Merayakan Tahun Baru Imlek di 7 Kota Berikut!

January 30, 2018 Chatarina Komala

Perayaan Tahun Baru Imlek tinggal menunggu hitungan hari. Rasanya sayang, jika harus dilewatkan begitu saja. Pasalnya, di kota-kota tertentu, perayaan ini berlangsung begitu meriah. Nah, bagi Anda yang belum tahu ingin liburan di mana, berikut referensi kota di Indonesia yang ramai ketika perayaan Imlek.

 

1. Medan

Ilustrasi: www.medan.tribunnews.com

Satu event tahunan yang kerap diselenggarakan setiap Imlek, yakni Gebyar Imlek Fair. Nah, ketika berlangsung, ada satu makanan khas yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni kue bakul. Secara umum, kue bakul terbuat dari campuran tepung pulut dan gula. Dari segi filosofis, kue ini melambangkan keakraban dan nuansa harmonis menurut tradisi Tionghoa.

Oh ya, jejak Tionghoa di Medan juga bisa Anda telusuri di Desa Paya Pasir, Medan Marelan. Bahkan, Anda juga bisa berburu benda antik peninggalan Tiongkok di sana, seperti pecahan keramik hingga koin kuno.

 

2. Bangka

Ilustrasi: www.bangka.tribunnews.com

Ketika Imlek berlangsung, langit Bangka akan dipenuhi warna-warni kembang api, lho. Untuk menambah semarak, ada pula pawang barongsai yang begitu meriah. Oh ya, Anda juga bisa mengunjungi Vihara Dewi Kwan Im di Desa Jelitik. Nah, salah satu lokasi populer, yakni mata air dan kolam pemandian yang dipercaya bisa bikin awet muda. Tidak percaya? Yuk, buktikan!

 

3. Palembang

Ilustrasi: www.tribunnews.com

Perayaan Imlek di Kota Palembang sarat akan mitos Pulau Kemaro, yang populer dengan kisah cintanya. Selain untuk merayakan Imlek, warga Tionghoa juga kerap berkunjug ke sana untuk berdoa--salah satunya, meminta jodoh.

 

4. Jakarta

Ilustrasi: www.metro.news.viva.co.id

Nah, satu lokasi yang tidak pernah sepi saat Imlek berlangsung, yakni Petak Sembilan, Jakarta. Lokasinya ada di seberang Pusat Elektronik Glodok, Jakarta Barat. Selain menjual banyak pernak-pernik Imlek, Anda juga bisa menjumpai aneka hidangan khas Tionghoa yang legendaris. Suasana akan bertambah syahdu ketika Anda menyusuri jalan maupun gang-gang kecil di kawasan ini dan menemukan banyak sekali bangunan tua berarsitektur Tiongkok.

 

5. Semarang

Ilustrasi: www.dakwatuna.com

Dari Klenteng Sam Poo Kong yang ikonis, hingga aneka klenteng kecil di kawasan pecinannya; terlihat bahwa jejak etnis Tionghoa di Semarang sudah merentang dalam tahun yang panjang. Itu sebabnya, berkunjung ke Kota Semarang untuk menikmati momen perayaan Imlek, merupakan satu pilihan yang tepat. Bukan hanya untuk kalangan yang merayakan, melainkan turis asing dan mancanegara.

Biasanya, perayaan Imlek di sana berlangsung sangat meriah. Dimulai dari gelaran pasar malam, pawai barongsai, hingga pertunjukan toya dan wushu.

 

6. Surabaya

Ilustrasi: www.enciety.co

Ketika Imlek berlangsung, Anda disarankan untuk mengunjungi Klenteng Hong Tiek Hian--klenteng tertua di Surabaya. Menjadi tempat ibadah umat Konghucu, Tao, dan Buddha Tri Dharma, perayaan Imlek di sana memang terpusat di klenteng ini. Nah, puas menikmati momen Imlek di klenteng, silakan langkahkan kaki ke Kya-kya Kembang Jepun--surga kuliner di Surabaya. Kabarnya, ketika merevitalisasi kawasan Pecinan ini, pemerintah Surabaya bahkan sampai studi banding ke Chinatown Singapura, lho!

 

7. Singkawang

Ilustrasi: www.indonesia-heritage.net

Memiliki julukan “Kota Seribu Klenteng”, tidak heran perayaan Imlek di Kota Singkawang benar-benar meriah. Apalagi, kota ini juga dikenal sebagai kota dengan pesta perayaan Imlek terbesar di Asia Tenggara, lho.

Nah, di sana Anda bisa menyaksikan aneka pertunjukan seperti malam kesenian, pawai, pagelaran barongsai, hingga pesta lampion. Selain itu, kota ini juga akan dipenuhi pernak-pernik merah khas Imlek. 

Previous Article
Tambah Pengalaman Baru Anda dengan Berkunjung ke 8 Desa Unik Dunia
Tambah Pengalaman Baru Anda dengan Berkunjung ke 8 Desa Unik Dunia

Bosan ke destinasi wisata yang itu-itu saja?

Next Article
9 Rekomendasi Hotel Kapsul untuk Menginap di Indonesia
9 Rekomendasi Hotel Kapsul untuk Menginap di Indonesia

Hotel kapsul jadi satu solusi menginap yang bukan hanya anti-mainstream, melainkan juga praktis dan murah.

Want more?

Visit our site

Discover