Sensasi Belanja di Delapan Pasar Apung Indonesia

January 8, 2018 Chatarina Komala

Pernahkah Anda mendengar istilah pasar apung (floating market)?

Sesuai namanya, inilah salah satu wisata belanja yang memungkinkan penjual dan pembelinya, saling bertransaksi di atas perahu. Nah, jika dahulu pasar apung hanya sebatas tempat berbelanja, kini kehadirannya sudah banyak mengalami perkembangan. Salah satunya, sebagai pusat wisata kuliner.

Daripada harus jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga punya, lho, beberapa pasar apung yang bisa Anda kunjungi. Selain puas berbelanja, di sana Anda juga bisa mengabadikan momentum di beberapa spot foto. Apa saja?

 

1. Pasar Terapung Langkat, Sumatera Utara

Foto: www.thecolourofindonesia.com

Letaknya, ada di Desa Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Tergolong baru, pasar buatan ini pertama kali dibangun oleh pemerintah setempat pada 9 Februari 2009. Konsepnya sendiri mirip seperti yang ada di Kalimantan: pasar di atas sungai.

 

2. Pasar Terapung Sungai Musi, Palembang

Foto: www.panduanwisata.id

Bagi warga sekitar, Sungai Musi adalah denyut nadi Kota Palembang. Pun itu sebabnya, kehadiran pasar apung di sana sesungguhnya merupakan satu hal yang wajar. Nah, selain berbelanja harian, di Pasar Terapung Sungai Musi ini, Anda juga bisa wisata kuliner. Pasalnya, ada beragam kedai makanan yang bisa Anda temukan. Harganya pun cukup terjangkau!

 

3. Pasar Terapung Muara Kuin, Kalimantan Selatan

Foto: www.sportourism.id

Lokasinya ada di Sungai Barito--muara Sungai Kuin, Banjarmasin. Nah, seperti pasar apung pada umumnya, di sana Anda bisa menemukan para pedagang yang berjualan di atas jukung (perahu).

 

4. Pasar Terapung Lok Baintan, Kalimantan Selatan

Foto: www.cumilebay.com

Dari segi konsep, pasar terapung ini sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan Pasar Terapung Muara Kuin. Berlokasi di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar--inilah tempat para pedagang menjual hasil kebunnya. Adapun pasar ini hanya ramai di musim panen buah dan sayur (spesifik hari Jumat). Jam bukanya berlaku pukul enam hingga jam tujuh pagi.

 

5. Pasar Terapung Siring Piere Tendean, Kalimantan Selatan

Foto: www.wisatabanjarmasin.com

Kalimantan mungkin surganya pasar apung. Selain dua pasar apung yang telah disebutkan, ada pula Pasar Terapung Siring Piere Tendean yang berdiri di atas Sungai Martapura, Banjarmasin. Nah, selain menjadi tempat transaksi jual beli, di sana juga disediakan tempat untuk bersantai dan menikmati pemandangan sungai. Adapun jika datang di waktu yang tepat, Ada juga bisa menikmati beragam kegiatan dan pesta kesenian rakyat.

 

6. Pasar Ah Poong, Jawa Barat

Foto: www.anekatempatwisata.com

Berada tidak jauh dari Jakarta, Anda bisa mengunjungi Pasar Ah Poong di wilayah Sentul City, Bogor. Ini merupakan pasar apung buatan, yang memungkinkan para wisatawan untuk menjajal ragam kuliner sembari menikmati pemandangan sungai.

 

7. Pasar Apung Lembang, Jawa Barat

Foto: www.pergiyuk.com 

Kerap disebut dengan Floating Market Lembang, pasar apung ini bisa Anda kunjungi di kawasan Lembang, Bandung Utara. Untuk merasakan sensasi belanja sekaligus wisata kuliner, Anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Adapun pasar ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul delapan pagi hingga sembilan malam.

 

8. Pasar Apung Nusantara, Jawa Timur

Foto: www.panduanwisata.id

Berlokasi dekat Museum Angkut, Malang--Pasar Apung Nusantara berdiri di atas sungai buatan dan buka mulai pukul 12 siang hingga sembilan malam. Di sana, Anda bisa menikmati ragam kuliner dari penjuru Nusantara, seperti Jawa, Lombok, hingga Kalimantan. Nah, jika berminat, Anda juga bisa berkeliling kawasan pasar dengan menyewa perahu.

 

 

 

    

Previous Article
Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Tiket Pesawat?
Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Tiket Pesawat?

Mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau memang butuh strategi. Salah satunya, memilih tanggal per...

Next Article
Luk Panenteng dan Potensi Wisata Alami Sulawesi Tengah
Luk Panenteng dan Potensi Wisata Alami Sulawesi Tengah

Menyandang gelar “zamrud khatulistiwa”; sudah jadi pengetahuan umum bila Indonesia kaya akan keberagaman su...

Want more?

Visit our site

Discover