7 Alternatif Wisata Keluarga Jika Anda Tidak Punya Cukup Waktu Libur

October 19, 2017 Chatarina Komala

Padatnya aktivitas dan rutinitas harian ada kalanya membuat Anda jengah. Satu-satunya obat terdekat, pulang ke rumah dan bertemu dengan keluarga tercinta. Bukan hanya atmosfer kebahagiaan, meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga amat penting—setidaknya bagi si anak. Adapun mendekatkan hubungan dan berinteraksi dengan anggota keluarga berguna bagi perkembangan fisik, kognitif, maupun mental.

Pun itu sebabnya, sempat atau tidak, banyak orang akan mencari waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Bisa saat perayaan hari besar, hingga libur akhir pekan. Lalu, bagaimana jika padatnya pekerjaan tidak menyisakan banyak waktu luang? Berikut adalah tujuh alternatif wisata yang bisa Anda lakukan bersama keluarga.

 

1. Memasak Bersama

Ilustrasi: www.brightside.me

Liburan yang menyenangkan tak berarti harus pergi ke tempat yang jauh. Contohnya, dengan berlibur di rumah melalui serangkaian aktivitas. Salah satunya, memasak.  

Pastikan si kecil ikut terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengajaknya berbelanja, lalu berbagi tugas memasak. Dalam hal ini, jangan lupa mendengarkan semua sarannya, ya.

 

2. Bermain di Taman

Ilustrasi: www.heylikewow.com

Tidak perlu jauh-jauh, ajaklah keluarga Anda menikmati ruangan terbuka di dekat rumah. Anda bisa menikmati hiburan di taman kota yang rimbun atau justru di taman bermain kompleks perumahan.

Agar semakin seru, pilihlah aktivitas outdoor yang dapat Anda lakukan bersama keluarga. Bisa dengan bermain sepak bola, bersepeda, basket, atau justru berenang.  

 

3. Berkebun

Ilustrasi: www.gardenloka.com

Di mana pun tempatnya, berkebun dapat menjadi inspirasi wisata seru yang memperkuat kekompakan keluarga. Apalagi, hal ini juga berdampak positif pada konsumsi sayuran anak. Sebuah studi dari Texas A&M University mengungkapkan, anak-anak cenderung tertarik untuk memakan sayuran yang mereka sudah tahu, kenal, serta tanam sendiri.

 

4. Menonton Pertunjukan

Ilustrasi: www.brisbanekids.com.au

Sebagai hiburan, Anda dapat mengajak keluarga menonton pertunjukan bersama. Ini dapat meliputi nonton film bareng, eprgi ke teater, hingga menyaksikan konser.

 

5. Berkunjung ke Museum

Ilustrasi: www.mylittlenomads.com

Tanamkan semangat belajar pada si kecil dengan cara yang menyenangkan dan tentu saja: terjangkau. Anda bisa mengajak keluarga untuk berkunjung ke museum terdekat.

 

6. Membuat Kerajinan Tangan Bersama

Ilustrasi: www.wififamilyblog.com

Bersama-sama membuat kerajinan tangan, dapat meningkatkan kebersamaan sekaligus mengasah kreativitas. Tidak perlu yang rumit. Cukup ciptakan barang-barang unik dan berguna dari perkakas bekas. Anda bahkan dapat memperbarui dekorasi rumah dengan menciptakan lukisan bareng keluarga.  

 

7. Piknik di Alam

Ilustrasi: www.scarymommy.com

Jika perlu, Anda bisa mengajak keluarga untuk hiking bareng. Cukup ke area bukit terdekat atau dataran tinggi yang berlokasi tidak jauh dari rumah. Bukan hanya menyenangkan, mendaki juga bisa mengasah stamina.

Namun, kalau hiking terlalu berat untuk si kecil, Anda dapat mengajaknya piknik di alam terbuka. Bisa berupa taman hiburan atau area perkemahan. Agar lebih seru, cari juga tempat yang dilengkapi fasilitas outbound.  Alternatif, lain, ajaklah mereka pergi kamping. Cukup satu malam, dengan catatan: harus aman dan nyaman. Siapkan pula makanan dan minuman yang cukup; pun perangkat menghangatkan badan.

 

Previous Article
Kenali Delapan Hal yang Di-cover Asuransi Perjalanan
Kenali Delapan Hal yang Di-cover Asuransi Perjalanan

Seberapa butuhkah kita pada asuransi perjalanan?

Next Article
Tur Misteri ke Rumah Pengabdi Setan, Berani Ikut?
Tur Misteri ke Rumah Pengabdi Setan, Berani Ikut?

Sudah nonton film Pengabdi Setan? Bagaimana? Kurang horor? Jika ya, Anda bisa, kok, menjajal sensasi seram ...

Want more?

Visit our site

Discover