Mengisi Energi dan Menyepi di 9 Pulau Terpencil Indonesia

January 22, 2018 Chatarina Komala

Keramaian, macet, polusi jalanan--belum lagi dengan tuntutan pekerjaan ada kalanya membuat Anda jengah dan ingin melarikan diri. Jika sudah begini, alam bisa jadi destinasi yang tepat untuk menyepi, menenangkan pikiran, sekaligus mengisi cadangan energi untuk melewati hari baru dengan lebih baik lagi.

Beruntung, Indonesia dikaruniai dengan banyak pulau yang masih asri dan indah. Beberapa di antaranya, berlokasi terpencil dan belum terjamah banyak orang. Nah, jika Anda memang ingin segera “melarikan” diri, tidak ada salahnya memasukkan 9 pulau ini ke daftar destinasi liburan.

 

1. Pulau Kanawa

Foto: www.pointandshootwanderlust.com

Terletak tidak jauh dari Pulau Komodo, Pulau Kanawa bisa jadi satu destinasi yang tepat untuk “mengasingkan” diri. Anda bisa menjajal trek yang bersahabat dan menjelajah pulau; bahkan jika perlu, menyempatkan diri menginap semalam di sana.

 

2. Pulau Siroktabe

Foto: www.anthonynh.blogspot.co.id

Terletak di Sumatera Utara, sebetulnya ada empat gugus pulau kecil di sana yang bisa Anda nikmati. Fasilitasnya pun minim. Tidak ada listrik, penginapan, atau toilet. Anda hanya akan menemukan satu pondok sederhana dengan sumber air bersih berupa sumur. Adapun Pulau Siroktabe benar-benar cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran dan menghabiskan waktu di alam.

 

3. Pulau Weh

Foto: www.steemit.com

Berada di titik paling barat Indonesia, Pulau Weh memang bukan pulau yang benar-benar sepi. Namun, ragam destinasi wisata di sana--akan membuat Anda benar-benar merasa tenang dan relaks sebelum kembali ke “dunia nyata”. Bayangkan Anda menjelajahi banyak pantai yang cantik, diving dengan panorama bawah laut yang memesona, bersantai ditemani sepoi angin pantai, hingga menjelajah pantai dan air terjun tanpa beban pikiran.

 

4. Kepulauan Mentawai

Foto: www.theinertia.com

Sebenarnya, Mentawai merupakan daerah kepulauan yang berada tidak jauh dari pusat kota Sumatera Barat. Di sana, Anda bisa mengunjungi empat pulau kecil dan menikmati pesona hutan tropis dan pantai memesona, mencakup Siberut, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan.

 

5. Pulau Sempu

Foto: www.roamindonesia.com

Di ujung selatan Pulau Jawa, ada Pulau Sempu (Malang) dengan primadonanya, Segara Anakan. Sebagai informasi, Pulau Sempu sendiri merupakan pulau tidak berpenghuni dan masuk dalam kategori cagar alam. Anda bisa berkunjung ke sana; hingga mendirikan tenda dan menginap semalam di sana. Jika kurang puas, jelajahi pula pulau dengan trekking selama satu jam.

 

6. Pulau Moyo

Foto: www.indonesia-tourism.com

Pulau Moyo bisa jadi satu destinasi “melarikan diri” yang menguras kantong. Bagaimana tidak? pulau ini hanya dihuni oleh satu resor bintang lima; dengan kisaran harga Rp6,7 juta per malam. Namun, apa yang Anda dapatkan setimpal, kok. Anda bisa menikmati panorama pantai yang indah dan masih alami, snorkeling, hingga bermain air dan menjelajah pulau.

 

7. Pulau Tando

Foto: www.thrillist.com

Anda mungkin termasuk orang yang begitu “tertantang” untuk berkunjung ke pulau terpencil dan paling sepi di Indonesia. Nah, kalau begitu, silakan berkunjung ke Pulau Tando, Nusa Tenggara Barat. Pulau yang sepi ini menyuguhkan suasana alam yang benar-benar masih asri. Menariknya, Anda juga tidak perlu “bersusah-susah” menikmati pulau ini. Pasalnya, sudah ada fasilitas sederhana untuk memenuhi kebutuhan Anda seperti bungalo yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi.

 

8. Pulau Samalona

Foto: www.indonesia-tourism.com

Mengunjungi Pantai Losari saat di Makassar, sudah biasa. Jika ingin yang berbeda, segera sewa perahu nelayan dan arahkan perjalanan menuju Pulau Samalona. Di sana, Anda akan menikmati panorama pasir pantai yang bersih, air yang biru jernih, hingga koral dan ikan warna-warni.

 

9. Pulau Morotai

Foto: www.indonesia.travel.com

Ada satu spot menarik di Kepulauan Morotai, yakni Pulau Dodola. Ini merupakan satu pulau tidak berpenghuni yang sebetulnya hanya terpisah oleh gosong (pulau pasir) sebagai jembatan alaminya. Untuk pergi ke sana, cukup sewa perahu nelayan atau speed boat; lalu nikmati suara dan suasana alam yang menenangkan. 

Previous Article
Turis Indonesia Ini Menang Undian Rp10 Miliar di Bandara Changi
Turis Indonesia Ini Menang Undian Rp10 Miliar di Bandara Changi

Bagaimana rasanya memenangkan hadiah Rp10 miliar hanya dengan berbelanja minuman ringan?

Next Article
Yuk, Berkunjung ke Kota dengan Suhu Terdingin di Muka Bumi!
Yuk, Berkunjung ke Kota dengan Suhu Terdingin di Muka Bumi!

Bagaimana rasanya berkunjung ke kota dengan suhu terdingin di muka Bumi?

Want more?

Visit our site

Discover