Percaya Enggak? 16 Tempat di Film Animasi Ini Sungguh Ada di Dunia, Lho!

September 11, 2017 Chatarina Komala

Siapa sih yang tidak terpukau akan keindahan tempat dan alam dalam film animasi?

Percaya atau tidak, beberapa lokasi indah dan artistik dalam film, rupanya ada di dunia nyata, lho.  Bukan sekadar imajinasi, justru para pembuat film-lah yang terinspirasi dengan keindahan aneka tempat tersebut. Apa saja? 

 

Baca juga:

 

1. Sleeping Beauty, Neuschwanstein Castle, Bavaria, Jerman

Foto: Pinterest

Menjadi salah satu istana paling indah di dunia, tidak heran jika Neuschwanstein Castle menjadi inspirasi The Royal Castle dalam Sleeping Beauty. Mulanya, istana ini dibangun oleh Ludwig II dari Bavaria (tahun 1892), sebagai penghormatan kepada musisi favoritnya, Richard Wagner. 

2. Up, Angel Falls, Venezuela

Foto: www.exploringtourism.com 

Ke mana tujuan "rumah terbang" sang kakek dalam film Up?

Nah, jika si kakek betulan ada di dunia nyata, ia pasti akan menerbangkan rumahnya dan mendarat di Angel Falls, Venezuela. Adapun selain cantik, Angel Falls ini juga dikenal sebagai air terjun tertinggi di dunia.

3. Tangled, Mont Saint Michel, Normandy, Prancis

Foto: www.id.woowals.com 

Kerajaan Corona dalam Tangled, sebetulnya terinspirasi dari  Mont Saint Michel yang ada di Normandia, Perancis. Dengan keberadaan benteng/biara di atasnya, pulau ini secara berkala akan "terputus" dari daratan karena air yang pasang dan surut.  

4. Mulan, Forbidden City, Beijing, China

Foto: www.eatstaylive.com

Alih-alih rumah kaisar, Forbidden City, Beijing sebetulnya adalah rumah bagi Dinasti Ming dan Quing. Disebut "terlarang", sebab tidak ada yang bisa masuk atau meninggalkan kompleks ini, tanpa izin dari kaisar.

5. The Hunchback Of Notre Dame, Katedral Notre Dame, Paris, Prancis

Foto: www.planetware.com

Sesuai namanya, katedral di film besutan Disney ini memang mengambil latar sesuai aslinya--Katedral Notre Dame di Paris. Wajar saja, mengingat katedral ini menjadi salah satu yang paling indah dari arsitektur gothic dunia. 

6. Wreck-It Ralph, Grand Central Terminal, NYC, New York

Foto: www.docentour.com

Anda mungkin familier dengan hiruk-pikuk karakter game dalam Wreck-It Ralph. Nah, satu tempat yang menjadi inspirasi "keramaian" ini, adalah Grand Central Terminal, New York City. Pertama kali dibangun pada 1913, faktanya, terminal ini pernah diruntuhkan, sebelum akhirnya dibangun lagi dan aktif digunakan. 

7. The Little Mermaid, Chateau de Chillon 

Foto: www.globaltickets.com

Chateau De Chillon di Danau Jenewa,  Swiss--menjadi gambaran sempurna akan istana dan kediaman Pangeran Eric di film The Little Mermaid. 

8. Frozen, St. Olaf’s Church, Balestrand, Norwegia

Foto: Pinterest

Jika Anda penasaran, arsitektur di kapel a la Frozen ini sebetulnya terinspirasi oleh Gereja St. Olaf di Balestrand, Norwegia. Selain itu, istana Elsa juga mengambil bentuk Hotel De Glace di Quebec City, Kanada. 

9. Cars, U-Drop Inn, Shamrock, Texas

Foto: www.tripadvisor.com

Keberadaan House of Body Art Ramone dalam Cars, sebenarnya terinspirasi oleh  U-Drop Inn di Shamrock, Texas. Berbentuk meneyrupai paku tertancap di dalam tanah, bangunan yang mulanya penginapan ini kini difungsikan sebagai monumen arsitektur art-deco sekaligus stasiun pengisian kendaraan listrik. 

10. Atlantis: The Lost Empire, Angkor Wat, Angkor, Cambodia

Foto: www.livescience.com

Angkor Wat, Kamboja menginspirasi bentuk kota di film Atlantis: The Lost Empire. Mulanya, Angkor Wat merupakan sebuah kuil Hindu yang diubah menjadi kompleks kuil Buddha di awal abad ke-12.

11. Brave, Eilean Donan Castle, Scotlandia, UK

Foto: www.eileandonanapartments.com

Istana kerajaan dalam film Brave, terinspirasi oleh Eilean Donan Castle, yang terletak di Skotlandia. Konon, kastil dan sekelilingnya memiliki sejarah kuno. Tempat ini pernah menjadi sebuah biara di abad ke-7 atau ke-7, sebelum akhirnya menjadi hunian dan benteng yang melindungi klan Mackenzie.

12. The Emperor’s New Groove, Machu Picchu, Peru

Foto: www.travel-gazette.com 

Dalam The Emperor’s New Groove, diceritakan ada situs yang paling misterius di dunia. Nah, seperti yang banyak orang ketahui, situs ini terinspirasi oleh Machu Picchu di Cusco, Peru

13.  Beauty and the Beast, Alsace, Prancis

Foto: www.planetware.com

Dalam Beauty and the Beast, Anda bisa menyaksikan suasana desa yang tenang dan damai. Nah, desa semacam ini bukan cuma di film, lho. Anda bahkan bisa menikmati nuansa serupa dengan mengunjungi Alsace, satu kawasan yang indah di sebelah barat laut Prancis. 

Selain itu, kastil Beast, juga terinspirasi oleh Chateau De Chambord di Loir-Et-Cher, bangunan yang didirikan oleh Raja Francis I di tahun 1547. 

14. The Princess and the Frog, New Orleans, Louisiana

Foto: www.nationsonline.org

Paduan suasana dan arsitektur, serta bentuk sungai dan rawa dalam  Princess and the Frog, terinspirasi dari sebuah kota, yakni New Orleans di Louisiana.  

 

Baca juga:

 

15. Aladdin, Taj Mahal, Agra India

Foto: www.history.com

Kalau diperhatikan, bentuk istana dalam film Aladdin sebenarnya terinspirasi dari Taj Mahal, di India. Nah, alih-alih istana, sebenarnya ini adalah sebuah makam yang dibangun oleh Kaisar Shah Jahan, untuk istri tersayangnya: Mumtaz Mahal. 

 

Previous Article
Menyambangi 18 Destinasi Wisata Populer di Batam
Menyambangi 18 Destinasi Wisata Populer di Batam

Dijuluki “Kota Industri”, salah banget jika Anda berpikir, tidak ada tempat yang bisa dikunjungi atau di...

Next Article
Tenang Menginap di Vila Bernuansa Alam Bali
Tenang Menginap di Vila Bernuansa Alam Bali

Yuk, intip 13 rekomendasi vila bernuansa alam di Bali.

Want more?

Visit our site

Discover