Wisata Murah Raja Ampat, Bagaimana Caranya?

December 19, 2017 Chatarina Komala

Terletak di timur Indonesia, Raja Ampat--populer akan keindahan alam bahari yang memesona. Apalagi bagi pecinta diving dan keindahan bawah laut. Raja Ampat seolah menjadi bucket list yang harus diwujudkan sesegera mungkin.

Sayang, lokasi yang jauh tidak memungkinkan setiap orang mencapai ke sana dengan bujet murah. Beberapa pertimbangan seperti tiket pesawat, akomodasi, hingga tarif masuk dan transportasi kerap menghambat rencana seseorang untuk menikmati potensi wisata alam dan bahari. Padahal, mahalnya biaya akomodasi bukan berarti tidak bisa diakali, lho.

Berikut adalah beberapa cara untuk menekan biaya traveling ke Raja Ampat semaksimal mungkin.

 

Baca juga:

 

1. Transportasi  

Ilustrasi: www.dailystar.co.uk

Untuk tiket perjalanan yang lebih murah, rencanakan perjalanan jauh-hari. Minimal, buatlah rencana traveling Anda enam bulan sebelum tanggal kepergian.

Setelahnya, cek harga tiket pesawat ke Kota Sorong--maksimal tiga bulan sebelum keberangkatan. Setidaknya, ada beberapa maskapai yang melayani rute ini seperti Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Xpress Air. Adapun kisaran harganya bervariasi; sekitar Rp1,5 juta hingga Rp3 juta. Nah, dengan bujet seminimal mungkin, maka anggap saja hitungan terendah pesawat pulang-pergi sebesar Rp3 juta.

Untuk menghemat biaya bagasi, sebaiknya bawalah barang-barang yang penting dan sekiranya dibutuhkan. Gunakan ransel dengan maksimal berat tujuh kilogram agar muat dalam kabin pesawat.

Oh ya, jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa pulang dengan menaiki Kapal PELNI dengan rute Sorong-Jakarta. Harganya, sekitar Rp500 ribu hingga Rp800 ribu, dengan waktu tempuh sekitar lima hingga enam hari. Jangan takut bosan. Pasalnya, selama perjalanan--kapal ini akan transit selama tiga-empat jam ke beberapa kota maupun pulau di Timur Indonesia. Seluruhnya, tidak kalah cantik dengan Raja Ampat. Hanya saja, kapal ini hanya berlayar satu minggu sekali. Jadi, pastikan Anda melengkapi diri dengan informasi yang dibutuhkan.

Perjalanan tidak terhenti sampai di Kota Sorong. Anda harus menyeberang ke Raja Ampat dengan kapal laut atau pesawat. Untuk menekan biaya, gunakan kapal cepat dengan waktu berlayar dua jam dengan kisaran harga Rp150 ribu. Siapkan pula ongos taksi sekitar Rp50 ribu hingga Rp70 ribu dari Kota Sorong menuju Pelabuhan Rakyat. Dalam hal ini, semakin banyak orang yang terlibat liburan, semakin besar pula shared cost yang bisa Anda hemat.

 

2. Tarif Masuk

Ilustrasi: www.finansialku.com

Wisatawan yang ingin berlibur di Raja Ampat wajib membayar Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) sebesar Rp500 ribu per orang (wisatawan lokal) dan Rp1 juta (wisatawan mancanegara). Anda bisa membayar tarif ini di pelabuhan atau kantor Kbaupaten Raja Ampat.

 

3. Penginapan

Ilustrasi: www.atravellersjourney.com

Ada banyak pilihan akomodasi yang bisa Anda nikmati di Raja Ampat, mulai dari hotel, resor, hingga homestay. Kisaran harganya, Rp250 ribu per malam. Agar memudahkan, sebaiknya pilih homestay yang dekat dengan tempat wisata atau situs menyelam yang ingin dikunjungi. Namun, jika Anda tidak terlalu memusingkan pilihan tempat menginap, bisa membawa sleeping bag dan tenda kecil; pun makanan ringan atau mi instan.

 

4. Transportasi di Raja Ampat

Ilustrasi: www.discoveryourindonesia.com

Raja Ampat sendiri merupakan daerah kepulauan dengan total 1.864 pulau. Tidak heran, jika transportasi selama di sana termasuk pengeluaran terbesar Anda. Pasalnya, jika ingin lebih mengeksplorasi alam, Anda membutuhkan kapal motor island hopping. Di sisi lain, mahalnya harga bahan bakar minyak juga turut memengaruhi harga sewa kapal motor.

Sebagai gambaran, bujet yang dibutuhkan untuk menuju Wayag dari Waisai adalah Rp7 juta hingga Rp13 juta pulang-pergi. Sementara itu, menuju Pianemo, Anda membutuhkan bujet Rp8 juta (pulang pergi). Nah, dengan pergi berkelompok, Anda bisa menekan bujet transportasi selama di sana. Toh, satu perahu motor biasanya dapat diisi oleh sepuluh hingga 12 orang.

 

Baca juga:

 

5. Makan di Raja Ampat

Ilustrasi: www.idtravelblog.com

Umumnya, penginapan di Raja Ampat menyertakan biaya tiga kali makan sendiri dalam harga kamarnya. Namun, jika Anda ingin “jajan” di luar, harga makanan di Raja Ampat dimulai dari Rp20 ribu per porsi. Jangan lupa bertanya harga lebih dulu sebelum makan di mana pun. Selain itu, ada baiknya Anda juga membawa bekal makanan sebelum menjelajah pulau atau diving.

 

Previous Article
Sepuluh Wisata Air Terjun Dekat Jakarta yang Bisa Anda Kunjungi di Akhir Pekan
Sepuluh Wisata Air Terjun Dekat Jakarta yang Bisa Anda Kunjungi di Akhir Pekan

Berjarak tidak jauh dari Jakarta, sepuluh destinasi wisata air terjun ini bisa Anda jadikan pilihan untuk b...

Next Article
Tips Cepat Mengemas Barang Bawaan untuk Orang Malas
Tips Cepat Mengemas Barang Bawaan untuk Orang Malas

Antusias menyambut perjalanan baru tetapi selalu saja malas saat harus packing? Yuk, simak beberapa tips me...

Want more?

Visit our site

Discover