Empat Hal yang Tidak Akan Anda Temukan Kecuali di Gunung Ijen

November 2, 2017 Chatarina Komala

Ada dua destinasi wisata populer di Kota Banyuwangi, yakni Baluran dan Kawah Ijen. Datang ke sana tanpa mengunjungi keduanya, tentu belumlah lengkap. Apalagi, soal pariwisata, pemerintah Banyuwangi baru-baru ini mewacanakan kereta gantung untuk memudahkan para pendaki Gunung Ijen.

Masuk dalam kategori gunung berapi aktif, Gunung Ijen pernah meletus sebanyak empat kali, yakni di tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936. Nah, salah satu primadona Gunung Ijen adalah api biru-nya yang memesona. Kabarnya, fenomena blue fire ini hanya ada dua di dunia, lho. Nah, selain blue fire yang populer, apa saja sih keunikan Gunung Ijen?

 

Baca juga:

Kisah Perburuan Api Biru di Kawah Ijen

Alasan Yang Membuat Banyuwangi Menerima Penghargaan Dari Badan Pariwisata PBB

5 Pantai Cantik Jawa Timur

 

1. Api Biru (Blue Fire)

Ilustrasi: www.balijavaholidays.com 

Di dunia ini, hanya ada dua wilayah yang memiliki fenomena api biru. Pertama, Eslandia, dan Indonesia (Gunung Ijen, Banyuwangi). Nah, tidak seperti namanya, blue fire ini tidak berbentuk api. Sebuah penelitian dari University of Geneva, Swiss mengungkapkan, percikan biru yang ada di sana sebetulnya merupakan reaksi dari gas Bumi (belerang), yang keluar dari tanah. Gas Bumi ini kemudian bertemu dengan oksigen (udara), di suhu di atas 360 derajat Celsius, lalu membentuk api biru.

Selepas mendaki selama tiga jam, Anda bisa menyaksikan api biru ini di Kawah Ijen. Waktu terbaik untuk menyaksikanya, yakni dini hari hingga pukul empat pagi.

 

2. Penambang Belerang Tradisional

Ilustrasi: www.bromojavatravel.com

Bukan hanya menawarkan keindahan bagi para pelancong, potensi alam Gunung Ijen juga mendatangkan keuntungan bagi warga sekitar. Tidak heran, jika di sela-sela mendaki, Anda menemukan banyak penambang belerang di Gunung Ijen.

Belerang akan diambil dari pinggir kawah Gunung Ijen, lalu diolah menjadi produk kosmetik, bahan ban, korek api, salep, hingga pupuk.  Nah, satu hal yang menarik, dalam sekali pendakian, seorang penambang bahkan mampu membawa beban hingga 60 kilogram.

Oh ya, para penambang di sana juga menjajakan jasa “angkut” yang bisa dimanfaatkan kalau Anda lelah mendaki Gunung Ijen. Mereka akan menggunakan gerobak sebagai kendaraan, untuk mengangkut para wisatawan yang capai di perjalanan.

Untuk keamanan, jangan lupa membawa pakaian hangat, jaket, penutup kepala, masker, dan senter. Selain itu, bawa pula air minum dan sedikit camilan untuk menjaga stamina tetap kuat.

 

3. Kawah Ijen

Ilustrasi: www.ijentourism.com 

Dengan ukuran 960 meter x 600 meter; berkedalaman 200 meter, kaldera Kawah Ijen menjadi yang terluas di antara banyak gunung berapi di Pulau Jawa. Bahkan, ukuran kalderanya bisa mencapai 20 kilometer. Adapun kaldera ini, sesungguhnya merupakan sebuah danau kawah vulkanik yang berada di ketinggian 2.443 mdpl.

Di siang hari, kaldera ini tampak sangat cantik. Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Jangan sampai terlalu dekat, apalagi menyentuh air danaunya. Sebab, danaui ini memiliki kandungan asam yang sangat tinggi--yang mampu melarutkan banyak benda. Belum lagi, soal suhu kawah yang bisa mencapai 200 derajat Celsius...

 

Baca juga:

4 Museum Bersejarah di Jawa Timur

Wisata Candi di Jawa Timur, Yuk!

8 Lokasi Ini Naik Daun Karena Film

 

4. Suvenir Belerang

Ilustrasi: www.bbc.com 

Selain dijadikan bahan baku kosmetik atau salep, para penambang juga memanfaatkan belerang sebagai suvenir. Caranya, belerang akan dicetak dan dibentuk menjadi beragam rupa. Bisa menjadi karakter kartun, arsitektur, gambar candi, apa pun!

Previous Article
Lima Tujuan Wisata Populer yang Harus Anda Kunjungi di Indonesia
Lima Tujuan Wisata Populer yang Harus Anda Kunjungi di Indonesia

Mengapa harus pergi ke luar negeri, jika ada banyak tempat cantik di Indonesia yang bisa dikunjungi?

Next Article
 Membeli Oleh-Oleh Juga Ada Seninya, Lho!
Membeli Oleh-Oleh Juga Ada Seninya, Lho!

Tidak dapat dimungkiri, pertanyaan oleh-oleh kerap muncul ketika seseorang ingin bepergian.

Want more?

Visit our site

Discover