Tur Misteri ke Rumah Pengabdi Setan, Berani Ikut?

October 12, 2017 Chatarina Komala

Satu juta penonton dalam sepekan, bukanlah jumlah yang sedikit bagi sebuah film. Jumlah ini, bahkan bisa menjadi tanda, Pengabdi Setan bukanlah sembarang film. Kendati tidak lepas dari sejumlah kritikan—baik teknis maupun nonteknis—Pengabdi Setan sukses menciptakan nuansa baru bagi pecinta film horor Indonesia.

 

Baca juga:

 

Nah, salah satu ikon Pengabdi Setan yang cukup populer, yakni rumah tua di tengah perkebunan. Berdasarkan cerita, di bangunan inilah keluarga pemeran utama tinggal. Adapun nuansa seram yang terasa dari dalam rumah, tidak dibuat-buat, lho. Pasalnya, menurut penuturan warga sekitar, rumah ini benar-benar angker!

Lantaran berasal dari zaman kolonial, wajar saja jika rumah yang berada di daerah Pengalengan, Bandung, ini masih kokoh berdiri hingga kini. Hanya saja, entah saking tua atau angker, rumah ini justru sudah tidak dihuni selama puluhan tahun. Sebagai bagian dari pembuatan film, kru Pengabdi Setan pun sempat merenovasi beberapa bagian rumah selama tiga minggu.

 

Tur Misteri ke Rumah Pengabdi Setan

 

Foto: www.hipwee.com

Setelah booming di pasaran, banyak orang berbondong-bondong mendatangi lokasi shooting. Pun itu sebabnya—guna menjembatani minat yang begitu besar—Sociotraveler, sebuah agen wisata perjalanan membuka tur misteri ke rumah di Pengalengan.

Ide ini didapatkan Septyan Bayu (pendiri) saat menonton film Pengabdi Setan. Selain dari segi cerita yang memang mendebarkan, ia mengaku penasaran dengan rumah tersebut. “Rumahnya itu, sudah kerasa horor banget. Kepikiran ingin tahu lokasi rumah tua itu,” katanya dikutip dari Kompas Travel.

Sebelumnya, ada pula Ghost Photography Community (GPC) yang sudah lebih dulu mendatangi dan mengeksplorasi rumah tersebut. Saling berbagi kesamaan hobi, komunitas ini mendatangi rumah Pengalengan untuk berburu foto makhluk tidak kasat mata.

Keduanya lantas berkolaborasi. Satu trip dibanderol dengan harga Rp475 ribu, termasuk transportasi Bandung-Pangalengan, izin masuk kawasan, konsumsi, dan dokumentasi. Tur akan dimulai tanggal 14 Oktober 2017, dari pukul 12.00 hingga 02.00 dini hari. “Wisata malam ke rumah tua dan hunting foto. Untuk trip, penyelenggaranya adalah Sociotraveler, sementara teman-teman GPC akan memandu peserta trip untuk menjelajahi sudut rumah,” Septyan menambahkan.

 

Baca juga:

 

Rumah Lama dan Teknik Fotografi Astral

 

Foto: www.tribunnews.com

Tidak banyak yang mengetahui seluk-beluk rumah tua tersebut. Namun, satu pendapat umum yang beredar, rumah itu milik seseorang di perkebunan yang sudah tidak ditinggali selama 20 tahun. Layaknya rumah jadul pada umumnya, Anda akan menemukan banyak lorong yang panjang dan sempit. Konon, rumah tersebut juga pernah dijadikan vila atau penginapan.

Lantas, bagaimana soal keangkeran rumah ini? Usut punya usut, rupanya warga sekitar sering melihat “penampakan” di sana. Misalnya, hantu Belanda—atau justru beberapa potret makhluk astral yang berhasil ditangkap oleh GPC. Tidak ketinggalan, beberapa kejadian janggal pun dialami oleh Joko Anwar dan krunya saat shooting. Ini meliputi terekamnya suara aneh, hingga ukuran pintu yang membesar.

Oh ya, dalam tur ini, Anda juga akan diajarkan tutorial dalam memotret makhluk astral, lho. Pun itu sebabnya, peserta disarankan untuk membawa kamera, untuk sama-sama belajar dengan GPC. Bagaimana, berani mencoba?

Previous Article
7 Alternatif Wisata Keluarga Jika Anda Tidak Punya Cukup Waktu Libur
7 Alternatif Wisata Keluarga Jika Anda Tidak Punya Cukup Waktu Libur

Ingin mengajak keluarga liburan bareng tetapi tidak memiliki waktu libur? Jangan khawatir, berikut 7 hal ya...

Next Article
Menjajal Sepuluh Co-working Spaces Jakarta yang Menunjang Produktivitas
Menjajal Sepuluh Co-working Spaces Jakarta yang Menunjang Produktivitas

Perkembangan teknologi memungkinkan Anda tidak lagi butuh datang ke kantor untuk bekerja.

Want more?

Visit our site

Discover