Sepuluh Wisata Air Terjun Dekat Jakarta yang Bisa Anda Kunjungi di Akhir Pekan

December 19, 2017 Chatarina Komala

Anda pecinta wisata air terjun? Ingin menikmati serunya berenang sembari trekking mengeksplorasi alam sekitar? Nah, sebelum memikirkan destinasi yang jauh atau sulit diakses, tidak ada salahnya Anda membaca sepuluh lokasi air terjun yang dekat dari Jakarta. Hitung-hitung sebagai rekomendasi berakhir pekan...

 

Baca juga:

 

1. Curug Bojong Koneng, Sentul

Foto: www.klikhotel.com

Dengan waktu tempuh sekitar satu jam, Anda bisa mengunjungi Curug Bojong Koneng ini di sebuah desa; tepatnya di belakang perumahan Sentul City. Dengan kendaraan pribadi, Anda bisa melewati jalan Tol Jagarawi; dan bertanya soal keberadaan curug tersebut, ketika memasuki kawasan Sentul City.

Adapun dengan kendaraan umum, bisa dengan menaiki bus jurusan Sentul City dari Terminal Blok M. Perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan menyewa ojek dan berjalan kaki sejauh satu kilometer.

 

2. Curug Bidadari

Foto: www.nativeindonesia.com

Masih di kawasan Sentul, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Curug Bidadari--area air terjun dengan kolam alami plus area rekreasi. Di sana, tersedia pula beberapa kursi kayu untuk bersantai. Curug Bidadari terletak di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang. Curug ini masih berada di kawasan Sentul Paradise Park.

 

3. Curug Panjang, Mega Mendung

Foto: www.tempatwisatadibogor.net

Jenis curug yang landai, serta beberapa kolam jernih menjadikan Curug Panjang cocok sebagai destinasi keluarga. Dengan kendaraan pribadi, Anda bisa mengarahkan mobil ke arah puncak, lalu mengikuti petunjuk dari Masjid Mega Mendung. Fasilitasnya sendiri cukup lengkap, mulai dari area pemancingan hingga perkemahan.

 

4. Curug Naga

Foto: www.performaoutbound.com

Berada di Mega Mendung, ada lagi satu curug yang layak untuk dikunjungi. Hanya saja, destinasi ini tidak “ramah” seperti Curug Panjang. Pasalnya, untuk sampai di sana, Anda harus meyusuri sungai sepanjang 100 meter; belum lagi melompat dari atas curug. Nah, karena sulitnya “medan” mencapai Curug Naga, Anda juga harus melakukan reservasi dan memilih paket yang sudah ditentukan.

 

5. Curug Cilember

Foto: www.tempatwisatadibogor.net

Bergeser ke Kawasan Cisarua, ada satu curug cantik yang populer yakni Curug Cilember. Airnya cukup jernih; hanya saja tergolong deras--sehingga Anda harus siap-siap kuyup jika bermain di sana.

Adapun tidak hanya satu air terjun. Masih di area Curug Cilember, Anda bisa menikmati tujuh air terjun dengan karakter yang berbeda-beda. Jika sudah puas, tidak ada salahnya Anda mendatangi Taman Observasi Kupu-kupu.

 

6. Curug Nangka

Foto: www.lovelybogor.com

Curug Nangka terletak di lereng Gunung Salak. Sebenarnya, ini bukan satu-satunya air terjun yang bisa Anda kunjungi di sana. Masih ada beberapa air terjun--seperti Curug Daun dan Curug Kawung yang tidak kalah cantiknya. Menariknya, akses ke sana juga tidaklah sulit. Dengan kendaraan umum misalnya; Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Bogor Dan melanjutkan perjalanan dengan naik angkot bernomor 02 ke arah Bogor Trade Mall; lalu berganti dengan nomor 03 ke arah Ciapus. Segera turun tepat di Curug Nangka.

 

7. Curug Ngumpet

Foto: www.yukpiknik.com

Sesuai namanya, kawasan air terjun ini memang terkesan ngumpet di balik pepohonan. Lokasinya, ada di Kecamatan Pamijahan dan masih satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Halimun, Salak.

 

8. Curug Luhur

Foto: www.blog.reservasi.com

Letaknya ada di lalu lintas Jalan Raya Bogor - Gunung Salak Endah. Cukup strategis, sehingga tidak heran--ada banyak pengunjung yang datang setiap akhir pekan. Untuk mengunjungi Curug Luhur, Anda bisa menggunakan kendaraan umum dengan rute Kampung Rambutan - Terminal Baranangsiang - Ramayana - Ciapus.  

Adapun fasilitas yang terdapat di Curug Luhur tergolong lengkap; seperti halnya kolam renang hingga penjaja makanan.

 

9. Curug Cigamea

Foto: www.hargatiketmasuk.info

Letaknya ada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Setidaknya, ada tiga air terjun yang masih berada satu kawasan dengan Curug Cigamea. Nah, untuk menuju lokasi, Anda wajib melewati jalan setapak yagn telah tersusun rapi. Jangan khawatir lelah; sebab ada beberapa temapt peristirahatan yang bisa Anda gunakan untuk melepas lelah sekaligus menikmati air terjun dari kejauhan.

 

Baca juga:

 

10. Curug Seribu

Foto: www.viva.co.id

Jika dibandingkan dengan air terjun di kawasan Gunung Salak Endah, Bogor, Curug Seribu merupakan air terjun yang terbesar. Hanya saja, untuk menjangkaunya Anda harus rela bersusah-susah dengan menyusuri jalan setapak menurun yang curam dan licin. Setelah sampai pun, Anda dilarang ada terlalu dekat; sebab debit air yang jatuh tergolong tinggi. Anda juga dilarang datang di atas jam empat sore.

 

Previous Article
Tips Liburan Nyaman dengan Orang Tua
Tips Liburan Nyaman dengan Orang Tua

Ada banyak alasan mengapa seseorang mengurungkan niat berlibur dengan orang tua. Masalah kesehatan, jadi sa...

Next Article
Wisata Murah Raja Ampat, Bagaimana Caranya?
Wisata Murah Raja Ampat, Bagaimana Caranya?

Populer dengan keindahannya, tidak dapat ditampik butuh bujet yang banyak saat ingin berlibur ke Raja Ampat...

Want more?

Visit our site

Discover