Ssst, Sentul Juga Punya Green Canyon, Lho!

November 22, 2017 Chatarina Komala

Foto: www.portalwisata.co.id 

Liburan dan melepaskan diri dari penat tidak melulu harus dengan pergi ke tempat jauh, kok. Dengan berkendara selama beberapa jam dari Jakarta, misalnya. Anda bisa langsung mengarahkan kemudi ke Curug Leuwi Hejo--satu surga tersembunyi di Sentul, Bogor--yang disebut-sebut seabgai versi mini Green Canyon, Pangandaran.

Namanya juga “versi mini”, di sana Anda memang tidak dapat menemukan aliran sungai panjang; atau menyusurinya dengan perahu. Pasalnya, Curug Leuwi Hejo hanyalah sebuah kolam mini. Di atasnya, terdapat aliran air terjun kecil, yang berasal dari mata air Gunung Pancar.

Dalam bahasa Sunda, hejo sendiri berarti “hijau”. Dinamakan demikian, sebab air di curug ini memang berwarana biru kehijauan. Sisi plusnya, karena ada di wilayah perbukitan, tempat ini masih asri dengan pepohonan dan aliran air jernihnya.

 

Baca juga:

 

Mengunjungi Banyak Curug di Sekitar

Belum pernah terekspos, Curug Leuwi Hejo sendiri mulai populer berkat media sosial. Mulanya, ada sekelompok orang yang berkamping di wilayah perbukitan Sentul; dan menemukan tempat ini. Mereka lantas berfoto dengan latar curug yang serupa kolam pribadi; lalu mengunggahnya di Facebook.

Oleh warga sekitar, Curug Leuwi Hejo juga kerap kali disebut dengan Curug Bengkok. Penamaan ini tentu bukan alasan, sebab air yang terjun dari bebatuan memang memiliki bentuk tidak lurus (bengkok). Adapun Curug Leuwi Hejo berada di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

 

Foto: www.travelicious.co.id

Bagi yang mengendarai mobil, bisa langsung memasuki tol ke arah Bogor. Setelahnya, jangan lupa keluar di Sentul Selatan. Anda bisa mencari papan jalan menuju Babakan Madang; atau bertanya arah Jungle Land. Setelah menemukan bundaran; lewati area perkampungan yang berada tidak jauh dari sana. Kendati terkesan rumit, jangan khawatir--perjalanan Anda tidak akan membosankan, kok. Pasalnya, Ada beragam jenis pemandangan yang bisa Anda nikmati sepanjang perjalanan, mulai dari bukit-bukit hijau, sawah, hingga aliran sungai.

Adapun berkunjung ke Leuwi Hejo, serupa mendapatkan kolam pribadi. Aliran yang jernih dan dingin, bisa membuat tubuh dan pikiran Anda segar. Ceruknya pun tidak terlalu dalam, jadi lebih aman untuk Anda yang belum mahir berenang.  

Nah, setelah puas main air di Curug Leuwi Hejo, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke beberapa curug terdekat lain. Hanya dengan berjalan kaki, misalnya, Anda bisa melanjutkan ke Curug Leuwi Cipet dan Curug Leuwi Liyet; atau dengan berkendara--cobalah berkunjung ke Hutan Pinus Gunung Pancar dan Curug Barong.

 

Baca juga:

 

Hati-hati Berkendara

Dalam perjalanan menuju curug, Anda akan dihadapkan pada kondisi jalan yang menanjak, sempit, curam, berkelok, dan bergelombang. Akibatnya, Anda perlu hati-hati berkendara--apalagi ketika harus berpapasan dengan kendaraan lain dari arah yang berlawanan. Pastikan pula, kendaraan yang Anda naiki dalam kondisi prima.

 

Foto: www.travelicious.co.id

Selain itu, hindari datang di musim ramai. Pasalnya, area curug tidaklah besar. Anda juga disarankan untuk datang di musim kemarau dan pagi hari. Selain belum terlalu ramai, aliran air di sana juga masih dingin dan segar.  

Previous Article
Agar Liburan Tetap Nyaman di Musim Hujan
Agar Liburan Tetap Nyaman di Musim Hujan

Musim hujan bukanlah alasan untuk berdiam diri di rumah. Selagi sempat, Anda tetap bisa, kok, merencanakan ...

Next Article
Eksotisme Flora dan Fauna di Pulau Peucang
Eksotisme Flora dan Fauna di Pulau Peucang

Terletak di ujung barat Pulau Jawa, Pulau Peucang bisa jadi satu destinasi yang cocok untuk membuang penat.

Want more?

Visit our site

Discover