Menikmati Pesona Danau Biru di Indonesia

January 3, 2018 Chatarina Komala

Anda mungkin familier dengan banyak foto berlatar danau biru di media sosial baru-baru ini. Beruntung, panorama danau dengan airnya yang berwarna biru tidak hanya ada di satu daerah saja. Di Indonesia, ada banyak sekali daerah yang memiliki danau biru sebagai satu destinasi wisatanya. Biasanya, beberapa danau tersebut terbentuk secara alami; atau justru berasal dari galian tambang. Nah, jika Anda mulai bosan berlibur ke pantai atau gunung dan ingin mencari rekomendasi wisata lain, bisa berkunjung ke beberapa destinasi danau biru berikut ini.

 

1. Danau Biru Kawal, Bintan

Foto: www.journal.momotrip.co.id

Dikelilingi oleh hamparan pasir putih, Danau Biru terlihat kontras dan begitu cantik di siang hari. Mulanya, lokasi ini merupakan daerah pertambangan yang telah terisi air hujan. Nah, kalau berkunjung ke sana, jangan lupa abadikan momen dengan berfoto, ya.

 

2. Danau Biru Sawahlunto

Foto: www.tmladventure.blogspot.co.id

Terletak di Sumatera Barat, mulanya danau ini adalah daerah pertambangan. Tidak heran, jika sampai saat ini, Anda masih menemukan banyak alat tambang di sekitar danau. Nah, cerukan-cerukan yang terbentuk akibat penambangan kemudian terisi air hujan; dan membentuk danau. Adapun danau ini jadi semakin cantik dengan aneka tumbuhan dan pepohonan hijau yang mengelilinginya.

 

3. Danau Biru Singkawang

Foto: www.blog.gogonesia.com

Bukan hanya kuliner yang lezat, Kota Singkawang juga punya beragam destinasi wisata yang cantik banget. Salah satunya, surga foto--Danau Biru Singkawang. Hanya saja, ketika datang, Anda memang tidak boleh menceburkan diri ke dalam danau. Pasalnya, merupakan bekas tambang--air di sana mengandung banyak zat kimia.

 

4. Danau Labuan Cermin

Foto: www.dolanyok.com

Masih di Pulau Kalimantan, ada satu danau biru bernama Labuan Cermin yang bisa Anda kunjungi. Hanya saja, tidak seperti danau lain yang terbentuk akibat proses penambangan, danau ini terbentuk secara alami. Adapun dinamakan “Labuan Cermin” sebab danau ini memiliki air yang sangat jernih. Saking jernihnya, Anda bahkan bisa melihat bayangan diri dengan sangat jelas di permukaannya. Mirip seperti becermin.

Keunikan lain, air yang ada di danau ini memiliki dua rasa, yakni asin dan tawar. Tidak heran jika danau ini lantas memiliki sebutan “Danau Dua Rasa”. Adapun selain menikmati panorama sekitar dan berfoto, di sana Anda juga diperbolehkan berenang, snorkeling, hingga naik perahu.

 

5. Telaga Samares

Foto: www.beyoung.co.id

Kendati belum sepopuler danau biru lain, Telaga Samares bisa Anda jadikan satu rekomendasi danau biru yang tidak kalah cantiknya. Terletak di Samares, Biak Timur, Papua--danau ini memiliki air yang jernih dan segar. Belum lagi, aneka pepohonan tropis yang mengelilinginya. Cocok banget untuk berenang dan menenangkan pikiran!

 

 

Previous Article
Delapan Film Bertema Perjalanan Ini Bisa Bikin Anda Semakin Terinspirasi!
Delapan Film Bertema Perjalanan Ini Bisa Bikin Anda Semakin Terinspirasi!

Bagi sebagian orang, perjalanan bukan sekadar perkara menaklukan medan yang sulit. Lebih penting, perjalana...

Next Article
Stop Mi Instan, Bawa Tujuh Bekal Makanan Ini untuk Mendaki Gunung!
Stop Mi Instan, Bawa Tujuh Bekal Makanan Ini untuk Mendaki Gunung!

Ketimbang mi instan, lebih baik bawa tujuh bekal makanan ini untuk mendaki gunung.

Want more?

Visit our site

Discover