11 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi!

January 23, 2018 Chatarina Komala

Kini, galeri seni bukan cuma milik para seniman. Kendati tetap menjadi wadah mereka berekspresi, seni tetap bisa dinikmati banyak orang. Tidak terkecuali Anda. Nah, sembari menghabiskan waktu di akhir pekan, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa galeri seni yang tersebar di penjuru Jakarta. Berikut adalah rekomendasinya.

 

Baca juga:

 

1. Artsphere

Foto: www.theartling.com

Anda bisa mengunjungi galeri seni ini di Jalan Kemang Raya No. 1 Unit 2, Jakarta Selatan. Sebagai informasi, galeri ini didirikan oleh seorang akademisi seni di tahun 2006 bernama Maya Sujatmiko. Menjadi ruang berekspresi para seniman--galeri ini fokus pada seni modern dan kontemporer. Pengisinya pun berasal dari beragam daerah seperti Jakarta, Yogyakarta, Bali, hingga Bandung.

 

2. Hadiprana Art Centre

Foto: www.hadiprana-artcentre.com

Sudah ada sejak tahun 1961, galeri yang berada di bawah naungan Hadiprana ini banyak menampilkan karya lukisan para seniman muda, seperti Jeihan, Sryhady, dan Supatro. Harus diketahui, inilah galeri seni pertama dan tertua yang pernah ada di Indonesia. Lokasinya sendiri, sudah pindah ke Mitra Hadiprana, No. 30, Jalan Kemang Raya sejak tahun 1997.

 

3. BIASA ArtSpace

Foto: www.lokalaku.com

Galeri ini didirikan pertama kali oleh Susanna Perini di tahun 2005 dengan satu misi: menjembatani dirinya sendiri dengan para seniman muda di Pulau Jawa dan Bali. Lokasinya, ada di lantai 2 gedung BIASA, Jalan Kemang raya 20, Jakarta Selatan. Selain menjadi wadah aspirasi para seniman dan intelektual--di sana Anda juga bisa menikmati beragam karya seni kontemporer bahkan berdiskusi dengan mereka.

 

4. Cemara 6 Galeri

Foto: www.cemara6galeri.wordpress.com

Berdiri di tahun 1993, mulanya galeri seni ini dibangun oleh seorang mantan rektor Institut Kesenian Jakarta, Prof. Dr. Toeti Heraty N. Roosseno. Di sana, Anda dapat menikmati sejumlah karya dari para pelukis nasional seperti Affandi dan Basuki Abdullah; hingga menjajal beberapa fasilitas seperti ruang serba guna, kafe, hingga homestay. Apalagi, berada di wilayah Menteng, lokasi galeri ini juga sangat strategis bagi Anda penghuni ibu kota.

 

5. Bartele Gallery

Foto: www.nowjakarta.co.id

Ada beragam koleksi antik yang disuguhkan oleh Bartele Gallery. Ini meliputi peta kuno, cetakan lama, foto kolonial, hingga buku jadul. Bekerja sama dengan kartografer David E. Parry, pemiliknya, yakni Bartele Santema memang secara khusus ingin mengangkat “peta antik” dan hubungannnya dengan sejarah Asia Tenggara dan Indonesia. Bahkan, di sana Anda juga bisa membeli cetakan peta antik.  Lokasinya ada di Jalan Kemang Ray 29 A, Jakarta Selatan.

 

6. Gardu House

Foto: www.wadezig.com

Berfokus pada konsep seni jalanan, inilah tempat yang tepat untuk mengeksplorasi, aneka mural hingga graffiti dari para pegiat seni di penjuru dunia. Lokasinya, ada di Jalan Ciputat Raya dan buka setiap hari pukul satu siang hingga sepuluh malam. Oh ya, galeri ini juga dilengkapi dengan graffiti store hingga gallery shop.

 

7. Dia.Lo.Gue

Foto: www.lazone.id

Dia.Lo.Gue mungkin menjadi satu public artspace yang paling populer di kalangan anak muda Jakarta. Di sanalah Anda bukan hanya didorong untuk menikmati seni melainkan berdialog dengan para pegiatnya. Adapun selain toko yang menjual beragam merchandise unik, Anda juga bisa menikmati sajian di kafe dan restoran yang terletak di bagian belakang. Lokasinya ada di Jalan Kemang Selatan No. 99A, Jakarta Selatan.

 

8. 2Madison

Foto: www.2madison.com

Terdiri atas tiga lantai, 2Madison bisa jadi satu galeri seni yang komplet untuk liburan Anda. Di lantai pertama, Anda akan menjumpai kafe; sementara lantai dua dan tiga--kantor pribadi. Adapun selain kafe dan art space-nya, Anda juga bisa membeli langsung aneka furnitur unik dengan harga yang cukup terjangkau. Lokasinya ada di Jalan Bangka Raya No. 20, Jakarta Selatan.

 

9. Ruci Art Space

Foto: www.nowjakarta.co.id

Berlokasi di Jalan Suryo Blok S, No. 48, Kebayoran Baru, Anda bisa menikmati seni sembari ngopi santai bersama orang terdekat. Nah, jika datang di waktu yang tepat--Anda juga berkesempatan menyaksikan pameran, lho.

 

Baca juga:

 

10. Galeri Nasional

Foto: www.foto.metrotvnews.com

Diresmikan tahun 1999, galeri yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur ini banyak diisi oleh lukisan sejarah dari pelukis ternama Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sajian sejarah seni rupa yang dipamerkan di sana. Sebagai informasi, inilah salah satu galeri yagn diasuh oleh Kemendikbud RI dan sering dijadikan lokasi pameran seni.

 

11. Ruangrupa

Foto: www.teluklove.com

Mulanya, Ruangrupa pertama kali berdiri untuk mendukung dan memfasilitasi para seniman lokal dalam menuangkan karya mereka melalui aneka festival, pameran, workshop, dan beragam proyek seni. Seiring berjalannya waktu, Ruangrupa lantas berkembang menjadi sebuah galeri seni (RURU Gallery)--sekaligus menjadi tempat diselenggarakannya beragam acara seni seperti Jakarta 32°c, Bienalle OK, dan lain sebagainya. Anda bisa mengunjungi Ruangrupa di Gudang Sarinah, Jalan Pancoran Timur II No. 4. 

Previous Article
10 Destinasi Wisata Ini Menunjukkan Pekalongan Bukan Hanya Soal Batik!
10 Destinasi Wisata Ini Menunjukkan Pekalongan Bukan Hanya Soal Batik!

Kota Pekalongan bukan hanya soal kerajinan batiknya. Lebih dari itu, ada beragam destinasi alam dan budaya ...

Next Article
Turis Indonesia Ini Menang Undian Rp10 Miliar di Bandara Changi
Turis Indonesia Ini Menang Undian Rp10 Miliar di Bandara Changi

Bagaimana rasanya memenangkan hadiah Rp10 miliar hanya dengan berbelanja minuman ringan?

Want more?

Visit our site

Discover