Membeli Oleh-Oleh Juga Ada Seninya, Lho!

Kendati hanya basa-basi, risi rasanya jika harus pulang dengan tangan hampa. Sempat atau tidak, ada kalanya Anda ingin menyisihkan waktu untuk mampir ke toko oleh-oleh, lalu membeli beberapa (sekalipun itu kecil dan tidak terlalu bermanfaat).

Nah, agar membeli oleh-oleh jadi persoalan yang mudah dan tidak membingungkan, berikut adalah beberapa panduan membeli buah tangan untuk orang terdekat.

 

Baca juga:

 

1. Memilih Jenis Oleh-oleh

Ilustrasi: www.fodors.com

Ada banyak jenis oleh-oleh. Nah, bagi Anda yang menganggap oleh-oleh hanyalah “formalitas”, bisa memilih apa pun jenisnya, asalkan berasal dari lokasi liburan. Paling penting, jangan lupa menyesuaikan jenis oleh-oleh dengan bujet yang dimiliki. Sebelum berangkat, Anda bisa menganggarkan bujet terlebih dulu, dan merencanakan lokasi pembelian oleh-oleh. Di sini, kendati lebih praktis, hindari membeli oleh-oleh di bandara, terminal, maupun stasiun. Untuk harga lebih terjangkau, carilah pasar tradisional atau pusat oleh-oleh. Jangan lupa untuk menawar, ya.

 

2. Sesuaikan dengan Si Penerima

Ilustrasi: www.huffingtonpost.com

Entah dalam bentuk suvenir, makanan, atau justru keduanya, pastikan Anda menyesuaikan oleh-oleh dengan karakter si penerima. Jika oran gyang diberikan tidak terlalu banyak, atau mereka lebih senang menyimpan kenang-kenangan, membelikan suvenir tentu akan lebih bermanfaat. Sebaliknya, jika mereka menganut paham “apa saja boleh”, Anda bisa membelikan makanan ringan yang bisa disantap bersama.

Adapun untuk orang terdekat, tidak ada salahnya memberikan oleh-oleh “lebih” dan “khusus”, seperti buku, pakaian, hingga barang bermerek.

  

3. Pertimbangkan Lokasi Membeli Oleh-oleh

Ilustrasi: www.thai-blogs.com

Untuk beberapa destinasi wisata populer, Anda bisa menemukan oleh-oleh di banyak tempat. Ini meliputi bandar, stasiun, terminal, mal, pusat oleh-oleh, hingga pasar tradisional. Setiap tempat, tentu memiliki plus dan minusnya tersendiri. Nah, untuk mendapatkan pilihan yang tepat, Anda bisa terlebih dulu mencari tahu atau bertanya kepada warga lokal. Cobalah meminta saran dan rekomendasi mereka, sesuai kebutuhan.

 

4. Periksa Kualitas Oleh-oleh

Ilustrasi: www.edition.cnn.com

Sudah punya niat baik membelikan oleh-oleh, tahu-tahu makanan khas yang Anda berikan justru basi dan sudah kedaluarsa. Jika sudah begini, Anda rugi banyak hal: uang, waktu, dan citra buruk.

Nah, untuk mengantisipasi hal ini, Anda disarankan untuk membeli makanan di pusat oleh-oleh, atau justru tempat produksinya langsung. Jangan lupa tanyakan kepada si penjual soal batas kedaluarsa hingga merek yang terjamin kualitasnya. Satu cara mudah, bisa dilihat dari tinggi-rendahnya harga yang disematkan pada satu produk.

 

Baca juga:

 

5. Cek Tanggal Kedaluarsa

Ilustrasi: www.multanimittimiracle.com

Ada kalanya, Anda kesulitan mengecek tanggal kedaluarsa makanan. Pada banyak pusat oleh-oleh, ada kemungkinan satu produk yang paling laku bisa cepat habis, sementara yang tidak--akan terus berada di sana dalam waktu lama.

Cara paling mudah untuk memastikan masa berlaku produk, adalah dengan melihat kondisi kemasannya. Jika masih terlihat baik, itu artinya produk masih bisa dikonsumsi. Selain itu, perhatikan tanggal kedaluarsa dan kalau perlu, bertanya pada si penjual secara langsung. Nah, untuk yang satu ini, ada baiknya Anda menghindari membeli oleh-oleh di jam sibuk, ya.

Adapun jika perjalanan pulang cukup jauh; disarankan untuk tidak membeli makanan dengan bau menyengat. Selain mengganggu penumpang lain, makanan ini memiliki risiko basi yang lebih tinggi.

Previous Article
Empat Hal yang Tidak Akan Anda Temukan Kecuali di Gunung Ijen
Empat Hal yang Tidak Akan Anda Temukan Kecuali di Gunung Ijen

Salah satu primadona Gunung Ijen adalah api biru-nya yang memesona. Kabarnya, fenomena blue fire ini hanya ...

Next Article
 Sehari Di Puncak Kalibiru yang Penuh Candu
Sehari Di Puncak Kalibiru yang Penuh Candu

Hamparan perbukitan hijau Menoreh yang berlapis-lapis siap menyejukkan mata. Di tengah-tengahnya, waduk Ser...

Want more?

Visit our site

Discover