Kamping di Pantai Tersembunyi Gunungkidul

August 22, 2017 Chatarina Komala

Bagaimana rasanya menginap di hotel ‘bintang seribu’? Benar-benar berlangit ribuan bintang sungguhan; tidur di hamparan pasir yang lembut; serta ditemani “backsound” debur ombak yang menenangkan.

Tidak heran, jika kamping di pantai, kerap dijadikan satu alternatif liburan yang menyenangkan. Apalagi, bagi mereka yang gemar menikmati alam. Tanpa harus capek mendaki gunung, berikut 18 rekomendasi pantai eksotis di Gunungkidul, Yogyakarta yang bisa Anda jadikan tempat kamping di akhir pekan.

(Baca juga: Segarkan Pikiran Dengan Kemping)

1. Bukit Pengilon

Foto: www.wisatalova.com

Menikmati laut tidak melulu harus dari pinggir pantainya. Anda, bahkan bisa mengagumi keindahannya dari atas bukit—salah satunya di Bukit Pengilon. Hamparan rumput hijau yang segar, berpadu serasi dengan biru laut yang cerah, bisa jadi alternatif meringankan stres akibat rutinitas harian. Hanya saja, Bukit Pengilon belum dilengkapi banyak fasilitas. Aksesnya pun terbilang sulit, sebab belum bisa dilewati kendaraan bermotor. Jadi, bagi Anda yang berniat kamping, harus membawa perbekalan komplet dan tentu saja: stamina yang baik.

2. Pantai Jungwok

Foto: www.viva.co.id

Di sebelah timur jajaran Pantai Wediombo, Anda bisa menemukan satu pantai baru, yakni Pantai Jungwok. Lokasinya ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Adapun pantai ini bisa jadi satu rekomendasi tempat yang seru untuk kamping; lantaran suasana dan kondisinya yang masih asri dan alami.

Beruntung bagi Anda. Fasilitas di Pantai Jungwok ini terbilang lengkap, dengan akses yang cukup baik. Kendati demikian, tetap siap sedia membawa perbekalan sendiri, ya.

3. Pantai Wediombo

Foto: www.indonesia.tripcanvas.co

Eksotisme alam, berpadu dengan fasilitas yang terbilang lengkap (area parkir, toilet, dan rumah makan) menjadi dua alasan mengapa Anda harus mencoba kamping di Pantai Wediombo.

4. Pantai Siung

Foto: www.maritimenews.id

Nah, bagi Anda yang ingin kamping tanpa harus repot, bisa langsung datang ke Pantai Siung. Memiliki akses mudah, pun fasilitas yang lengkap—tidak heran jika setiap akhir pekan, pantai ini selalu dipenuhi tenda para pelancong. Sayangnya, beberapa tahun belakangan, banyak wisatawan yang mengeluhkan pungli di sana. Jadi, tetap harus teliti dan berhati-hati, ya.

5. Pantai Ngrumput

Foto: www.eksotisjogja.com

Berlokasi tepat di sebelah Pantai Drini, Anda bisa menyusuri pantai saat sedang surut untuk menjangkau Pantai Ngrumput. Lokasinya sendiri, cukup tersembunyi—cocok bagi Anda yang menginginkan ketenangan.

6. Bukit Kosakora

Foto: www.telusurindonesia.com

Tepat di sebelah Pantai Ngrumput, terdapat satu lagi spot kamping yang layak coba—yakni Bukit Kosakora. Hampir sama dengan Bukit Pengilon, di sana, Anda bisa menikmati hamparan rumput hijau yang luas, plus panorama sunset-nya yang magis.

Sayangnya, fasilitas di pantai ini masih belum banyak. Apalagi, Anda juga memang harus mempersiapkan tenaga ekstra, sebab harus trekking terlebih dulu ke puncaknya.

7. Pantai Ngitun

Foto: www.viapendaki.com

Berbentuk teluk kecil, Pantai Ngitun bisa jadi satu alternatif kamping bernuansa alami dan “terasing”. Maklum, pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul ini memang belum banyak terjamah turis. Untuk mencapainya saja, Anda harus melewati jalur berbatu yang cukup sulit.

(Baca juga: 5 Wisata Alam di Yogyakarta Tak Banyak Orang Tahu Sebelumnya)

8. Puncak Giri Sarangan

Foto: www.gunungkidulku.com

Berlokasi di sebelah barat Pantai Krakal, Puncak Giri Sarangan bisa jadi tempat Anda kamping seru; sekaligus menikmati sunset yang cantik. Namun, harus dingat. Lokasi ini terlalu tinggi—sehingga terpaan angin cenderung kencang. Jadi, gunakan dan pasang tenda sekokoh mungkin, ya.

9. Pantai Lolang

Foto: www.panoramio.com

Pantai Lolang menjadi satu alternatif kamping paling baik, terutama bagi Anda yang ingin menenangkan diri. Suasananya sendiri terbilang masih asri dan sepi. Apalagi, akses menuju Pantai Lolang terbilang mudah. Cukup mengikuti arah ke Pantai Sepanjang…

10. Pantai Sanglen

Foto: www.jogjaempatroda.com

Tergolong baru, Pantai Sanglen mungkin menjadi jawaban bagi Anda si petualang yang ingin menginap di tempat yang belum terjamah. Panorama pantai dan pasir putih yang memesona; plus hutan hijau yang menyegarkan bisa menjadi alasan, mengapa Anda harus mencoba kamping di sana.

11. Pantai Kesirat

Foto: www.indonesia-tourism.com

Tidak seperti pantai pada umumnya, di sana, sulit menemukan hamparan pasir putih. Sebagai gantinya, pemandangan alam dan sunset yang cantik menjadi bonus bermalam di Pantai Kesirat. Penasaran?

12. Pantai Greweng

Foto: www.indonesia-tourism.com

Di mana lagi Anda bisa melihat indahnya hamparan pasir putih luas yang terbelah oleh aliran sungai air tawar?

Oh ya, pantai inijuga memiliki gua dan jalur trekking yang seru, lho. Cocok bagi Anda si penikmat tantangan.

13. Pantai Dadapan

Foto: www.bonvoyagejogja.com

Doyan mengeksplorasi tempat-tempat baru yang masih belum terjamah? Yuk, sesekali coba kamping di Pantai Dadapan. Dijamin, Anda akan ketagihan!

14.  Pantai Ngrawah

Foto: www.pantaigunungkidul.com

Selain kecantikan alamnya, Pantai Ngrawah juga dilengkapi dengan sumur air tawar, lho. Nah, airnya bisa Anda gunakan untuk mandi dan minum selama kamping. Praktis, bukan?

15. Pantai Wohkudu  

Foto: www.panoramio.com

Masih asri dan sepi, jangan lewatkan menikmati sunset di Pantai Wohkudu. Pantai ini terletak di Desa Girikerto, Panggang, Gunungkidul.

16. Pantai Sedahan

Foto: www.eksotisjogja.com

Berada tidak jauh dari Pantai Wediombo, lokasi ini bisa Anda gunakan untuk kamping, sekaligus memancing. Cocok banget untuk libur akhir pekan yang terbatas!

17. Pantai Mbribit

Foto: www.eksotisjogja.com

Sama halnya dengan Pantai Sedahan, di Pantai Mbribit, satu aktivitas yang tidak boleh terlewat adalah memancing. Adapun Pantai Mbribit terletak di Krambil Sawit, Saptosari, Gunung Kidul.

(Baca juga: 10 Hal Yang Membuat Anda Enggan Kembali ke Yogyakarta)

18. Pantai Butuh

Foto: www.eksotisjogja.com

Saking sepinya, Anda akan merasa berada di pantai milik pribadi. Apalagi, pemandangan di Pantai Butuh sangat memukau…

Tips Kamping di Pantai-pantai Gunungkidul:

  • Pastikan tubuh sedang dalam keadaan fit.
  • Cek terlebih dulu kondisi kendaraan. Selain harus dalam keadaan “sehat”, kendaraan yang Anda gunakan juga harus full bensin.
  • Jangan lupa membawa perbekalan dan pakaian secukupnya.
  • Jaga kebersihan. Take nothing but memories, leave nothing but footprints!

 

Tur Lahar Gunung Merapi Dengan Jeep di Yogyakarta

 

Previous Article
Menyelam di Tujuh Spot Foto Underwater Seru
Menyelam di Tujuh Spot Foto Underwater Seru

Bagi mereka yang gemar wisata air, belum afdal rasanya jika tidak berfoto ‘underwater’. Apalagi, jika spot ...

Next Article
15 Larangan Paling Aneh di Dunia
15 Larangan Paling Aneh di Dunia

Tahukah Anda, rupanya ada banyak wilayah yang menerapkan aturan/larangan kelewat aneh.

Want more?

Visit our site

Discover