Liburan ke Bali, Yuk, Coba Delapan Kuliner Favoritnya!

January 2, 2018 Chatarina Komala

Sedang atau justru punya rencana berlibur ke Bali? Sudah siap dengan segala itinerary-nya? Jangan lupa memasukkan wisata kuliner ke dalam rancangan liburan Anda, ya. Secara umum, kuliner Bali sendiri punya daya tarik bumbu rempah yang khas, kuat, dan pedas. Cocok banget bagi Anda, si pecinta makanan pedas.

Meski sudah banyak dijual di daerah lain, belum sah kalau tidak menjajal beberapa kuliner berikut langsung di tempat asalnya. Apa saja?

 

1. Ayam Betutu

Ilustrasi: www.resephariini.com

Jika ditanya soal makanan khas Bali, ayam betutu mungkin menjadi satu dari lima jawaban teratas. Dari segi bentuk, ayam betutu sebenarnya merupakan ayam kampung yang di dalam perutnya--dimasukkan dengan beragam bumbu rempah. Dagingnya kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang selama 24 jam menggunakan bara api sekam. Hasilnya, cita rasa gurih, tekstur lembut, dan pedas yang khas akan terbentuk dan memanja lapis lidah Anda.

 

2. Nasi Campur Ayam Bali

Ilustrasi: www.ulinulin.com

Bisa dikatakan, inilah menu harian yang biasa disantap oleh masyarakat Bali. Seporsi nasi putih hangat akan dipadukan bersama sate lilit, suwiran ayam bumbu Bali, sayur urap, dan lawar ayam. Paling pas, jika ditambahkan dengan sambal matah atau sambal embe khas Bali. Nah, nasi campur ayam ini bisa Anda jumpai di banyak rumah makan di Bali. Beberapa di antaranya, juga punya menu yang beragam, seperti telur sambal tomat, kulit ayam goreng, ikan pindang, hingga taburan kacang tanah goreng.

 

3. Lawar Kuwir

Ilustrasi: www.perutgendut.com 

Inilah satu menu yang banyak dicari oleh wisatawan luar maupun domestik. Sebenarnya, lawar kuwir merupakan kombinasi dari sayuran dan daging cincang, yang dibanjur menggunakan bumbu khas Bali. Nah, bagi Anda yang beragama Islam, harus sedikit berhati-hati dalam menyantap menu ini. Pasalnya, meski menggunakan daging kuwir (bebek), ada pula lawar yang menggunakan campuran daging babi. Adapun seporsi lawar kuwir paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat, sate lilit, kacang tanah, ayam betutu suwir, dan semangkuk jukut ares (sayur batang pisang).

 

4. Sate Lilit

Ilustrasi: www.resephariini.com

Tidak seperti sate pada umumnya, sate lilit merupakan daging cincang yang diracik dengan bumbu Bali, lalu dimasak dengan cara dililitkan di batang daun serai (atau tangkai bambu) dan dipanggang. Biasanya, sate lilit banyak menggunakan daging ayam, babi, atau ikan tenggiri. Anda bisa menemukan menu ini di beragam rumah makan khas Bali, restoran, pasar, hingga pedagang kaki lima.

 

5. Babi Guling

Ilustrasi: www.balimanual.com

Sesuai namanya, menu ini menggunakan daging babi yang sudah dimasukkan bumbu rempah, lalu dimasak dengan cara diguling di atas bara api. Nah, seporsi babi guling paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat, atau justru dicampur lawar, sate lilit, dan semangkuk jukut ares.

 

6. Serombotan

Ilustrasi: www.jurnalrakyat.net

Dari segi bentuk, serombotan hampir mirip dengan sayur urap. Dalam satu porsinya, terdapat campuran sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, pare, hingga tauge. Sayuran lantas akan dibanjur dengan kalas--santan berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah dan putih, ketumbar, serta kencur. Tidak hanya itu, lebih lanjut, bumbu ini lantas dipadukan lagi dengan bumbu kacang dan bumbu pedas.

 

7. Tipat Blayag

Ilustrasi: www.balikami.com

Anda bisa menemukan tipat blayag di Singaraja, Bali. Dari segi tampilan, kuliner ini mirip lontong yang dililit dengan janur muda. Nah, lontong ini bisa disantap dengan bumbu blayag--campuran tepung beras dan bumbu Bali. Agar semakin nikmat, seporsi tipat blayag biasa disantap bersama sayur urap, ayam sisit, gorengan ceker ayam, kerupuk kulit ayam, dan kacang kedelai.

 

8. Nasi Pedas

Ilustrasi: www.water-sport-bali.com

Bisa dikatakan, inilah menu paling dicari ketika sampai di Bali. Salah satu penjaja yang populer, bisa Anda temukan di Jalan Raya Kuta, Gang Kubu 120C, Bali--yakni Nasi Pedas Bu Andika.

 

Previous Article
Stop Mi Instan, Bawa Tujuh Bekal Makanan Ini untuk Mendaki Gunung!
Stop Mi Instan, Bawa Tujuh Bekal Makanan Ini untuk Mendaki Gunung!

Ketimbang mi instan, lebih baik bawa tujuh bekal makanan ini untuk mendaki gunung.

Next Article
Berakhir Pekan di Hutan Mangrove Indonesia
Berakhir Pekan di Hutan Mangrove Indonesia

Indonesia bukan cuma soal gunung maupun laut yang indah. Mudah dan murah diakses, Anda bisa mengunjungi ber...

Want more?

Visit our site

Discover