14 Profesi yang Memungkinkan Anda Jalan-jalan Gratis!

August 30, 2017 Chatarina Komala

Kata siapa hobi traveling itu menghabiskan banyak uang?

Asalkan mampu memanfaatkan situasi dan melihat peluang, bukan tidak mungkin Anda dibayar untuk jalan-jalan. Lantas, profesi apa saja, sih, yang memungkinkan Anda jalan-jalan gratis, plus mendapatkan uang?

(Baca juga: Catat Tanggal dan Siapkan Perjalanan, Inilah Sembilan Festival Budaya Hingga Akhir 2017!)

1. Travel Consultant

Ilustrasi: www.sheppadviser.com.au

Anda yang doyan jalan-jalan, tentu memiliki banyak pengetahuan seputar tempat wisata, maupun tips-tips perjalanan. Nah, tidak ada salahnya "berbagi" pengetahuan dengan menjadi seorang travel consultant. Adapun beberapa hal yang wajib dikuasai oleh seorang travel consultant, yakni pengetahuan soal fasilitas, perencanaan paket tur, bujet, destinasi wisata yang terdapat di sana, hingga tips akomodasi dan kendaraan. 

Selain merancang perjalanan, seorang travel consultant juga bisa gabung bersama rombongan klien. Meski tidak seenak jalan-jalan sendiri, yang penting, Anda bisa jalan-jalan gratis, bukan?

2. Tour Agent  

Ilustrasi: www.discoverhongkong.com

Jika Anda sudah memiliki modal sendiri, tidak ada salahnya membuka agen perjalanan. Beberapa kunci agar jasa perjalanan Anda dicari, yakni: konsep menarik, serta diskon khusus!

3. Retail Buyer

Ilustrasi: www.successappointments.co.uk

Perempuan mana yang enggak mau dibayar untuk belanja sekaligus jalan-jalan?

Adapun seorang retail buyer, akan bertugas untuk mengamati tren terkini, menghadiri pertemuan bersama produsen fashion, dan bernegosiasi dengan mereka.

4. Pemandu Wisata Lepas 

Ilustrasi: www.matadornetwork.com

Anda yang masih punya hasrat untuk "jalan-jalan" gratis, bisa menjajal profesi pemandu wisata lepas, di waktu senggang. Nantinya, uang tip yang Anda dapatkan, bisa dikumpulkan untuk memulai perjalanan baru.  

5. Peneliti

Ilustrasi: www.krakow.pl

Kendati tidak mudah, menjadi peneliti merupakan satu dari banyak profesi yang bisa mengantarkan Anda pada banyak tempat di penjuru dunia. Adapun beberapa peluang yang bisa Anda coba, yakni bidang kehutanan, arkeologi, atau botani.

6. Jurnalis dan Fotografer

Ilustrasi: www.ucas.com

Aktivitas jalan-jalan, rasanya tidak pernah lepas dari profesi jurnalis maupun fotografer. Untuk menjadi seorang jurnalis/fotografer yang andal, tentu keduanya harus terus mengikuti update terkini. Serupa dengan jurnalis, seorang fotografer tetap bisa jalan-jalan saat dia bertugas meliput atau mendokumentasikan tempat wisata.

Namun, bagi Anda yang nyaman bekerja lepas, bisa langsung memulai perjalanan gratis, dengan mengirim/menawarkan foto ke majalah wisata atau situs traveling. Selama foto yang Anda tawarkan bagus, tentu peminat yang mau "membayar" jasa Anda akan semakin meningkat.

7. Instruktur Selam

Ilustrasi: www.okdiversbali.com

Tingginya risiko, membuat jenis olahraga diving membutuhkan keahlian yang mumpuni. Itu sebabnya, mereka yang gemar laut dan menyelam, harus terlebih dulu "belajar" sebelum akhirnya terjun langsung ke  lapangan. Nah, untuk belajar, mereka tentu membutuhkan instruktur selam--atau kerap kali disebut dive master.

Adapun seorang instruktur selam, bertugas mengajarkan "siswanya"--mulai dari teknik dasar hingga lanjutan. Selain itu, mereka juga harus mendampingi dan mengawasi siswa yang hendak menyelam untuk pertama kali.

8. Marketer  

Ilustrasi: www.seek.com.au

Anda bisa menjadi seorang marketer yang fokus di dunia pariwisata. Sembari memasarkan resort, Anda juga bisa sekaligus jalan-jalan.

9. Koki Restoran

Ilustrasi: www.goldenkeys.co.uk

Hobi masak dan mampu bikin hidangan lezat? Mengapa tidak jadi koki? Apalagi, Anda juga bisa memilih, mau bekerja di restoran internasional atau nasional. Namun, jika Anda memang benar-benar berniat untuk "berpelesir" ke satu tempat, disarankan untuk membekali diri dengan pengetahuan terkait jenis masakan tradisional/khas suatu daerah, ya.

10. Pengajar dan Pekerja Sosial

Ilustrasi: www.mde.k12.ms.us

Apa pun kemampuan yang Anda miliki, bisa kok, "dijual" untuk jalan-jalan gratis. Misalnya, dengan menjadi tenaga pengajar di banyak negara. Adapun sebelum memulainya, Anda bisa mencari satu bidang yang paling dikuasai, lalu mencari informasi terkait sekolah yang mengajarkan keahlian Anda.

Sementara itu, bagi Anda yang punya jiwa sosial tinggi, bisa menjadi pekerja sosial di daerah-daerah terpencil. Setidaknya, beberapa organisasi nonprofit kelas dunia yang bisa Anda coba, yakni Green Peace, WWF, hingga UNICEF.

11. Petani

Ilustrasi: www.wtfshouldidowithmylife.com

Ikut berkontribusi pada ketersediaan pangan dunia, merupakan satu pekerjaan yang enggak kalah mulia. Menariknya, selain dibayar--Anda juga mendapatkan kesempatan jalan-jalan gratis! Caranya, bisa dengan mengikuti program WWOOF (World Wide Organization of Organic Farms).

12. Awak Kapal Pesiar dan Pesawat

Ilustrasi: www.thegastrojob.com

Bekerja sembari menjelajah banyak negara? Siapa sih, yang menolak tawaran ini? Belum lagi, soal kesempatan untuk mengunjungi banyak tempat, ketika kapal atau pesawat transit, atau justru sampai di lokasi tujuan. Oh ya, satu keuntungan lain: Anda juga bisa mendapatkan diskon khusus, lho!

13. Videografer 

Ilustrasi: www.bensimon.co.uk

Ada banyak ranah "menghasilkan" uang dari profesi seorang videografer. Cara mudahnya, adalah dengan mendokumentasikan lebih dulu beragam video liburan; lalu mengunggahnya ke platform yang mudah diakses publik, seperti Youtube. Sebagai informasi, melalui portal video online ini, bayaran yang bisa Anda dapatkan berkisar $5 hingga $15 per 1000 kali tayang.

(Baca juga: Perjalanan Secangkir Kopi)

14. Travel Writer atau Blogger

Ilustrasi: www.stylist.co.uk

 Karier seorang travel writer atau blogger, tidak bisa dimulai dengan instan. Bahkan, sebagai permulaan--tidak jarang Anda harus menggunakan uang pribadi lebih dulu untuk jalan-jalan. Nah, seiring meningkatnya pembaca, maka pundi-pundi rupiah pun akan datang ke kantong Anda. Bentuknya sendiri beragam, seperti permintaan endorse, featured articles, menjadi pembicara talk show, review tempat, hingga royalti buku.

   

Previous Article
Tenang Menginap di Vila Bernuansa Alam Bali
Tenang Menginap di Vila Bernuansa Alam Bali

Yuk, intip 13 rekomendasi vila bernuansa alam di Bali.

Next Article
Ada 10 Surga di Purwakarta
Ada 10 Surga di Purwakarta

Purwakarta, bukan hanya sekadar tempat transit antara Bandung dan Jakarta. Luangkan sedikit waktu Anda untu...

Want more?

Visit our site

Discover