Kenali Delapan Hal yang Di-cover Asuransi Perjalanan

October 23, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.telegraph.co.uk

Ada banyak risiko yang tidak bisa kita hindari saat bepergian. Entah ke luar kota atau luar negeri, tidak banyak yang bisa Anda perbuat saat mengalami musibah. Belum lagi, jika Anda harus membayar biaya pengobatan yang tidak sedikit. Jika sudah begini, ke mana Anda dapat meminta pertolongan?

Asuransi perjalanan (travel insurance) lantas muncul sebagai solusi perlindungan wisatawan, dari banyak risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan. Fungsinya, hampir sama dengan asuransi pada umumnya. Hanya saja, asuransi perjalanan berlaku selama jangka waktu tertentu—yaitu selama pembeli premi melakukan perjalanan berangkat hingga pulang ke rumah.

Berikut adalah beberapa jenis asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.   

1. Kecelakaan

Asuransi kecelakaan meng-cover segala bentuk kematian, kehilangan anggota badan, maupun kelumpuhan total yang terjadi akibat kecelakaan selama perjalanan.

2. Perlindungan Ganda Bagi Kecelakaan Pesawat Terbang Komersial

Sebagai pengguna premi Anda akan mendapatkan penggandaan santunan bagi kecelakaan pribadi. Adapun hal ini berlaku pada kecelakaan dalam pesawat terbang komersial yang terjadwal.

3. Pemulangan Jenazah

Terdapat dua alternatif yang ditawarkan. Ini meliputi baya pemulangan jenazah atau kremasi (penguburan) di lokasi tempat kematian terjadi.

4. Perawatan Anak dan Kunjungan Duka

Jenis asuransi ini memungkinkan satu anggota keluarga menyusul Anda, selama proses perawatan di luar negeri.

5. Evakuasi Medis

Ini merupakan fasilitas bantuan 24 jam yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan maupun perawatan darurat. Fasilitas ini tersedia di seluruh dunia.

6. Bagasi dan Barang Pribadi

Beberapa produk asuransi perjalanan juga mampu menanggung kerugian akibat kehilangan maupun kerusakan bagasi. Ini meliputi seluruh barang yang ada di dalamnya, atau benda yang Anda gunakan selama perjalanan. Nah, beberapa jenis asuransi juga memberikan ganti rugi, jika terdapat keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.

7. Hal-hal Lain yang Terjadi Selama Perjalanan

Secara umum, asuransi perjalanan menawarkan perlindungan terhadap banyak kasus, seperti keterlambatan perjalanan (lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus di luar kuasa pemegang polis, biaya akomodasi, hingga uang membeli makanan dan minuman yang harus dikeluarkan akibat kacaunya jadwal penerbangan.

8. Perlindungan Rumah

Fasilitas ini diberikan untuk beragam kerusakan rumah akibat kebakaran atau hal lain, terutama saat rumah tersebut ditinggalkan pemiliknya.  

Kendati demikian ada beberapa hal yang tidak ditanggung oleh asuransi perjalanan. Ini meliputi kecelakaan akibat pengaruh alkohol dan obat-obatan, kecelakaan yang disengaja, force majeure (terjebak kerusuhan atau konflik di negara bersangkutan), pemegang polis menderita penyakit dan mengabaikan anjuran dokter, hamil dan keguguran, hingga akitivitas berisiko (atlet atau pebalap). 

Previous Article
Delapan Alternatif Liburan Murah Jakarta, Pilih yang Mana?
Delapan Alternatif Liburan Murah Jakarta, Pilih yang Mana?

Mengajak keluarga berlibur di akhir pekan tidak harus selalu mahal dan jauh, kok. Berikut sembilan alternat...

Next Article
7 Alternatif Wisata Keluarga Jika Anda Tidak Punya Cukup Waktu Libur
7 Alternatif Wisata Keluarga Jika Anda Tidak Punya Cukup Waktu Libur

Ingin mengajak keluarga liburan bareng tetapi tidak memiliki waktu libur? Jangan khawatir, berikut 7 hal ya...

Want more?

Visit our site

Discover