Tips Memotret Anak Saat Liburan.

August 30, 2017 alambudaya

A post shared by Antasena Kusuma (@antasenakusuma) on

Salah satu hal yang paling menyenangkan saat berlibur adalah memotret keluarga dan anak – anak saat bepergian. Memotret anak anak pada saat traveling itu adalah hal yang paling menyenangkan, apalagi jika Anda melakukan perjalanan dan berlibur kesuatu daerah yang memiliki budaya dan beragam perbedaan dari tempat asal Anda. Sudah pasti kan anak-anak itu tidak akan lepas dari bidikan kamera Anda. Sebelum Anda membidik mereka dalam sebuah potret, berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat mengambil momen-momen itu.
Traveling pada saat liburan.

Manfaatkan liburan sekolah untuk memotret anak.

Saat yang paling tepat memotret anak anak dikala sedang liburan, karena ekspresi natural mereka sangat berbeda ketika mereka sedang sekolah. Apalagi jika ketempat tempat baru yang belum pernah mereka kunjungi membuat mereka begitu bersemangat. Kunjungi tempat tempat baru seperti restoran dengan interior yang unik, hotel tempat anda tinggalpun juga bisa menjadi lokasi yang instagramable untuk difoto.

Liburan bareng keluarga lengkap lebih baik.

Memang paling susah untuk mengumpulkan seluruh keluarga seperti ayah, bunda dan anak anak untuk bisa liburan bareng. Tetapi untuk mendapatkan momen memang lebih baik untuk berliburan bersama keluarga lengkap agar bisa menjadi kenangan foto yang selalu bisa dikenang.

Tetaplah membuatnya terlihat natural dan santai

Biarkan anak-anak menjadi anak-anak dan jangan atur mereka untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan di video. Coba lakukan dengan natural dan tanpa memaksa. Justru jika Anda mengambil  momen yang terjadi secara apa adanya, akan maka hasil foto keluarga yang Anda buat akan lebih natural dan menarik. Anda bisa memulainya dengan hal sederhana seperti menanyakan dimana mereka sekarang atau apa yang sedang mereka lakukan atau seperti apa liburan saat itu.

Ambil kamera dan foto saat mereka sedang tertarik kepada sesuatu

Sebuah perjalanan ke candi ataupun bangunan yang menakjubkan akan membuat siapa saja ternganga dan sangat tertaik untuk terus memperhatikan hingga para anak-anak lupa dengan kehadiran kamera yang mengambil gambar mereka. Anak-anak Anda tidak harus selamanya menjadi pusat perhatian dari foto yang Anda buat. Cobalah untuk mengambil gambar mereka dengan orang lain seperti dengan pemandunya. Bahkan Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan kepada pemandu untuk menambah hal menarik di dalam foto. Alangkah baiknya jika terkadang Anda membiarkan anak Anda yang mengambil fotonya. Jangan salah, bahkan terkadang mereka jauh lebih jago dan pintar dalam mengambil sudut rekaman yang berbeda.

Perhatikan cahaya.

Coba perhatikan dan lebih hati-hati terhadap cahaya dan bayangan yang ada. Jangan ambil foto saat keluarga anda berdiri disebelah jendela atau mereka akan terlihat seperti bayangan hitam. Meskipun sudut pengambilan gambar membosankan, Anda bisa membuatnya menjadi lebih menarik dengan bantuan cahaya. Cobalah memanfaatkan cahaya yang ada dan membuat sebuah efek dramatis yang sangat keren.

Libatkan buah hati Anda dalam bidikan kamera

Salah satu tips untuk Anda yang hobi fotografi saat berlibur dengan buah hati adalah melibatkan putera-puteri Anda kedalam foto yang Anda ambil. Jika Anda bepergian ke sebuah kawasan dengan budaya yang berbeda dari tempat asal Anda, cobalah untuk menangkap momen candid buah hati Anda saat mengunjungi tempat tersebut. Hal jauh lebih baik daripada Anda mengatur posisi buah hati Anda pada monument atau bangunan. Akan sangat terlihat tidak natural.

Jangan terus-menerus membidikkan kamera

Meskipun Anda memiliki hobi fotografi dan sangat ingin mengabadikan momen kegiatan anak Anda, jangan sampai Anda berpikir bahwa mereka akan betah untuk menunggu Anda mengatur kamera agar mendapat foto terbaik. Ingat bahwa Anda tetap sedang berlibur bersama keluarga. Nikmati momen-momen bersama keluarga Anda yang tidak akan terulang dua kali dalam hidup Anda.
Nikmati waktu berlibur Anda.

A post shared by Antasena Kusuma (@antasenakusuma) on

Anak Anda tidak akan menjadi seorang anak kecil selamanya. Waktu terus berjalan dan buah hati Anda tentu saja tumbuh dan berkembang. Mengertilah jika ada saat dimana Anda harus benar-benar melepaskan kamera Anda dan benar-benar menikmati liburan bersama buah hati Anda. Inilah salah satu hal yang perlu Anda ingat jika ingin melakukan hobi fotografi saat berlibur dengan buah hati.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)

Read more...

Previous Article
TERNATE TO MOROTAI - THE 7 WONDERS MOLUCCAS
TERNATE TO MOROTAI - THE 7 WONDERS MOLUCCAS

#LIVE Some beautiful paths can't be discovered without getting lost. Location somewhere in #NorthMoluccas j...

Next Article
7 Video Perjalanan yang Wajib ditonton.
7 Video Perjalanan yang Wajib ditonton.

Di era yang serba digital ini tidak lengkap rasanya jika mencari referensi traveling hanya melalui foto dan...