Liburan Murah A la Backpacker, Apa Saja Tipsnya?

November 30, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.vebma.com

Mustahil rasanya liburan tanpa menghabiskan banyak uang. Jika tidak cermat, ada kalanya Anda mengeluarkan uang lebih dari anggaran yang seharusnya untuk biaya akomodasi, makan, transportasi, hingga oleh-oleh. Namun, jangan khawatir--Anda tetap bisa, kok, jalan-jalan dan liburan dengan bujet minim. Enggak percaya? Yuk, tiru empat prinsip liburan hemat a la backpacker berikut!

 

1. Perencanaan Paling Penting

Meski sifatnya refreshing dan meringankan pikiran; jangan pernah bepergian tanpa perencanaan. Apalagi, semakin lama Anda merencanakan perjalanan, semakin banyak pula biaya yang akan dikeluarkan. Jika sudah begini, salah satu caranya adalah dengan memangkas biaya yang tidak perlu.

Untuk menghemat, pesanlah tiket perjalanan--terutama pesawat--minimal tiga bulan sebelum keberangkatan. Cara yang sama juga berlaku pada penginapan atau hotel semala di tempat tujuan. Anda bisa menemukannya dengan mudah melalui situs booking, lalu pesan sejak jauh-jauh hari.

Perihal destinasi wisata, Anda bisa memilih tujuan yang masih sepi dan jarang dikunjungi turis. Biasanya, biaya tiket masuk yang ditawarkan cenderung lebih murah.

 

2. Jangan Rewel

Satu kiat liburan murah adalah jangan rewel dan terlalu banyak menuntut. Pasalnya, liburan murah kerap kali berarti Anda harus mengorbankan kebutuhan perut hingga mengabaikan kenyamanan. Nah, untuk makanan--Anda bisa membawa stok yang bertahan lama, seperti rendang, beras, atau mi instan. Sesekali, tidak ada salahnya berbelanja di pasar tradisional terdekat. Pilih penginapan yang dilengkapi pantry atau membawa kompor portabel. Masak sendiri makanan Anda.

 

3. Membawa Barang Seperlunya

Salah satu trik liburan hemat a la backpacker yang bisa Anda coba--yakni bepergian dengan satu tas besar. Cara ini penting, mengingat terlalu banyak barang hanya akan menambah biaya bagasi yang harus Anda tanggung.

Hindari membawa terlalu banyak baju. Namun, jika amat diperlukan--Anda bisa membawa baju yang cepat kering. Jangan lupa bawa pakaian dan alas kaki yang nyaman. Harus diingat, konsep liburan murah sendiri akan membuat Anda lebih banyak berjalan kaki dan menggunakan transportasi publik.

 

4. Hindari Berbelanja

Kunjungan Anda ke suatu tempat mungkin hanya akan terjadi sekali seumur hidup. Kendati demikian, bukan berarti Anda bebas membeli oleh-oleh atau barang khas daerah tersebut.

Meski ditawarkan dengan harga murah sekalipun, hindari nafsu belanja yang berlebih. Kalaupun ingin memberikan orang terdekat oleh-oleh, pilih barang berharga murah dan bisa Anda tawar. 

Previous Article
Rahasia Tiket Pesawat Murah
Rahasia Tiket Pesawat Murah

Next Article
Enam Destinasi Ini Cocok Banget Dikunjungi Saat Musim Hujan
Enam Destinasi Ini Cocok Banget Dikunjungi Saat Musim Hujan

Musim hujan bukan halangan Anda jalan-jalan dan menikmati hari libur.

Want more?

Visit our site

Discover