Lima Spot di Gunung Semeru yang Bikin Anda Semangat Mendaki!

November 28, 2017 Chatarina Komala

Populer sebagai latar sebuah film lokal, Gunung Semeru kini seolah “kebanjiran” pengunjung. Setiap tahunnya, tidak sedikit orang yang bertandang ke sana untuk sekadar menghabiskan liburan atau justru penasaran dengan keindahan yang tampak di film. Adapun untuk tuntas mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, Anda membutuhkan waktu sekitar empat hingga lima hari pendakian.

Sayang, seiring meningkatnya pecinta aktivitas mendaki--tidak sedikit pula yang mencibir hobi yang satu ini. Padahal, mendaki Gunung Semeru tidak sekadar bikin susah atau capek diri sendiri. Pasalnya, di sepanjang jalan, Anda akan disuguhkan beragam pemandangan yang memanja mata. Nah, jika penasaran, berikut adalah lima spot tercantik bagi Anda yang ingin mendaki Gunung Semeru. Dijamin bikin pengin balik lagi, deh.

 

1. Ranu Kumbolo

Foto: www.naturalsunrisetour.com

Pesona spot cantik yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Saking cantiknya, banyak seniman yang menjadikan Ranu Kumbolo sebagai inspirasi karyanya, lho. Nah, di sinilah Anda akan berhenti sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Tekstur tanah yang lapang dan luas, plus panorama danau dan bukit cantik yang mengelilinginya bisa jadi satu spot favorit untuk berkemah.

 

2. Tanjakan Cinta

Foto: www.travel.tribunnews.com

Bangun dari pinggir Ranu Kumbolo, inilah saatnya melanjutkan perjalanan. Nah, Anda akan melewati satu spot terbaik yang melelahkan--sehingga sering kali disebut “Tanjakan Cinta”. Sesuai namanya, jalurnya sendiri panjang, menanjak, dan cukup terjal. Konon, siapa pun yang berhasil mendaki tanjakan ini sembari memikirkan pasangannya--tanpa sekalipun menoleh ke bawah, cintanya akan abadi. Anda percaya?

 

3. Oro-oro Ombo

Foto: www.klikhotel.com

Spot yang satu ini cocok banget untuk berfoto. Oro-oro Ombo merupakan padang rumput yang luas; yang dipenuhi oleh tanaman bunga warna ungu--Verbena Brasiliensis. Bahkan, jika diperhatikan sekilas, Oro-oro Ombo hampir mirip dengan pemandangan gunung-gunung di Eropa, lho.

Kapan pun Anda berkunjung, Oro-oro Ombo akan terlihat cantik. Ketika musim hujan datang, bunga-bunga verbena akan tumbuh dan bermekaran di sana. Sebaliknya, di musim panas, bunga-bunga tersebut akan layu dan mengering, meninggalkan jejak kuning yang cantik.

 

4.  Cemoro Kandang

Foto: www.indonesia-tourism.com

Disebut demikian, sebab spot ini didominasi oleh banyak pohon cemara yagn memanja mata. Kendati demikian, jangan terlena oleh keindahannya, ya. Pasalnya, Anda tetap membutuhkan stamina yang benar-benar kuat untuk akhirnya melewati spot ini.

 

5. Kalimati

Foto: www.infopendaki.com

Inilah pos terakhir sebelum mencapai puncak Gunung Semeru. Di saat yang sama, Kalimati juga merupakan batas akhir pendakian Gunung Semeru. Harus dipahami, Puncak Mahameru terlalu berbahaya untuk didaki. Adapun terletak pada ketinggian 2.700 mdpl, Kalimati merupakan satu spot padang rumput luas yang dikelilingi bunga edelweis.

Previous Article
Enam Destinasi Ini Cocok Banget Dikunjungi Saat Musim Hujan
Enam Destinasi Ini Cocok Banget Dikunjungi Saat Musim Hujan

Musim hujan bukan halangan Anda jalan-jalan dan menikmati hari libur.

Next Article
Menjajal Tujuh Hotel Tertinggi di Dunia
Menjajal Tujuh Hotel Tertinggi di Dunia

Bagaimana rasanya menginap di hotel tertinggi dunia?

Want more?

Visit our site

Discover