Lombok Gak Pernah Bikin Bosen

September 3, 2017 Adis Takdos


Gue adalah seorang backpacker yang jarang banget foto-foto atau harus mengabadikan setiap tempat yang gue datengin. Either, ngejar beberapa destinasi sekaligus, gue lebih enjoy berlama-lama di satu destinasi dan nikmatin apa yang bisa gue nikmatin saat itu. Karena gue selalu percaya, gue akan bisa datengin tempat itu lagi suatu saat nanti, jadi kenapa harus ambisius?

Contohnya Lombok! Entah kali ke berapa gue datengin pulau cantik ini. 3 kali? 4 kali? Nope. Ini kali ketujuh gue main ke Lombok. Pertama gue nginjekin kaki di Lombok itu tahun 2011, waktu itu gue keliling Pulau Lombok dan Sumbawa hampir  1 bulan lamanya.


Apa 7 kali ke Lombok bikin gue bosen? Sama sekali, nggak! Di Lombok, lu akan menemukan banyak banget tempat keren, aktifitas seru, dan tempat yang sama tapi jadi beda, contoh kayak di kawasan Pantai Kuta. Tahun 2011 gue kesana, tempat ini masih kosong gak ada apa-apa, dan ilalangnya tinggi-tinggi. Sekarang? Buset, dah banyak banget cafe dan resto ala Bali! Plus Indomart Alfamart tentunya. Dan karena gue udah 7 kali ke sini, gue bakal ngasih tau kalian, ke mana dan apa aja yang seru di Lombok yang belum pernah gue bahas di postingan Lombok sebelumnya. Check this out!


Nyobain Baju Adat Sasak & Main ke Batu Layar



Dari kebanyakan kalian yang baca postingan ini, gue yakin, terakhir kali kalian pake baju adat pasti pas Hari Kartini atau 17 Agustusan, itu pun pas masih SD, ye kan?


Eh, apa cuma gue?


.....


Tapi tenang, buat kalian yang pengin nyobain baju adat Sasak, kalian bisa dateng ke Dharma Setia Lombok, yaitu sentra pembuatan tenun khas Lombok. Selain belanja, di sini juga kalian bisa lihat langsung proses pembuatan tenun dan sekaligus bisa nyobain baju adat Sasak yang tadi gue bilang. Oh iya, letak tempat ini gak jauh juga loh dari Desa Sade. Buat yang belum tau Desa Sade, kalian bisa baca di sini >> Desa Sade Desanya Para Penculik


Udah nyobain baju Sasak, gak ada salahnya kalo kalian coba juga main ke Batu Layar pas matahari terbenam, cukup 7 menit pake kapal dari Tanjung Aan, kalian bakal diturunin di karang-karang sama si Abangnya dan jalan dikit buat nyampe ke Batu Layar, kayak gini..


Patung Putri Mandalika dan Jembatan Cinta



Selain pantai-pantai cakep di Lombok, ada satu cerita lokal yang menarik banget, yaitu tentang Putri Mandalika. Gue sendiri gak tau ini cuma dongeng atau beneran kejadian, jadi konon katanya dulu ada seorang putri Lombok yang cantik bernama Mandalika. Putri Mandalika ini dikejar-kejar oleh 3 orang Pangeran yang berusaha banget buat dapetin si Putri Mandalika, namun ternyata kisahnya berakhir tragis. Alih-alih menikah dengan salah satu pangeran, Putri Mandalika memilih untuk terjun dari sebuah tebing agar tidak terjadi perang yang bisa jadi disebabkan oleh dirinya. Keren gak tuh pengorbanan cintanya? Titanic doang mah lewat!


Dari cerita ini lah kenapa di Lombok ada Festival Bau Nyale, yaitu festival menangkap cacing laut yang cuma muncul sekali dalam satu tahun, yang konon katanya cacing-cacing itu adalah jelmaan dari Si Putri Mandalika.


Pusuk Sembalun – Bukit Selong




Setelah main pantai, gue saranin kalian buat dateng ke Bukit Selong. Untuk mencapai Bukit Selong, kalian harus jalan ke arah Desa Sembalun, yaitu desa di bawah kaki Gunung Rinjani. Tapi di tengah perjalanan, jangan lupa buat mampir foto-foto landscape hutan Sembalun di Pusuk Sembalun. Tempat ini memang di bikin buat foto-foto keindahan alam Sembalun, katanya. Ah, dan jangan lupa siapin juga uang buat jajan yah, karena di sini banyak abang-abang yang jualan jajanan khas Lombok. Yang paling gue doyan mah pentolnya, mantap!


Gak jauh dari Pusuk Sembalun, lu bakal nyampe di Bukit Selong. Kata abangnya, Bukit Selong ini baru banget di buat masyarakat setempat untuk menarik wisatawan. Jujur aja gue seneng banget, karena pada akhirnya masyarakat Lombok udah mulai  melek sama pariwisata. Kalo kalian mau tau, tahun 2011, pertama kalinya gue ke sini dan Bandara Internasional Lombok juga baru berdiri, ada beberapa kelompok masyarakat yang gak setuju kalo Lombok jadi daerah wisata dan akhirnya mereka bikin rusush di saah satu acara pariwisata. Seriusan gue. Tapi kalo dateng sekarang, Lombok dan makin welcome buat wisatawan.



Untuk mencapai Bukit Selong, kalian perlu naik beberapa anak tangga. Gak banyak dan susah, kok. Treknya pun gak bikin capek. Tapi pas kalian dah nyampe di atas bukit.... Beuh, biar foto dan video yang langsung bicara, nih!


Gila, keren kan? Bisa kotak-kotak simetris begitu, yah!


Gili Nanggu & Gili Tangkong




Gak ke Lombok namanya kalo gak ke Gili. Iya, Lombok punya banyak banget Gili. Gili sendiri artinya itu pulau, FYI aja.


Biasanya, gili yang selalu gue datengin adalah Gili Trawangan, yang terakhir kali gue ke sana, ada pengalaman paling manis sekaligus jadi kenangan paling pahit buat gue.


Baca aja ini nih >>> Pengalaman Manis


Terus abis itu baca yang ini >>> Pengalaman Pahit, Tapi Jadi Manis


Tapi, sekarang gue mainnya ke Gili Nanggu dan Gili Tangkong. Untuk mencapai Gili Nanggu dan Gili Tangkong, kalian cukup pake perahu bermotor sekitar 20 menitan, gak terlalu jauh, lah. Kalo kalian naik perahunya dari Arab, mungkin kerasa banget jauhnya.


Seperti kebanyakan pulau lainnya, di sini kalian bisa main air dengan pasir pantainya yang putih halus. Gak seramai Trawangan, Gili Nanggu umumnya dinikmati untuk snorkeling karena koral-koralnya yang lebih mendingan dibandingkan gili-gili di sebelahnya. Dah di tengah pulau ini pun ada spot instagramable, loh. Kalian bisa foto-foto di tengah jejeran pohon-pohon yang kalo gak salah itu pohon pinus.


Sementara di Gili Tangkong, sepi banget. Jaraknya dari Gili Nanggu pun deket banget. Biasanya di sini wisatawan yang dateng bisa menikmati makan siang ikan-ikan laut dari perairan Lombok, langsung, fresh, dengan cocolan sambel pedas ala Lombok.


Untuk menambah keseruan jalan-jalan di Lombok, nih gue kasih liat video perjalanan kita di Lombok yang diambil sama Bli Adit @commaditya




Jadi, mau ke Lombok lagi?

Read more...

Previous Article
Jalan-Jalan Hemat di Bandung
Jalan-Jalan Hemat di Bandung

Kalian orang Bandung? Ngerasa kalo Bandung itu macet banget pas weekend? Iya, macet, literally macet. Bahka...

Next Article
100 Hal Jelek Tentang India
100 Hal Jelek Tentang India

Bulan lalu gue baru pulang dari Ciroyom.Ya kagak lah! Judulnya aja India, ya berarti gue baru pulang travel...