Berakhir Pekan di Hutan Mangrove Indonesia

January 1, 2018 Chatarina Komala

Terletak di pinggir pantai, hutan mangrove populer akan tanaman bakaunya yang memesona. Meski mulanya dibuat untuk mencegah abrasi, Anda bisa memanfaatkan keindahan hutan bakau ini sebagai salah satu tempat rekreasi dan melepas penat. Apalagi, beberapa di antaranya memang dibuka untuk umum. Lantas, di mana saja hutan mangrove populer di Indonesia?

 

1. Hutan Mangrove Muara Angke, Jakarta

Foto: www.mapio.net

Salah satu lokasi wisata hutan mangrove populer di Jakarta, yakni Hutan Mangrove Muara Angke. Di sana, Anda bisa menikmati pemandangan alam, dan jika beruntung--bertemu dengan penghuni aslinya yakni monyet. Adapun hutan mangrove ini juga dilengkapi beragam fasilitas wisata, seperti toilet hingga musala. Lokasinya, ada di Jalan Garden House RT 08/RW 01 Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

 

2. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Foto: www.phinemo.com

Masih di kawasan Jakarta, Anda bisa langsung melangkahkan kaki ke Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Sempat populer di media sosial, ada banyak atraksi wisata yang bisa Anda nikmati di sana, meliputi jalan santai, menginap langsung, hingga melakukan susur sungai.

 

3. Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta

Foto: www.travel.kompas.com

Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang punya banyak lokasi wisata. Bahkan, dapat dikatakan cukup komplet meliputi pantai, gunung, candi, hingga bangunan bersejarah. Nah, sama halnya dengan daerah lain, Yogyakarta juga punya hutan mangrove di Kulon Progo. Posisinya, membentang di aliran Sungai Bogowonto dan di pesisir Pantai Congot, Dusun pasir Mendit, Jangkaran.

 

4. Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya

Foto: www.wisataterindah.net

Hutan mangrove ini ada di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Rungkut. Sebagai gambaran, Anda bisa menjangkau tempat ini dengan berkendara selama sekitar 40 menit, atau sekitar 17 kilo dari Bandara Internasional Juanda. Seluas 200 hektare, hutan ini juga menjadi habitat bagi 30 spesies satwa dilindungi; termasuk kera ekor panjang dan aneka burung.

 

5. Hutan Mangrove Muara Gebong, Bekasi

Foto: www.dutawisata.co.id

Di Bekasi, Anda bisa menjumpai Hutan Mangrove Muara Gebong dengan berkendara sekitar 2 jam dari pusat kota. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti naik sampan dan menikmati pemandangan pepohonan bakau di kanan dan kiri; hingga jogging atau sekadar menikmati suasana sore.

 

6. Mangrove Forest, Bali

Foto: www.swaratours.com 

Sesampainya di Bali, jangan lupa mampir sejenak di Mangrove Forest yang hanya berjarak sekitar sepuluh menit dari Bandara Ngurah Rai. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yakni Rp10 ribu per orang.

 

7. Hutan Mangrove Margoluyo, Balikpapan

Foto: www.bocahpetualang.com

Berada dekat dengan pusat Kota Balikpapan, Hutan Mangrove Margoluyo ini bisa jadi satu destinasi akhir pekan yang praktis. Lokasi tepatnya, ada di belakang SMU Negeri 8, Jalan AMD Gunung Empat, RT 42, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Satu spot populer di sana, yakni jembatan kayu yang membentang sepanjang 800 meter. Jika beruntung, Anda bahkan bisa bertemu dengan bekantan.

   

Previous Article
Liburan ke Bali, Yuk, Coba Delapan Kuliner Favoritnya!
Liburan ke Bali, Yuk, Coba Delapan Kuliner Favoritnya!

Sedang atau punya rencana liburan ke Bali? Jangan hanya berkunjung ke lokasi wisatanya, ya. Yuk, coba delap...

Next Article
 Jenis Obat-obatan Ini Harus Anda Bawa Saat Liburan
Jenis Obat-obatan Ini Harus Anda Bawa Saat Liburan

Apa saja obat-obatan yang harus Anda bawa ketika liburan?

Want more?

Visit our site

Discover