Kampung Warna-warni yang Instagenic di Indonesia

December 7, 2017 Chatarina Komala

Destinasi “kampung pelangi” memang sedang populer baru-baru ini. Salah satunya, di Instagram. Banyak pengguna akun mengunggah foto mereka dengan latar kampung warna-warni, yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Mulai dari pose berdiri di depan mural, berjalan di gang, hingga sekadar duduk di beranda rumah.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke sana, bisa, kok, mendatangi beberapa destinasi berikut.

 

Baca juga:

 

1. Kampung Jodipan, Malang

Ilustrasi: www.ksmtour.com

Siapa sangka, kampung cantik ini dulunya adalah area kumuh? Adapun di Kampung Jodipan, Anda bisa menjumpai puluhan rumah bercat warna-warni yang cantik banget! Setidaknya, ada 107 rumah di sana yang dicat dengan 17 warna. Bagi Anda yang ingin masuk ke sana, jangan lupa bayar Rp2 ribu sebagai uang perawatan lingkungan, ya.

 

2. Kampung Tridi, Malang

Ilustrasi: www.travel.kompas.com

Bergeser sedikit dari Kampung Jodipan, ada juga Kampung Tridi di Kelurahan Kesatrian, Malang, Jawa Timur. Nah, nama “tridi” sendiri diambil dari istilah 3D yang berarti 3 dimensi. Soalnya, selain dipenuhi dengan cat warna-warni, kampung ini juga memiliki mural tiga dimensi, lho.

 

3. Desa Kelir, Gresik

Ilustrasi: www.oneimages.wordpress.com

Baru diresmikan tahun 2016, Desa Kelir menjadi rekomendasi kampung warna-warni yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Kota Gresik. Setidaknya, ada 104 bangunan yang dicat warna-warni; serta aneka mural tokoh publik.

 

4. Kampung Bulak, Kenjeran, Surabaya

Ilustrasi: www.kimbaharisukolilobaru.blogspot.co.id

Kehadiran kampung cantik ini sudah kentara begitu Anda melewati Jembatan Suroboyo. Seperti Kampung Jodipan, mulanya Kampung Bulak ini adalah kawasan yang kumuh dan kotor. Namun, pemerintah Kota Surabaya enggak tinggal diam. Bersama dengan masyarakat sekitar, Kampung Bulak pun disulap dan diberi cat warna-warni yang begitu indah.

 

4. Kampung Bejalen, Semarang

Ilustrasi: www.hellosemarang.com

Bukan hanya soal pemandangan rumah warna-warninya; Anda juga akan disuguhkan pemandangan sungai yagn berisi bola-bola beraneka warna.

 

5. Kalisari, Semarang

Ilustrasi: www.ekonomi.akurat.co

Kecantikan kampung yang satu ini sudah terlihat begitu Anda melewati Jalan Dr. Sutomo, Semarang. Hitung-hitung liburan saat di perjalanan.

 

6. Teluk Betung, Bandar Lampung

Ilustrasi: www.blogtama.com

Kumpulan rumah bercat warna-warni bisa juga Anda temukan di Teluk Bitung, Bandar Lampung. Nilai plus lain, nuansa alam di Teluk Bitung juga masih asri dan cantik banget.

 

7. Teluk Seribu, Balikpapan

Ilustrasi: www.travel.kompas.com

Sembari menyusuri Teluk Seribu, Anda bisa menikmati keindahan yang terpancar dari rumah warna-warni. Letaknya ada di Kelurahan  Manggar Baru, Balikpapan Timur.

 

8. Kampung Kali Code, Yogyakarta

Ilustrasi: www.gudeg.net

Bisa dikatakan, inilah salah satu pelopor kampugn warna-warni di Indonesia. Lokasinya ada di Kampung Code Utara RT 01 RW 01, Kota Baru, Gondokusuman, Yogyakarta. Adapun terdapat empat warna dominan yang dipilih warga sekitar untuk menghias rumahnya, yakni kuning, merah, putih, dan biru.

 

Baca juga:

 

9. Kali Lo, Banyuwangi

Ilustrasi: www.tribunnews.com

Dahulu dijadikan lokasi pembuangan sampah oleh warga sekitar, Kali Lo kini berubah wajah dan disulap menjadi tempat yang sangat cantik. Selain lebih berwarna, kampungnya pun jadi lebih bersih.

Previous Article
Ketahui Enam Vaksin Wajib untuk Liburan Berikut!
Ketahui Enam Vaksin Wajib untuk Liburan Berikut!

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mulai liburan ke luar negeri. Selain dokumen resmi seperti p...

Next Article
Tujuh Gunung Cantik untuk Prewedding
Tujuh Gunung Cantik untuk Prewedding

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berfoto prewedding di area gunung, yuk, simak rekomendasi gunung cantik ...

Want more?

Visit our site

Discover