Jenis Obat-obatan Ini Harus Anda Bawa Saat Liburan

December 25, 2017 Chatarina Komala

Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Selain tiket perjalanan, apa saja yang sudah Anda siapkan? Nah, satu yang tidak boleh ketinggalan, yakni perlengkapan medis. Tujuannya, untuk menjamin perjalanan Anda benar-benar nyaman dan aman. Apalagi, jika destinasi liburan Anda jauh dari toko obat atau apotek.

Tenang, tidak perlu banyak-banyak membawa suplai obat, kok. Anda bisa membawa secukupnya, seperti dua tablet untuk setiap jenis obat. Jangan lupa, masukkan juga seluruh obat tersebut ke dalam kotak yang bisa ditutup rapat. Untuk memudahkan, lengkapi pula dengan label nama.

Lantas, obat apa saja yang harus Anda siapkan?

 

Baca juga:

 

1. Pembersih dan Obat Luka

Tidak selamanya perjalanan Anda bisa berjalan mulus. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa membawa pembersih luka antiseptik dan obat. Pembersih antiseptik sendiri penting untuk mencuci luka dan tangan, manakala Anda tidak dalam kondisi mudah menemukan air. Bawa pula pembersih tangan yang mengandung alkohol 60% untuk membunuh kuman dan bakteri, kapas/kasa steril, serta plester luka.

 

2. Minyak Kayu Putih

Hampir sebagian besar orang Indonesia selalu membekali diri dengan minyak kayu putih di setiap perjalanan. Manfaatnya beragam, seperti meringankan gejala mabuk hingga mencegah dan mengatasi masuk angin.

 

3. Losion Antinyamuk

Losion antinyamuk merupakan benda penting yang harus dibawa, terlebih jika Anda berlibur di luar ruangan (outdoor). Jika memungkinkan, pilih losion dari bahan alami seperti lemongrass oil atau lavender.

 

4. Hand Sanitizer dan Tisu Basah

Tidak selamanya Anda berada di lokasi yang dekat dengan air bersih. Itu sebabnya, membawa hand sanitizer, tisu kering, dan tisu basah penting untuk memastikan kebersihan Anda.

 

5. Salep Pereda Nyeri

Berguna jika Anda dihadapkan pada kondisi cedera dan jauh dari bantuan medis.

 

6. Tabir Surya

Selalu gunakan tabir surya jika Anda harus berakvitas di luar ruangan; apalagi dalam cuaca terik dan panas. Nah, untuk perlindungan maksimal, Anda disarankan untuk membawa tabir surya dengan SPF lebih dari 15.

 

7. Obat Pereda Nyeri dan Penurun Demam

Mabuk perjalanan atau justru rasa lelah dapat memicu sakit kepala atau demam. Apalagi, ketika fisik sedang lemah-lemahnya. Nah, untuk keduanya, Anda bisa membawa obat pereda nyeri dan penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen.

 

8. Obat Diare

Sayang rasanya jika traveling tanpa mencicipi kuliner daerah setempat. Hanya saja, soal bumbu yang berbeda dan kebersihan sering kali mengantarkan Anda pada risiko diare. Terlebih, jika tubuh sedang tidak dalam kondisi fit. Nah, kalau tidak memungkinkan membawa obat diare, Anda juga bisa menggantinya dengan campuran air hangat, garam, dan gula.

 

9. Obat Mabuk

Baik dengan kendaraan pribadi atau justru transportasi umum, Anda tetap berisiko mabuk perjalanan. Apalagi, jika Anda sulit beradaptasi dengan kendaraan. Nah, kalau sudah begini, solusi terbaik adalah dengan membawa obat antimabuk.

 

10. Pereda Maag

Sakit maag yang tidak tertahankan, plus kemungkinan sulit mencari tempat makan tepat waktu membuat Anda wajib berjaga-jaga dengan membawa obat maag.

 

11. Obat Alergi

Ada banyak penyebab alergi. Ini meliputi faktor makanan, debu, hingga serangga. Nah daripada gatal-gatal sepanjang perjalanan, Anda wajib membawa obat alergi.

 

12. Obat Flu

Merupakan penyakit yang tidak mengenal musim, ada baiknya membentengi sistem imun Anda dengan membawa obat flu untuk berjaga-jaga.

 

13. Obat dengan Resep Dokter

Ini berlaku bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti asma, darah tinggi, atau diabetes. Bawa selalu obat yang telah diresepkan dokter kapan pun Anda memulai perjalanan. Jika perlu, berkonsultasilah terlebih dulu soal rute dan risiko perjalanan Anda.

 

Baca juga:

 

14. Vitamin dan Suplemen 

Jaga kesehatan Anda selama dan sesudah perjalanan dengan rutin mengonsumsi vitamin dan suplemen setiap harinya.

 

Previous Article
Berakhir Pekan di Hutan Mangrove Indonesia
Berakhir Pekan di Hutan Mangrove Indonesia

Indonesia bukan cuma soal gunung maupun laut yang indah. Mudah dan murah diakses, Anda bisa mengunjungi ber...

Next Article
Berkunjung ke 15 Negara dengan Perayaan Natal Terunik
Berkunjung ke 15 Negara dengan Perayaan Natal Terunik

Sedang mempersiapkan tiket perjalanan Natal ke luar negeri? Yuk, kunjungi sepuluh negara berikut dan dapatk...

Want more?

Visit our site

Discover