Brigadoon, Kota Misterius yang Hanya Muncul Seratus Tahun Sekali

February 3, 2018 Chatarina Komala

Brigadoon, menjadi sebuah kota legenda yang diketahui hanya muncul selama seratus tahun sekali. Dalam kemunculannya, kota ini pun hanya terlihat selama satu hari.

 

Ilustrasi: www.xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.co.id

Bagi pecinta traveling, setiap tempat selalu punya keistimewaan tersendiri. Sama halnya dengan Brigadoon--sebuah kota legenda yang ada di Skotlandia. Terletak di antara dataran tinggi Bonny Scotland, konon, kota ini hanya muncul selama seratus tahun sekali dan akan terlihat selama satu hari.

Cerita turun-temurun soal kota ini dimulai sejak tahun 1754. Tanpa alasan yang jelas, di tahun yang sama--kota ini menghilang begitu saja. Namun, setelah seratus tahun kota ini muncul kembali.

Satu hal yang dipercaya masyarakat sekitar, umur penduduk di kota ini hanya bertambah satu hari. Dengan kata lain, satu hari di kota ini sama dengan seratus tahun waktu normal.

 

Pernah Terlihat

Ilustrasi: www.realestate.com.au

Masyarakat Skotlandia percaya, sebab kabarnya pernah ada sekelompok gembala yang melihat kota legenda ini. Saat itu, mereka sedang mencari ternak di dataran tinggi Skotlandia. Tanpa disangka, suasana berubah menjadi terang dan ada sinar Matahari yang masuk. Padahal, dataran tinggi Skotlandia sebelumnya sedang berkabut sangat tebal.

Pada salah satu sisi lembah, para penggembala lantas melihat ada sebuah kota. Di dalamnya, ada jalan dan bangunan yang indah. Persis seperti lukisan. Untuk membuktikan temuannya, mereka lantas pulang dan memberi tahu warga lain. Sayang, begitu kembali ke sana--kota ini sudah menghilang tertutup kabut tebal.

 

Perjanjian Rahasia

Ilustrasi: www.asiancajuns.com

Sejak terlihat, kemunculan Kota Brigadoon sendiri selalu ditunggu. Mereka yang bisa masuk ke sana, mengumpamakan seperti berada di taman surga. Masyarakat sekitar pun percaya, sebetulnya ada perjanjian rahasia yang dibuat untuk melindungi kota ini dari dunia luar. Mereka yang percaya, akhirnya merayakan kota ini dengan parade, pertunjukan seni, dan tarian yang diselenggarakan setiap tahun.

Keunikan dan misteri Kota Brigadoon lantas membuat para peneliti dan arkeolog begitu penasaran. Mereka pernah mencari bukti keberadaan kota ini, tetapi tidak pernah menemukannya. 

Previous Article
Menjelajahi Pesona Banda Neira, Mutiara di Maluku Tengah
Menjelajahi Pesona Banda Neira, Mutiara di Maluku Tengah

Keindahan Banda Neira menginspirasi sejumlah karya. Mulai dari film dokumenter, musik, hingga lukisan di le...

Next Article
Tambah Pengalaman Baru Anda dengan Berkunjung ke 8 Desa Unik Dunia
Tambah Pengalaman Baru Anda dengan Berkunjung ke 8 Desa Unik Dunia

Bosan ke destinasi wisata yang itu-itu saja?

Want more?

Visit our site

Discover