Ada 10 Surga di Purwakarta

August 29, 2017 Chatarina Komala

Purwakarta, bukan hanya sekadar tempat transit antara Bandung dan Jakarta. Luangkan sedikit waktu Anda untuk singgah di sana, dan nikmati “surga” tersembunyi di Purwakarta…

Kendati tidak masuk dalam kategori “kota besar”, bukan berarti Purwakarta tidak spesial. Sebaliknya, selain soal budaya Sunda-nya yang kental—Purwakarta juga punya, lho, destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Terlebih, beberapa di antaranya juga masih asri dan belum banyak dikenal pendatang.

Tidak percaya? Yuk, simak sepuluh “surga” di Purwakarta berikut!

(Baca juga: 5 Pesona Wisata Alam Bandung yang Harus Kamu Kunjungi)

1. Kuburan Kereta Api  

Foto: www.news.detik.com

Berwisata kok di kuburan?

Memang terdengar aneh. Namun, spot wisata yang satu ini jadi satu rekomendasi yang pas bagi Anda si pecinta fotografi. Di sana, Anda bisa menemukan bangunan stasiun tua, hingga tampilan kuburan kereta api yang estetis! Adapun, kuburan kereta ini bisa Anda temukan di Stasiun Kereta Api Purwakarta.

2. Kampung Panenjoan

Foto: www.pikiran-rakyat.com

Bisa dikatakan, Kampung Panenjoan merupakan spot populer di Purwakarta. Jaraknya, sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Purwakarta. Nah, selain keindahan alamnya, Kampung Panenjoan juga menyediakan sejumlah spot foto yang enggak kalah unik, lho. Cocok untuk mengabadikan momentum bersama keluarga dan orang terdekat.

3. Mata Air Cisaladah

Foto: www.ngadem.com

Jernihnya mata air Cisaladah, dijamin bisa menenangkan pikiran Anda, dari padatnya rutinitas harian. Belum terekspos oleh banyak media—untuk menuju ke lokasi wisata yang satu ini, Anda memang harus ekstra tenaga. Anda bisa mengunjungi lokasi Mata Air Cisaladah yang ada di Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.  

4. Curug Mahrom

Foto: @zaarifin_

Untuk mengunjungi curug yang terletak di Kertamanah, Sukasari, Purwakarta—Anda memang harus mempersiapkan tenaga ekstra. Namun, seluruhnya terbayar, kok, dengan suasana pedesaan yang sejuk, segar, dan masih alami.

Awalnya, Anda harus berjalan melewati area persawahan, lalu menelusuri kebun dan perbukitan dengan medan yang bergelombang. Serunya, dalam perjalanan—Anda juga bisa bertemu bebatuan dan sungai kecil.

5. Curug Cipurut

Foto: www.news.detik.com

Berada di kaki Gunung Burangrang, Curug Ciputat kental dengan panorama alam yang indah, serta suasana yang segar dan sejuk. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai jajaran pepohonan pinus, serta paduan hamparan sawah dan kebun teh.  

6. Gunung Parang

Foto: www.citizen6.liputan6.com

Anda pecinta olahraga ekstrem? Kurang lengkap rasanya, jika tidak mencoba sensasi panjat tebing di Gunung Parang. Menariknya, untuk “memanjat” tebing Gunung Parang, Anda tidak perlu jadi pendaki profesional. Wajar saja, jika Gunung Parang menjadi satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki via ferrata, salah satu teknik memanjat dengan berpegangan pada besi yang ditanam di sepanjang dinding tebing.

Adapun selain memanjat tebing, Anda juga bisa menjajal nikmatnya hammocking, ropelling, rapelling, hingga sekadar bersantai di rumah pohon.

7. Gunung Cupu

Foto: Rahmad Hadi

Memiliki tinggi sekitar 300 mdpl, sebenarnya Gunung Cupu, lebih tepat disebut bukit. Kendati demikian, Gunung Cupu memiliki pemandangan alam yang indah dan memesona. Bahkan, tempat ini juga menjadi satu lokasi legendaris Ciung Wanara. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung, Gunung Cupu terletaknya, ada di Desa Cianting, perbatasan antara Kecamatan Sukatani dan Plered, Purwakarta.

8. Gunung Bongkok

Foto: www.purwasuka.id

Bergeser menuju Desa Cikandang, di sana, Anda bisa menemukan satu spot mendaki yang cukup populer.  Berketinggian 975 mdpl, Gunung Bongkok cocok untuk pendaki pemula. Kendati demikian, diharapkan tetap berhati-hati, sebab jalur yang akan ditempuh tergolong agak ekstrem—memiliki kemiringan hampir 90 derajat. Belum lagi, risiko licin saat musim hujan berlangsung…

Gunung Bongkok memiliki dua puncak, yakni Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar. Dari sana, Anda bisa menyaksikan panorama berlatar Waduk Jatiluhur, dan Gunung Parang—yang tampak sejajar.

9. Gunung Lembu

Foto: www.zonalibur.com 

Nikmati panorama Kota Purwakarta, berikut Waduk Jatiluhur dari ketinggian, tepatnya puncak Gunung Lembu. Medan yang sulit, hampir dipenuhi tanjakan tajam—menjadi satu alasan mengapa Gunung Lembu cocok bagi Anda si pecinta tantangan.  

(Baca juga: Sumpah! Wisata Alam Ini Cuma Ada di Pekanbaru)

10. Desa Sajuta Batu

Foto: www.desawisatasajutabatu.blogspot.co.id

Desa Sajuta Batu—merupakan satu lokasi wisata yang terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta.  Beragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana, yakni menjelajah dan menikmati lanskap desa yang memesona, memancing, off road, kamping, hingga memanjat Gunung Parang. Adapun nama “Sajuta Batu” diambil dari banyaknya bebatuan alam yang tersebar di desa ini, mulai dari yang kecil hingga besar.

 

Previous Article
14 Profesi yang Memungkinkan Anda Jalan-jalan Gratis!
14 Profesi yang Memungkinkan Anda Jalan-jalan Gratis!

Kata siapa hobi traveling itu mahal?

Next Article
Menyelam di Tujuh Spot Foto Underwater Seru
Menyelam di Tujuh Spot Foto Underwater Seru

Bagi mereka yang gemar wisata air, belum afdal rasanya jika tidak berfoto ‘underwater’. Apalagi, jika spot ...

Want more?

Visit our site

Discover