Menyelam di Tujuh Spot Foto Underwater Seru

August 24, 2017 Chatarina Komala

Bagi mereka yang gemar wisata air, belum afdal rasanya jika tidak berfoto ‘underwater’. Apalagi, jika spot yang dikunjungi, populer dengan air jernih dan biota yang memukau.

Menariknya, kini Anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi pantai; hanya untuk berfoto underwater. Pasalnya, ada banyak, kok, spot mata air jernih—yang bisa Anda manfaatkan, untuk seru-seruan bareng teman atau orang terdekat. Uniknya, bukan sekadar foto dengan alat senam dan hewan laut. Di sana, Anda bisa menjajal banyak konsep, termasuk foto sambil menonton TV,  bergaya kamping, duduk sambil membaca buku, atau justru menerbangkan balon. Hanya saja, semuanya dilakukan di dalam air!

(Baca juga: Keindahan Bawah Air di Umbul Ponggok; ‘Bunaken Van Klaten’)

1. Mata Air Kasumbar, Subang

Foto: www.trevelsia.com

Enggak perlu jauh-jauh bikin foto underwater. Toh, Anda bisa kok langsung berkunjung ke Mata Air Kasumbar, yang berlokasi di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Subang.

2. Mata Air Cimincul, Subang

Foto: www.wisatajawa.co.id 

Masih di Subang, cobalah untuk menikmati jernihnya Mata Air Cimincul yang tengah populer. Lokasinya, enggak jauh dari spot Mata Air Kasumbar. Adapun satu keunikan di tempat ini—yakni semburan mata air yang terus-menerus keluar dari dasar tanah.

3. Sendang Geulis Kahuripan, Bandung

Foto: www.sportourism.id

Bukan cuma soal jernih dan segarnya air di sana. Konon, siapa pun yang membasuh wajah atau menceburkan diri di kolam, bisa lekas awet muda, lho. Enggak percaya? Yuk, rasakan sendiri!

4. Umbul Ponggok, Klaten

Foto: www.lifestyle.okezone.com

Letaknya, ada di Desa Ponggok, Kecamatan Polah Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Saking jernih dan cantiknya keindahan bawah air, orang-orang bahkan memberikan sebutan tempat ini: Bunaken Air Tawar, lho!

Dari segi bentuk, sebetulnya Umbul Ponggok ini adalah area kolam “renang” yang sangat besar.  Mulanya, mata air di sana hanya digunakan untuk keperluan harian masyarakat sekitar, seperti PDAM, mandi, dan mencuci.

Nah, lantaran suasana kolam yang mirip laut sungguhan, enggak heran jika semakin lama, banyak wisatawan yang datang berkunjung. Di sana, Anda bisa berenang dan menyelam bersama ikan warna-warni yang cantik. Bahkan, tempat ini juga sering dipakai untuk berlatih diving dan snorkeling.

Adapun satu keunikan lain, di Umbul Ponggok—juga tersedia jasa foto di dalam kolam. Harganya relatif terjangkau, kok. Plus, Anda bisa mencoba aneka gaya dan konsep, termasuk foto bareng motor di dalam air!

5. Umbul Manten, Klaten

Foto: www.tempatwisataindonesia.id

Lokasi Umbul Manten ini, enggak jauh kok dari spot foto underwater Umbul Ponggok. Di sana, Anda bisa menemukan air yang jernih dan segar. Apalagi, dengan kedalaman yang cuma berkisar 1,5 meter.  

6. Telagasari, Malang

Foto: www.ngadem.com 

Air jernih nan kebiruan menjadi satu daya tarik dari Tegalasari, Malang. Namun, tahukah Anda, mulanya—telaga ini merupakan pemandian untuk terapi pasien di RSJ Radjiman?

Nah, lantaran sudah tidak lagi dimanfaatkan, pemuda sekitar pun berinisiatif untuk mengubahnya menjadi satu lokasi wisata. Salah satunya, dengan menyediakan properti foto di bawah air; hingga menciptakan suasana yang nyaman untuk berlibur.

(Baca juga: 5 Alasan untuk Diving di Lembeh)

7. Mata Air Sumber Sirah, Malang

Foto: www.wisataa.com

Mata Air Sumber Sirah, terletak di Kecamatan Gondanglegi, Malang. Di sana, Anda bisa menjumpai mata air alami yang jernih dan segar; serta cantiknya deretan tanaman hijau serupa ganggang laut. Pun itu sebabnya, Anda juga bisa menemukan beragam ikan kecil, bebatuan, hingga pasir hitam di dasarnya.

Hanya saja, mata air ini memiliki kedalaman maksimal 1,5 meter. Ukuran yang cukup dangkal, meski harus tetap diwaspadai bagi Anda yang belum mahir berenang. 

 

Ingin Menjajal Privat Hiking Jawa Timur?

Previous Article
Ada 10 Surga di Purwakarta
Ada 10 Surga di Purwakarta

Purwakarta, bukan hanya sekadar tempat transit antara Bandung dan Jakarta. Luangkan sedikit waktu Anda untu...

Next Article
Kamping di Pantai Tersembunyi Gunungkidul
Kamping di Pantai Tersembunyi Gunungkidul

Bagaimana rasanya menginap di hotel ‘bintang seribu’? Benar-benar berlangit ribuan bintang sungguhan; tidur...

Want more?

Visit our site

Discover