Pulau Peucang, Wisata Pantai & Hutan di Ujung Barat Pulau Jawa.

December 17, 2014 alambudaya

yang ingin berliburan pada saat weekend pasti tidak asing dengan Pantai Anyer dan Carita, tahukah anda dengan 1 - 1.5 jam lagi perjalanan dari Carita anda menemukan kawasan Pantai Tanjung Lesung yang cantik. Kawasan Tanjung Lesung mempunyai beberapa pantai yang indah, selain itu dari sini kita juga bisa mengunjungi beberapa kawasan Wisata seperti Pulau Peucang, Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon dan Gunung Krakatau.

Pulau Peucang berada di Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat, serta merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dan satwa langka lainnya. Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan obyek wisata alam yang menarik, dengan keindahan berbagai bentuk gejala dan keunikan alam berupa sungai-sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya/sejarah (Arca Ganesha, di Gunung Raksa Pulau Panaitan). Kesemuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain.


Pulau Peucang adalah salah satu pulau di TNUK yang banyak disinggahi para peneliti, pecinta lingkungan, maupun wisatawan. Di pulau seluas 450 hektare ini terdapat pantai-pantai alami yang berpasir putih serta kawasan hutan yang masih terjaga. Selain menikmati pantai dan panorama sekitar yang natural, wisatawan dapat melakukan snorkeling atau berenang di lautnya yang jernih. Aktivitas lain yang banyak dilakukan wisatawan di Pulau Peucang adalah trekking ke Karang Copong atau menyeberang ke Cidaon, di mana terdapat sabana yang dihuni kawanan banteng, merak, rusa, serta dan mercusuar tua yang dibangun pada masa kolonial.


Pulau lain yang juga menarik adalah Pulau Handeuleum. Di sini, wisatawan dapat melakukan trekking, menyusuri sungai dan hutan mangrove dengan perahu, dan mengamati sejumlah satwa liar seperti banteng, rusa, atau badak Jawa bila beruntung. Sementara di Pulau Panaitan, terdapat Gunung Raksa di mana terdapat sebuah situs sejarah yang banyak dikunjungi para peneliti maupun wisatawan.

Mengingat kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah kawasan penting dan dilindungi, wisatawan yang ingin melakukan aktivitas di dalam kawasan ini sangat disarankan untuk menginformasikan kepada petugas terlebih dahulu sebelum menuju taman nasional ini. Hal ini juga memudahkan dalam menyiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk mendukung aktivitas yang dilakukan seperti menyewa perahu, pemandu, serta kebutuhan lainnya.


Untuk Menuju ke Taman Nasional Ujung Kulon dapat dicapai dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Untuk menuju, Sumur atau Taman Jaya, sebagai pintu gerbang Taman Nasional, perjalanan dapat dilakukan dengan menempuh rute Pandeglang dan Labuan. Sedangkan, bila dengan transportasi umum, wisatawan bisa menggunakan bus menuju Labuan dan dilanjutkan dengan mini bus ke Sumur. Dari Sumur atau Taman Jaya, wisatawan kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Peucang atau pulau lain yang dituju dengan perahu.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

Read more...

Previous Article
Meru Betiri, Surga Belantara yang Belum Terjamah.
Meru Betiri, Surga Belantara yang Belum Terjamah.

Meru Betiri merupakan hutan tropis dengan sungai spektakuler dan...

Next Article
Menjelajahi Wisata dengan Ketangguhan Terios.
Menjelajahi Wisata dengan Ketangguhan Terios.

Bagi seorang backpacker atau blogger wisata, bisa menjelajahi Nusantara...