung Yesus Buntu Burake, Toraja vs Christ the Redeemer, Brazil

Foto: www.makassar.tribunnews.com

Jika Brazil populer dengan patung Yesus terbesar, maka Indonesia juga memiliki patung Yesus tertinggi di dunia. Letaknya, ada di makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Adapun dengan tinggi tubuh sekitar 45 meter, patung tersebut berdiri di atas bukit setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut. Nah, untuk menjangkau patung, Anda bisa mendaki sekitar tujuh ribu anak tangga, atau justru mengendarai mobil menuju puncak bukit.

15. Pantai Ora, Maluku vs Maladewa  

Foto: www.viva.co.id

Lanskap pantai yang tenang, keberadaan laguna, air laut biru nan jernih, pun banyaknya model penginapan atas air, menjadikan Pantai Ora “Maladewa”-nya, Indonesia. Nah, jika Anda belum punya kesempatan mengunjungi Maladewa, bisa langsung rencanakan perjalanan ke Pantai Ora, Maluku.

(Baca juga: 5 Tempat Wisata Anti-Mainstream di Indonesia yang WAJIB Dikunjungi!​)

16. Raja Ampat, Papua vs Phi Phi Island, Thailand

Foto: www.indonesia.travel

Menjadi salah satu destinasi paling indah di dunia, pesona Raja Ampat memang tidak perlu diragukan lagi. Populer dengan wisata bahari, pun keindahan taman bawah lautnya, banyak orang sepakat “menyamakan” Raja Ampat, dengan Phi Phi Island, Thailand. Bahkan, tidak sedikit orang yang menganggap Raja Ampat lebih indah ketimbang Phi Phi Island, lho.

Previous Article
Lima Hari Empat Malam Menjelajah Makassar
Lima Hari Empat Malam Menjelajah Makassar

Menyandang status sebagai kota metropolitan di Indonesia, Makassar bukan cuma soal masyarakatnya yang heter...

Next Article
Mengintip Surga “Hijau” Tersembunyi di Surabaya
Mengintip Surga “Hijau” Tersembunyi di Surabaya

Surabaya, bukan hanya soal Tunjungan. Sedikit bergeser dari sana, Anda bisa menemukan beragam surga tersemb...

Want more?

Visit our site

Discover