15 Karya Arsitektur Megah yang Terinspirasi dari Alam

September 25, 2017 Chatarina Komala

Menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dari manusia—alam memberikan kita banyak manfaat. Bukan hanya sebagai sumber kehidupan, melainkan juga inspirasi untuk berkarya. Dalam dunia arsitektur, dikenal istilah biomimetics—sebagai satu desain bangunan yang meniru unsur alam, seperti hewan maupun tumbuhan. Adapun selain itu, bangunan ini juga dibuat dengan sistem ramah lingkungan.

Nah, lantas apa saja bangunan biomimetics di dunia?  Yuk, catat informasinya, dan jika perlu: kunjungi langsung di negara asalnya!

 

Baca juga:

 

1. Taipei 101, Taiwan

Foto: www.virtualoffices360.com

Berketinggian 509 meter (101 lantai), gedung pencakar langit ini terinspirasi dari bentuk tangkai bambu, lho. Dibuat oleh arsitek terkenal C.Y. Lee, gedung ini juga menjadi yang tertinggi di dunia—ketika dibuka pertama kali di Distrik Xinyi, Taiwan pada 2004. Jika jeli, Anda bisa melihat delapan ruas (masing-masing terdiri atas delapan lantai) yang penuh simbol. Delapan sendiri, melambangkan angka keberuntungan di kebudayaan Tiongkok.

2. Lotus Temple, New Delhi, India

Foto: www.boomsbeat.com

Dari segi bentuk, kuil yang terletak di Desa Bahapur ini  menyerupai bunga lotus (teratai)—sesuai dengan inspirasi sang arsitek, Fariborz Sahba. Ketika dibangun, ia menyusun 27 kelopak bunga marmer, dalam tiga kelompok. Tujuannya, untuk membentuk sembilan sisi. Hal ini sesuai dengan kitab suci Bahá'í, yang menyatakan seluruh rumah ibadah haruslah memiliki bentuk melingkar sembilan sisi.  

3. St. Mary Axe, London, Inggris

Foto: www.pivipedia.com

Terinspirasi dari spons laut Euplectella aspergillum, Norman Foster merancang bangunan yang terbuat dari lapisan kaca berbentuk berlian; yang disusun dalam desain kisi. Bangunan yang lantas dikenal sebagai Gherkin ini, juga berperan sebagai saringan udara, terutama untuk meminimalkan kebutuhan air conditioner di dalam gedung.

4. Eastgate Centre, Zimbabwe, Afrika Selatan

Foto: www.hararenews.co.zw

Meski dibuat tanpa pendingin atau pemanas ruangna, siapa sangka—bangunan rancangan Mick Pearce mampu memberikan kenyamanan bagi orang-orang di dalamnya? Apalagi, mereka juga bisa menghemat banyak anggaran!

5. Olympic Pavilion, Barcelona, Spanyol  

Foto: www.top10times.com

Dirancang oleh Ludwig Mies van der Rohe—bangunan ini mulanya digunakan untuk pembukaan pameran. Bentuknya yang sederhana, dan material yang “wah”—menjadikan Olympic Pavilion sebagai gedung penting dalam sejarah perkembangan arsitektur modern.

6. The Beijing National Aquatics Center, Tiongkok

Foto: www.yeswebim.wordpress.com

Lantaran menyerupai air; banyak orang menyebut The Beijing National Aquatics Center sebagai Water Cube (Kubus Air). Didirikan pertama kali untuk Olimpiade Beijing 2008, gedung ini mampu menampung 17 ribu orang.  

7. Chicago Spire, Amerika Serikat  

Foto: www.chicagotonight.wttw.com

Berada di Kota Chicago, bangunan ini didesain oleh Santiago Calatrava—arsitek asal Spanyol, lalu dikembangkan oleh Garret Kelleher, dari Shelbourne Development Group, Inc.  

8. Atomium, Brussels, Belgia

Foto: www.mikestravelguide.com

Terinspirasi dari bentuk atom, mulanya, model bangunan ini dibuat berdasarkan Kristal besi yang diperbesar 165 juta kali. Adapun gedung karya André Waterkeyn, André, dan Jean Polak ini memiliki sembilan bola yang saling berhubungan dan berketinggian 335 kaki.

9. Stone House, Portugal

Foto: www.panoramio.com

Sekilas, tinggal di rumah batu semacam ini terkesan tidak memungkinkan. Namun, rumah ini benar-benar berpenghuni, lho.

10. Chameleon House, Praha, Republik Ceko

Foto: www.projects.archiexpo.com

Petr Hajek Archtekti merancang bangunan ini untuk sebuah keluarga di Praha. Terinspirasi dari iguana, rumah ini didesain dengan bukaan yang memungkinkan penghuninya melihat pemandangan sekeliling dengan jelas (360 derajat).  

11. Palm Islands, Dubai, Uni Emirat Arab     

Foto: www.e-architect.co.uk

Kepulauan buatan ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Jika dilihat dari atas, kepulauan terbesar di dunia ini menyerupai pohon palem. Di atasnya, akan dibangun lebih dari 100 hotel mewah, vila, apartemen, taman hiburan, restoran, hingga pusat perbelanjaan.

12. Interpretive Centre, Mapungubwe NP, Afrika Selatan

Foto: www.architectural-review.com

Lanskap Taman Nasional Mapungubwe, Afrika Selatan yang memesona—pada akhirnya menginspirasi arsitek dari Peter Rich Architects, untuk merancang bangunan yang senada dengan panorama sekitarnya.

13. Park Royal Hotel, Singapura

Foto: www.booking.com

Dari segi kontur bangunan, terlihat bahwa sang arsitek—berupaya mengadaptasi formasi bebatuan yang menyusun sebuah gunung. Hasilnya, tampak keseluruhan gedung yang artistik dan eco-friendly.

 

Baca juga:

 

14. Aldar Headquarters Building di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab  

Foto: www.tekla.com

Dalam menciptakan Aldar Headquarters Building, Marwan Zgheib dan firma MZ Architects terinspirasi oleh cangkang kerang. Adapun berketinggian 110 meter, bangunan ini menawarkan pemandangan kota dan tepi laut yang menawan.

15. Beijing National Stadium, Tiongkok

Foto: www.stadiumdb.com

Saking miripnya, penduduk sekitar menjuluki bangunan ini sebagai “sarang burung”. Stadion ini sendiri mengakomodasi konser dan beragam acara lainnya; bahkan didaulat sebagai tuan rumah olimpiade musim dingin tahun 2022 mendatang.

 
 

Previous Article
Siapa Bilang Naik Kereta Api Ekonomi Tidak Nyaman? Ini Dia Enam Triknya!
Siapa Bilang Naik Kereta Api Ekonomi Tidak Nyaman? Ini Dia Enam Triknya!

Asalkan pintar memilih tempat duduk, perjalanan dengan kereta api ekonomi juga bisa tetap nyaman, lho.

Next Article
Senang-senang Sambil Belajar, Inilah Delapan Manfaat Outbound untuk Si Kecil
Senang-senang Sambil Belajar, Inilah Delapan Manfaat Outbound untuk Si Kecil

Anda bisa juga, lho, mengajak si kecil liburan berkualitas dengan menjajal aktivitas outbound. Apa saja sih...

Want more?

Visit our site

Discover