Yuk, Jalan-jalan ke Lima Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya

November 3, 2017 Chatarina Komala

Menjadi ibu kota provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya tentu kaya akan sejarah. Tidak dapt dimungkiri, Surabaya telah melalui banyak zaman, mulai dari kolonial hingga awal kemerdekaan.

Tidak heran, menjadi kota terbesar di Indonesia dengan perjalanan sejarah yang sangat panjang, jalan-jalan di Surabaya bisa jadi satu kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya, ada banyak sekali tempat wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi. Apalagi, Kota Surabaya juga mendapat julukan sebagai “Kota Pahlawan”.

Lantas, apa saja tempat wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi di sana?

 

Baca juga:

 

1. Museum 10 November

Foto: www.hellosurabaya.com

Museum ini dibangun untuk mengenang keberanian arek Suroboyo yang berperang melawan kedatangan Sekutu di tanggal 10 November 1945. Di sana, Anda bisa menjumpai aneka barang bersejarah, meliputi benda peninggalan dan rekaman asli pidato Bung Tomo, foto perjuangan dan pertempuran 10 November, serta banyak diorama pertempuran. Adapun museum ini terdiri atas dua lantai dan terbuka untuk umum.

 

2. Monumen Kapal Selam

Foto: www.pesonakotasurabaya.wordpress.com

Berlokasi di tengah Kota Surabaya, bisa dikatakan Monumen Kapal sSelam menjadi salah satu lokasi wisata paling populer di sana. Kapal selam bernama KRI Pasopati ini, sesungguhnya adalah kapal selam buatan tahun 1952 oleh Vladi Rusia. Mulanya, kapal SS tipe Whisky Class ini digunakan dalam Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) dalam masa penegakkan kedaulatan bangsa di Indonesia Timur.

 

3. Museum Mpu Tantular

Foto: www.kresnabayutour.com

Lokasinya, ada di Sidoarjo, Jawa Timur. Di sana Anda bisa menjumpai beragam barang peninggalan masa kerajaan Hindu-Buddha, Islam, kolonial, hingga di awal kemerdekaan. Adapun memiliki 15 ribu koleksi bersejarah, Museum Mpu Tantular bisa dikatakan sebagai museum terlengkap di Indonesia.

 

4. Klenteng Hong Tiek Hian

Foto: www.surabaya.panduanwisata.id

Kabarnya, klenteng ini telah ada di masa Kerajaan Majapahit. Penggagasnya, yakni Pasukan Tartar (dikenal juga dengan Pasukan Mongol) di masa kekuasaan Khubilai-Khan. Adapun klenteng ini berada di wilayah pecinan Surabaya Utara, dan selalu ramai--terutama di hari-hari khusus seperti perayaan Imlek.

 

Baca juga:

 

5. Tugu Pahlawan

Foto: www.ulinulin.com

Jika Jakarta memiliki Monumen Nasional (Monas) sebagai ikon, Surabaya populer dengan Tugu Pahlawannya sebagai simbol. Adapun bagunan berbentuk “paku terbalik” ini berketinggian sekitar 41,15 meter.

Bagi warga Surabaya, Tugu Pahlawan mengandung nilai filosofis, sebab memiliki 10 lengkungan yang terbagi menjadi 11 ruas. Seluruhnya, mewakili tanggal penting Kota Surabaya, yakni 10 November.

Itulah lima tempat wisata bersejarah di Surabaya yang dapat Anda kunjungi. Bagaimana, sudah siap berkunjung ke Surabaya?   

Previous Article
 Sehari Di Puncak Kalibiru yang Penuh Candu
Sehari Di Puncak Kalibiru yang Penuh Candu

Hamparan perbukitan hijau Menoreh yang berlapis-lapis siap menyejukkan mata. Di tengah-tengahnya, waduk Ser...

Next Article
Delapan Alternatif Liburan Murah Jakarta, Pilih yang Mana?
Delapan Alternatif Liburan Murah Jakarta, Pilih yang Mana?

Mengajak keluarga berlibur di akhir pekan tidak harus selalu mahal dan jauh, kok. Berikut sembilan alternat...

Want more?

Visit our site

Discover