Mengapa Orang Indonesia Doyan Berfoto dengan Turis Asing?

January 5, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.brilio.net

Saat mengunjungi tempat wisata, pernahkah Anda meminta foto dengan turis asing? Hati-hati, bisa jadi itu pertanda Anda minder jadi orang Indonesia.

Populer akan kekayaan alam, budaya, kuliner, hingga sejarah--wajar jika Indonesia jadi tujuan destinasi para turis asing. Namanya turis asing, pastilah mereka memiliki karakter fisik maupun sifat yang berbeda dengan warga sekitar. Tanpa disadari, Anda mungkin pernah mengajak mereka berkenalan dan berfoto bareng. Situasi lain, di beberapa restoran atau fasilitas umum, pelayanan yang diberikan juga lebih baik. Adapun penyebabnya beragam, bisa jadi lantaran Anda begitu penasaran dan mengenal lebih jauh; atau justru minder dengan diri (dan budaya) sendiri.

Nah, tahukah Anda--kebiasaan ini sebetulnya dianggap unik dan sangat lucu oleh para turis asing?   

 

Rasa Minder

Anda mungkin tidak sadar atau justru mengingkarinya. Namun, kebiasaan berfoto bareng turis asing, bisa jadi menandakan bahwa Anda minder terhadap diri (dan budaya) sendiri. Alih-alih melihat ke dalam, Anda justru terlalu fokus melihat dan mengagumi hal-hal di “luar”.

Bisa jadi, Anda merasa turis tersebut lebih keren, cantik/tampan, dan lebih baik dari diri dan negara asal sendiri. Padahal, yang terjadi justru harus sebaliknya. Dengan beragam kekayaan alam, budaya, sejarah, hingga kuliner--Andalah yang harus bangga (dan diajak berfoto) oleh turis asing.

 

Kebanggaan Sosial

Ilustrasi: www.hipwee.com

Tidak sedikit orang yang merasa bangga dan keren saat menjalin pertemanan atau justru sekadar berfoto dengan turis. Hal ini wajar, mengingat secara umum, orang akan menganggap Anda lebih pintar, supel, atau justru memiliki kemampuan sosial yang lebih tinggi. Bahkan, demi mendapatkan predikat lebih keren, Anda rela mengajak turis berfoto apa pun kondisinya.

Namun, hal ini tidak berlaku mutlak, ya. Bisa jadi, kebiasaan Anda untuk berfoto dengan turis asing hanya didasari keinginan untuk mengenal dan menjalin persahabatan dengan orang di beragam penjuru dunia. Alasan lain, justru Andalah yang merasa berbangga karena jadi warga negara Indonesia!

 

        

Previous Article
Luk Panenteng dan Potensi Wisata Alami Sulawesi Tengah
Luk Panenteng dan Potensi Wisata Alami Sulawesi Tengah

Menyandang gelar “zamrud khatulistiwa”; sudah jadi pengetahuan umum bila Indonesia kaya akan keberagaman su...

Next Article
Enam Cara Menarik Berbagi Perjalanan Lewat Instagram Stories
Enam Cara Menarik Berbagi Perjalanan Lewat Instagram Stories

Berbagi keseruan selama di perjalanan tentu akan membosankan dengan video yang itu-itu saja.

Want more?

Visit our site

Discover