Manfaat Filter CPL untuk Traveling.

February 5, 2018 alambudaya


Foto menggunakan CPL Athabasca.
Filter yang sering saya bawa traveling adalah CPL (Circular Polarizer) dan saya termasuk orang yang malas membawa bawa filter, karena fotografer biasanya membawa seabrek filter untuk memotret landscape. Tetapi buat kamu yang malas membawa filter tetapi ingin mendapatkan foto yang bagus, saran saya bawalah CPL selain ringkas juga tidak ribet.

Filter polarizer merupakan filter yang hanya akan menimbulkan efek tertentu jika arah cahaya sesuai dengan posisi kamera dan putaran filter. Jenis filter polarizer yang paling terkenal adalah CPL karena berbentuk bundar dan memiliki putaran filter sehingga muat di lensa. Walaupun filter ini teknisnya menggelapkan hasil jepretan satu stop, Filter polarizer dapat membuat langit jadi lebih biru tanpa harus banyak mengeditnya lagi dan menghilangkan pantulan cahaya pada air dan kaca sehingga kita dapat melihat dasar danau/laut.
foto yang tidak menggunakan CPL

Intinya filter CPL digunakan sebagai filter untuk menyerap cahaya, contohnya untuk mengurangi refleksi pada permukaan obyek foto. Dan meredam bagian over seperti awan yang putih, memotret pantai dan sangat berguna ketika memotret salju.

Bagaimana Filter Ini Bekerja

Dalam praktiknya, filter CPL (circular polarizing filter) sangat mudah digunakan. filter ini tersedia dalam berbagai macam ukuran diameter yang muat di hampir semua lensa. Pasang filter ini di depan lensa dan putar seperti memutar sekrup. Filter polarizer membatasi sebagian cahaya yang masuk ke lensa dan kamera. filter CPL diputar sehingga pantula cahaya yang masuk ke lensa berkurang.

Hakuba Japan Video by Barry Kusuma
Menggunakan filter CPL 

Menghilangkan Refleksi dari Kaca

Filter polarizer (dari sini akan hanya ditulis polarizer) memang tidak bisa benar-benar menghilangkan refleksi dari kaca, akan tetapi filter ini sangat bisa mengurangi tingkat kejelasan objek yang tak diinginkan. Filter ini khususnya menjadi andalan para fotografer untuk memotret air. Pantulan atau refleksi di permukaan air yang sulit dihilangkan dengan editing biasanya diatasi menggunakan tambahan CPL. Kegunaan penting CPL lainnya yaitu untuk mengatur kontras. Biasanya foto yang dihasilkan tanpa polarizer tidak memiliki bayangan karena tertutup refleksi atau pantulan. Jadi, dengan menghilangkan refleksi maka bayangan yang lebih detil bakal tampak makin jelas di hasil foto. Bagaimanapun juga bayangan diperlukan untuk membuat foto lebih hidup dan tampak natural. 

Akan tetapi, CPL juga bisa untuk meningkatkan refleksi. Fotografer alam menemukan fungsi kontradiktif ini untuk memotret permukaan air. Saat memotret danau dan tidak sengaja mengabadikan apa yang ada di bawah permukaan air maka biasanya orang akan bingung bagaimana untuk menghilangkannya. Dalam salah satu posisi yang dimiliki polarizer, refleksi memang diminimalisir sehingga cahaya lebih banyak yang bisa masuk ke dasar danau. Namun sebaliknya juga, dengan posisi yang berlawanan (membalik posisi polarizer) cahaya dari dasar danau jadi berkurang sehingga pantulan makin terlihat di permukaan air. Jika kondisinya pas, anda bisa mendapatkan permukaan air tersebut jadi cermin sempurna. Fotografer juga biasa menggunakannya untuk membuat efek langit lebih gelap sehingga awannya akan terlihat dramatis.

Mengurangi Kontras.

Ketika cuaca terik, memotret landscape akan sangat over dan kontras. Disinilah filter CPL berperan untuk mengurangi kontras dan mendapatkan detail foto lebih baik. 

seperti monyet muka merah dari Jepang ini, background putih salju lebih mendominasi daripada objeknya. pada saat seperti ini CPL dibutuhkan untuk menyeimbangkan dan juga mendapatkan detail gambar.

Memaksimalkan CPL.

Sebuah polarizer akan berfungsi optimal saat lensanya diarahkan tegak lurus 90 derajat dari sumber cahaya. Di semua contoh berikut ini, sumber cahaya adalah matahari. Trik yang paling mudah untuk menemukan posisi ini adalah dengan membuat huruf L dengan satu tangan dan arahkan jempolmu ke matahari. Kemudian, lihat kemana jari telunjukmu mengarah, putar lenganmu seperlunya.

Hal ini bukan berarti semua foto yang diambil dengan polarize harus menunjuk ke arah ini. Sering kali subyek foto bisa dilkamikan dengan cara ini. Semua lebih tergantung bagaimana anda menemukan posisi yang tepat.

Histogram dari hasil jepretan menggunakan polarizer terlihat jauh lebih halus, karena intensitas cahaya yang masuk ke lensa berkurang. Lebih baik polarizer dilepas saat refleksi cahaya memiliki warna yang membuat tampilan obyek lebih menarik atau dramatis. Polarizer juga sebaiknya saat anda menginginkan tampilan basah pada sebuah obyek seperti memotret bebatuan yang lebih natural saat terlihat basah.

Memilih Filter CPL untuk Traveling.

Ada begitu banyak dan tipe CPL di pasaran, filter yang saya pakai sejak dulu adalah CPL Athabasca. Alasan saya menggunakan filter ini karena Athabasca menggunakan material kaca Germany tipe schot B270, ada 2 macam tipe CPL Athabasca yang biasa saya pakai :

1. CPL Athabasca 67mm, filter ini biasa saya gunakan di lensa tele Lumix 100-300mm. kenapa lensa tele menggunakan CPL, karena saya sering memotret landscape memakai lensa tele. Foto desa di Jepang bawah ini saya menggunakan lensa tele. Harga filter ini sekitar Rp 650rban.

2. CPL HD Athabasca 67mm, filter kedua ini saya taruh di lensa wide Leica 8-18mm F2.8 yang membedakan dengan CPL Athabasca biasa, lensa CPL HD ini diproses lebih lama sehingga jumlah cahaya yang masuk juga lebih banyak dan bahan coatingannya pun juga berbeda. Selain itu ketebalan coatingan untuk CPL HD Athabasca ini juga lebih tebal, harganya sekitar 1.27jtan 


Filter CPL sangat penting dibawa untuk traveling, karena cuaca yang tidak menentu seperti saat ini sangat disayangkan sudah pergi liburan jauh dan mahal tetapi tidak bisa maksimal hasil fotonya. Saya juga bereksperimen membuat video travel dengan menggunakan filter CPL ini, silahkan menonton dan selamat mencoba.

Hakuba Japan Video by Barry Kusuma
Menggunakan filter CPL 
www.youtube.com/barrykusuma 


Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)

Read more...

Previous Article
7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Yunani.
7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Yunani.

Waktu SD saya sangat suka sekali menonton Anime kartun Saint Seiya, latar budaya dan historynya membuat say...

Next Article
Kemegahan Kastil Nagoya di Jepang.
Kemegahan Kastil Nagoya di Jepang.

Jepang memang memiliki beberapa kastil yang megah, namun salah satu yang terkenal adalah Kastil Nagoya. Sel...