Menyambangi 18 Destinasi Wisata Populer di Batam

September 18, 2017 Chatarina Komala

Berlokasi strategis—tepatnya di tengah jalur pelayaran dekat Singapura dan Malaysia—menjadikan Batam “gerbang pintu masuk” ke Indonesia yang paling banyak diakses. Pun itu sebabnya, bukan hanya sektor industri yang tumbuh pesat di sana, melainkan juga destinasi wisata bernuansa alam, kuliner, sejarah, hingga religi.

Nah, selain menjadikannya sebagai “kota transit” sebelum menyeberang ke negara lain, tidak ada salahnya menyisihkan waktu luang untuk menikmati Kota Batam. Berikut adalah 18 rekomendasinya.

 

Baca juga:

 

1. Ikon 'Selamat Datang' Batam

Foto: www.gemuruhnews.com

Belum sah berkunjung ke Batam, tanpa mengunjungi (atau bahkan berfoto) di depan tulisan “Welcome to Batam”. Anda bisa mendatangi ikon Kota Bata mini di Bukit Clara, Batam Centre. Adapun tulisan tersebut memiliki ukuran enam kali sepuluh meter, memiliki panjang mencapai 120 meter, dan berada di ketinggian 52 meter di atas permukaan laut.

2. Jembatan Barelang

Foto: www.bpbatam.go.id

Nama “Barelang” sebenarnya disematkan lantaran fungsi jembatan yang menghubungkan Pulau Batam, Rempang, dan Galang. Pembentukannya, diprakarsai oleh mantan Presiden RI, B. J. Habibie di tahun 1991. Adapun Jembatan Barelang terdiri atas enam buah jembatan dengan arsitektur yang berbeda. Keenamnya, kemudian diberi nama raja-raja yang pernah berkuasa di zaman Kerajaan Melayu Riau, yakni Jembatan Tengku Fisabilillah (Jembatan I), Jembatan Nara Singa (Jembatan II), Jembatan Raja Ali Haji (Jembatan III), Jembatan Sultan Zainal Abidin (Jembatan IV), Jembatan Tuanku Tambusai (Jembatan V), dan Jembatan Raja Kecik (Jembatan VI).

3. Queen Garden Waterboom

Foto: www.infobisnis.co.id

Panas-panas di Kota Batam, enaknya langsung nyebur berenang. Nah, untuk jenis wisata yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Queen Garden Waterboom (dan menikmati seluruh wahana airnya) yang terletak di Sadai, Bengkong.

4. Pantai Marina

Foto: www.indonesia-tourism.com

Seperti halnya Ancol (Jakarta) maupun Semarang, Batam juga punya “Pantai Marina”, lho. Berlokasi di kawasan resor mewah (Marina Water Front City), pantai ini jadi incaran turis lokal dan mancanegara karena seluruh fasilitas dan keindahan sunset-nya.

5. Kampung Vietnam

Foto: www.batam.tribunnews.com

Batam pernah menjadi “rumah” bagi pengungsi asal Vietnam yang mencari perlindungan akibat perang saudara di tahun 1979. Letaknya, ada di Pulau Galang—atau bisa diakses dari Jembatan Barelang.

Kendati sudah dipugar, di sana, Anda bisa menjumpai beberapa spot seperti barak pengungsian, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, penjara, kantor polisi, hingga replika kapal yang digunakan masyarakat Vietnam untuk mengungsi.

6. Duduk Santai di Kedai Kopi

Foto: www.tripadvisor.co.id

Lelah berkeliling, mampirlah sebentar di beberapa kedai kopi Kota Batam. Nikmati rasanya jadi penduduk lokal dan berbincang dengan mereka. Anda bahkan bisa mencicipi beragam menu kopi, teh tarik, hingga nasi lemak dan kuliner lain. 

7. Pantai Vio Vio

Foto: www.enjoybatam.com

Serupa di Lombok, terdapat satu spot favorit Pantai Vio Vio yang kerap dijadikan latar foto. Berlatar panorama Matahari terbenam, dijamin foto Anda akan tampak lebih estetis. 

8. Ocarina Park

Foto: www.lihat.co.id 

Ajak si kecil bersenang-senang dengan berkunjung ke Ocarina Park—sebuah taman bermain seluas 40 hektare di tepi pantai, dekat Pelabuhan Ferry International Batam Center. Di sana, Anda bisa menikmati seluruh wahana, atau justru sekadar bersantai menikmati suasana sekitar.

9. Pantai Melur

Foto: www.tribunnews.com

Hamparan pasir putih nan halus, panorama air jernih, serta embusan angin sepoi menjadi beberapa alasan mengapa Anda harus mengunjungi Pantai Melur, Batam. Sempatkan waktu bersantai, atau memulai aktivitas seru seperti bermain voli atau berenang—dan dijamin, seluruh penat dan pikiran yang berat akan hilang sejenak.

10. Pantai Nongsa

Foto: www.swiss-belhotel.com

Pantai Nongsa sering kali menjadi tempat transit, untuk mengakses Pulau Putri. Biasanya, di pulau ini, pengunjung dapat melakukan kamping dan menikmati wisata air seperti berenang atau snorkeling. Namun, terlepas dari itu, berkunjung ke pantai ini sudah cukup untuk menikmati panorama sekitar atau sunset. Terlebih, di sepanjang garis pantai ini—Anda bisa menemukan banyak hotel dan resor bertaraf internasional yang bisa digunakan untuk menginap.

11. Pulau Belakang Padang

Foto: www.tripadvisor.com

Satu keistimewaan Kota Batam, yakni posisinya yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Salah satunya, ya Pulau Belakang Padang. Anda bisa mengaksesnya dengan perahu pancung dari Pelabuhan Pancung Sekupang, selama sekitar 20 menit. Adapun ada banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati di sana, seperti halnya Pantai Pasir Putih, kuliner khas Melayu, hingga suasana pulau dan rumah penduduk yang tertata apik.

12. Pulau Abang Besar

Foto: www.bengkelsabda.com

Di Pulau Abang Besar, Anda bisa menikmati ragam kegiatan seru, seperti halnya memancing, snorkeling, hingga diving.

13. Taman Wisata Habibie Tangga Seribu

Foto: Anggi Rambe

Mulanya, Taman Wisata Habibie Tangga Seribu adalah kawasan kediaman B. J. Habibie, ketika menjadi pendiri dan pemimpin Otorita Batam. Selain menikmati suasana sekitar, di sana Anda bisa menyaksikan keindahan pantai dan laut, gedung-gedung pencakar langit di Singapura, serta kapal yang berlayar.

14. Pantai Tanjung Pinggir

Foto: www.panoramio.com

Piknik dan bersenang-senang, enggak harus mahal, kok. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu, Anda sudah bisa mengajak orang terdekat ke Pantai Tanjung Pinggir. Nah, sebagai informasi, pantai ini berhadapan langsung dengan Singapura, lho. Jadi, sembari bersantai menikmati suasana pantai, Anda juga bisa menyaksikan panorama Negeri Singa ini.

15. Pantai Melayu

Foto: www.mybatamsite.blogspot.co.id

Suasana yang teduh, hingga rendahnya gelombang ombak menjadikan Pantai Melayu lokasi wisata Batam yang pas untuk bersenang-senang. Apalagi, tersedia pula beragam wahana air, seperti banana boat.  

16. Bukit Senyum

Foto: www.irisindonesia.com

Sembari “tersenyum”, nikmati keindahan lanskap Kota Batam dari ketinggian di Bukit Senyum.

17. Kawasan Nagoya

Foto: www.wartakepri.co.id

Jika diibaratkan, Nagoya, merupakan China Town-nya Kota Batam. Di sana, Anda bisa langsung memuaskan hasrat belanja tas bermerek, gawai, parfum, hingga alat elektronik dengan harga terjangkau.  

 

Baca juga:

 

18. Piayu Seafood

Foto: www.justinthezone.blogspot.co.id

Datang ke kawasan pesisir, belum lengkap jika tidak menjajal kuliner seafood-nya. Satu rekomendasi tempat makan enak, segar, dan harga terjangkau—adalah Piayu Seafood.

 

 

Previous Article
Senang-senang Sambil Belajar, Inilah Delapan Manfaat Outbound untuk Si Kecil
Senang-senang Sambil Belajar, Inilah Delapan Manfaat Outbound untuk Si Kecil

Anda bisa juga, lho, mengajak si kecil liburan berkualitas dengan menjajal aktivitas outbound. Apa saja sih...

Next Article
Percaya Enggak? 16 Tempat di Film Animasi Ini Sungguh Ada di Dunia, Lho!
Percaya Enggak? 16 Tempat di Film Animasi Ini Sungguh Ada di Dunia, Lho!

Siapa sih yang tidak terpukau akan keindahan tempat dan alam dalam film animasi?

Want more?

Visit our site

Discover